Mau Beli Sepeda Bekas? Jangan Lupa Cek Komponen Ini!

Berencana membeli sepeda bekas alih-alih sepeda baru? Sebelum memutuskan memboyongnya, jangan lupa cek dahulu beberapa komponen berikut!

Tikum.id Bike – Berencana membeli sepeda bekas alih-alih sepeda baru? Sebelum memutuskan memboyongnya, jangan lupa cek dahulu beberapa komponen berikut!

Apakah Sobat Tikum sedang berencana mencari sepeda bekas untuk digunakan sehari-hari? Jika ya, pilihan sepeda bekas sama baiknya kok dengan sepeda baru. Asal tahu saja, sebagian pesepeda cukup sering gonta-ganti sepeda demi mendapatkan tunggangan yang pas dan nyaman dikendarai.

Hal tersebut membuat nilai jual sepeda bekas jadi kompetitif. Anda tinggal mengatur berapa besar bujet yang dimiliki dan sepeda incaran bisa segera diboyong pulang. Namun, sebelum membeli, perhatikan dahulu beberapa komponen sepeda bekas yang harus dicek, seperti dijelaskan berikut ini.

Rangka Sepeda

Mengecek kondisi rangka sepeda sederhana saja. Cukup balikkan sepeda sehingga roda menghadap ke atas. Lalu, amati dengan saksama apakah ada bagian yang retak, lecet, patah, bengkok, atau berkarat. Perhatikan apakah ada retakan pada bagian frame carbon karena jika muncul retakan sebaiknya frame tersebut harus diganti.

Roda dan Ban Sepeda

Periksa juga putaran roda untuk melihat kelurusan roda berikut kondisi jari-jari sepeda. Jangan luput memeriksa kondisi velg yang bisa saja banyak terdapat lecet akibat rem maupun karatan.

Berikutnya, perhatikan juga tebal tipisnya ban karena menunjukkan seberapa sering sepeda itu dipakai. Meski begitu, mungkin saja pengguna sebelumnya mengganti ban sepeda dengan jenis lebih mahal.

Rem

Memeriksa rem lewat tuas rem saja belum cukup. Periksa juga bagian penjepit kanvas rem atau kaliper rem. Kondisi rem yang prima ditandai dengan mulusnya kaliper kembali ke posisi awal saat tuas rem ditekan dan dilepas.

Stang dan headset

Stang atau handlebars bisa dicek dengan menggoyangkannya ke kanan-kiri dan depan-belakang. Ketika terdengar bunyi benturan, bisa jadi sepeda butuh perbaikan. Selain itu, Anda dapat mengecek kondisi bearing sepeda untuk menilai apakah sepeda tersebut benar-benar dirawat dengan baik atau dipakai asal-asalan.

Bottom Bracket

Seperti diketahui, bottom bracket merupakan titik terbawah rangka sepeda. Posisi ini membuatnya kerap tersandung atau terhantam batu ketika sepeda dikendarai. Untuk mengecek kondisi komponen ini, goyangkan crank sepeda ke kanan dan kiri.

Ketika mendengar bunyi-bunyi asing yang menandai pergerakan berlebihan, itu adalah tanda bottom bracket perlu diganti atau diperbaiki. Namun, hindari membeli sepeda bekas dengan kondisi demikian sebab harga bottom bracket terbilang cukup mahal.

Drivetrain

Sepeda bekas dikatakan masih layak pakai jika komponen penggerak sepeda atau drivetrain berfungsi baik. Lakukan pemeriksaan secara menyeluruh dari rantai sepeda dengan memposisikan rantai pada sprocket dan chain ring.

Kondisi rantai bagus ditandai dengan minimnya celah pada bagian tersebut. Cermati pula seperti apa posisi gigi-gigi gear depan maupun belakang. Buatlah perpindahan secara bergantian untuk mengecek kinerja gear sepeda.

Seat Post

Seat post merupakan tiang di bawah sadel sepeda. Meski jarang diperhatikan, Anda justru bisa melihat bersih tidaknya bagian dalam sepeda. Bagian dalam sepeda yang kotor menandakan sepeda itu pernah kemasukan air atau tercebur. Sementara, seat post yang tidak mulus buka tutupnya kemungkinan memiliki bagian bengkok akibat benturan keras.

Komponen Sepeda Lainnya

Sebenarnya bagian penting lain ini relatif. Tidak semua orang bermasalah dengan hal-hal kecil, seperti dudukan yang sedikit lecet atau kotor, ada bagian stiker terkelupas, sedikit lecet pada shifter atau kabel rem, dan tidak adanya bel sepeda. Sepanjang tidak mempengaruhi performa sepeda, Anda bisa fokus mengecek komponen sepeda yang telah disebutkan di atas.

Mengapa Sobat Tikum harus mengecek komponen sepeda bekas di atas sebelum membelinya?
Ya, bisa jadi sepeda bekas yang dijual sudah di-make over dahulu supaya terlihat lebih menarik dan memikat calon pembeli. Maka, pengecekan komponen penting untuk memastikan apakah sepeda benar-benar berfungsi dengan baik serta nyaman dikendarai. Selamat hunting sepeda bekas, Sobat Tikum!

Dapatkan updates langsung ke perangkat Anda, Join Sekarang.

Anda mungkin suka