Bebas Owl Surabaya, Komunitas Penggemar Burung Hantu

Tikum Animal Lover – Burung Hantu sering dilambangkan berbeda-beda di berbagai negara. Ada yang menjadikan sebagai simbol hewan kematian, perubahan bentuk, dan kebijaksanaan. Tapi Burung ini juga punya keistimewaan dan keunikan. Burung hantu dapat ditemukan di semua benua dan di sebagian besar pulau samudera kecuali Antartika.

Beberapa spesies seperti burung hantu (Tyto alba) dan burung hantu bertelinga pendek (Asio flammeus) adalah jenis yang paling banyak tersebar. Jenis lainnya seperti burung hantu Palau (Pyrroglaux podargina) dan burung hantu Seychelles (Otus insularis) adalah spesies pulau endemik dengan populasi yang kecil.

Banyak orang menilai burung hantu menyeramkan karena faktor pekikan yang terdengar mengerikan, mengeluarkan bunyi seperti suara manusia, hingga identik dengan warna hantu pada burung hantu salju. Banyak banyak hal negatif tentang burung hantu yang mungkin membuat orang merasa tidak nyaman. Namun, burung hantu adalah bagian rantai makanan dalam kehidupan alam.

Burung hantu adalah pengendali hama alami, menjaga populasi hewan pengerat dan serangga tanpa menimbulkan ancaman bagi manusia.

Jadi meskipun melihat burung hantu bisa membuat kita merinding, tapi ternyata ada sisi baik dari burung eksotis ini. Agar kita semakin mengerti tentang burung ini dan mematahkan stigma dan mitos negatif tersebut, mari kita berkenalan dengan komunitas Bebas Owl Surabaya.

Bebas Owl Surabaya (BOS) adalah komunitas pemilik burung hantu di kota Surabaya, Jawa Timur yang terbentuk dan diresmikan pada 9 April 2015 atas kesepakatan 9 orang pendiri asal Surabaya yang punya kesukaan dan kecintaan terhadap burung hantu. Dan saat ini komunitas ini diketuai oleh Yulianto Prabowo.

(Ketua Komunitas Bebas Owl Surabaya)

VISI dari BOS adalah ingin mematahkan mitos yang beredar di masyarakat tentang burung hantu adalah burung yang mengandung unsur mistis atau kematian.

MISI komunitas adalah ingin mengedukasi masyarakat secara langsung atau melalui media sosial baik facebook, Instagram dan Youtube tentang penangan, perawatan mulai dari A-Z yang di kemas secara professional dan menghibur.

Berdasarkan data resmi pengurus komunitas, sejak terbentuk hingga sekarang jumlah members BOS sudah mencapai 80 orang. latarbelakang para anggota komunitas terdiri dari berbagai gender, usia danprofesi. Mulai dari Pelajar, Mahasiswa/i, Advokat, Mekanik profesional, Pegawai Negeri Sipil, Pegawai BUMN, Pengusaha, hingga Content Creator professional.

Kami bertanya kepada perwakilan komunitas, kenapa memilih Owl sebagai binatang peliharaan?
Jawaban dari Bro Prima selaku Head Creator & Creative BOS adalah “kami anti mainstream. karena burung hantu bagi kami termasuk salah satu burung yang punya kecerdasan yang luar biasa di luar ekspetasi”.

Ia menambahkan “Hal yang membedakan komunitas BOS Surabaya dengan komunitas satwa lain karena Kami adalah komunitas yang terInovasi di era modern digital ini, dan Kami satu-satunya komunitas yang mengkemas tutorial secara professional di Offiical Youtube Bebas Owl Surabaya TV dan aktif di Instagram.”

Sebelum pandemi Covid-19 melanda Indonesia setiap minggu BOS rutin melakukan kegiatan kumpul bersama di salah satu taman di Surabaya bernama taman Bungkul yang terletak di pusat kota untuk mengedukasi dan memperbolehkan pengunjung berinteraksi dan berfoto dengan Owl peliharaan Mereka secara gratis.

Untuk kegiatan bulanan, BOS sering berkunjung kerumah para members secara bergantian untuk tetap mempererat silaturahmi sekaligus mengenal anggota-anggota di komunitas, melakukan kegiatan bakti sosial seperti membagikan takjil untuk berbuka puasa ke masyarakat di bulan Ramadhan, memberikan santunan dan menghadiri undangan wawancara di berbagai media lokal.

Namun di era normal baru pandemi, komunitas ini melanjutkan program melalui daring/online di setiap hari jumat. yaitu program memberikan promo Gratis di sosial media untuk pelaku usaha masyarakat kecil dan menengah (UMKM). Keren juga ya Sobattikum.

Burung hantu punya karakter yang bisa ditiru oleh manusia, mereka burung yang teliti, disiplin, sedikit berbunyi tapi fokus dalam target dan mampu beradaptasi dengan lingkungan secara cepat.

Nah, jika Anda penghobi atau pemilik burung hantu di wilayah Surabaya dan sekitarnya, Yuk bergabung bersama BOS.

Syarat untuk bergabung kedalam Bebas Owl Surabaya sangat mudah. Cukup punya burung hantu baik Owl tipe kecil atau besar. Komunitas ini tidak pernah mematok usia pemilik burung hantu, tapi intinya harus bertanggung jawab dan wajib aktif untuk datang disetiap kegiatan kita. Atau silahkan juga menghubungi akun resmi mereka di situs resmi komunitas atau sosial media BOS berikut ini: www.bebasowlsurabaya.blogspot.com @bebasowlsurabaya (Instagram)

Kami bangga bisa memperkenalkan komunitas unik ini kepada masyarakat. Semoga semangat dan kekompakan komunitas ini bisa menjadi contoh bagi para komunitas satwa lainnya dalam melestarikan mahluk hidup diseluruh Indonesia.

An owl is the wisest of all birds because the more it sees the the less it talks.

Christie Watson
Anda mungkin suka