Batik Tulis Lasem yang Berharga Jutaan Rupiah

Budaya batik yang sudah mengakar kuat sejak dahulu. kota Solo, Yogyakarta, dan Pekalongan identik sebagai kota batik.

Info menarik :

  • Sejarah Batik Lasem
  • Harga Fantastic Batik Lasem
  • Belanja Batik di Harbolnas 1212

Tikum Fashion – Di berbagai daerah di indonesia, terdapat budaya batik yang sudah mengakar kuat sejak zaman dahulu. Misalnya, di Jawa Tengah, kota Solo, Yogyakarta, dan Pekalongan identik sebagai kota batik.

Selain kota-kota tersebut, masih ada beberapa daerah lagi yang juga punya batik khas nan indah, lho. Yuk, coba jalan-jalan ke Lasem, sebuah kecamatan di Kabupaten Rembang, Jawa Tengah. Lasem berada di pesisir pantai utara Jawa. Di daerah ini terdapat batik Lasem yang sangat memikat dan sayang jika tidak menjadi salah satu koleksimu.

Lasem ternyata menjadi tempat pendaratan pertama pedagang Tionghoa di pulau Jawa, lho. Tidak mengherankan jika di Lasem kamu dapat menemui berbagai bangunan dengan ciri khas Tiongkok serta banyak pula tempat ibadah berupa klenteng dan vihara. Salah satu julukan yang tersemat di daerah itu pun “Lasem, Kota Tiongkok Kecil.”

Salah satu karakteristik dari batik Lasem adalah adanya perpaduan budaya antara motif tradisional dan Tiongkok. Hal itu tidaklah mengherankan jika ditilik dari sejarah bagaimana pada awalnya pembatik di Lasem kebanyakan dari keturunan Tionghoa. Sampai akhirnya banyak juga masyarakat lokal yang mendalami seni membatik di Lasem.

Kamu mungkin akan mengenali motif batik Lasem hanya dengan melihatnya saja. Motif batik Lasem memang kebanyakan merupakan perpaduan dengan budaya Tiongkok. Hal itu bisa dilihat dari berbagai motif, seperti motif ornamen-ornamen Tiongkok, motif naga, dan juga motif burung hong.

Selain itu, kamu juga bisa menemui motif batik Lasem berupa gambar bunga yang berserakan. Motif ini disebut motif sekar jagad. Ada pula motif latohan, yaitu batik dengan gambar buah tanaman yang hidup di tepi laut.

Batik Lasem juga memiliki satu motif yang sangat unik, yaitu motif watu pecah. Motif tersebut terinspirasi dari pembangunan Jalan Anyer-Panarukan dimana masyarakat diminta untuk memecah batu menjadi berukuran kecil seperti kerikil.

Motif-motif pada batik Lasem juga banyak yang memiliki tingkat kerumitan tinggi. Kerumitan motif dari batik ini ternyata sangat disukai para penggemar batik, terutama kolektor.

Batik tulis Lasem memilik banyak varian motif yang menjadi primadona bagi para pemakainya. Salah satunya adalah motif tiga negeri yang moncer di kalangan para penikmat karya batik tulis.

Batik tulis Lasem tiga negeri, dikenal memiliki daya tarik tersendiri. Perpaduan warna yang beragam membuat motif batik ini menjadi produk unggulan jika dibanding dengan motif batik tulis Lasem lainnya. Harganya pun terpaut jauh dari sejumlah produk motif batik tulis Lasem lainnya.

Satu lembar kain batik tulis Lasem motif tiga negeri sepanjang 2,4 meter berharga mulai Rp 3 juta sampai puluhan juta rupiah. Ini juga tergantung komposisi warna dan kerumitan motif batik di dalamnya.Butuh waktu pengerjaan selama lima bulan untuk merampungkan selembar kain batik tulis Lasem tiga negeri.

Maka dari itu harga dari batik lasem sangatlah fantastic. Mau tau kelanjutannya mengenai batik lasem ?

Jangan lupa untuk besok ada harboolnas jadi bisa beli batik lasem di e-commecre kesayangan kamu seperti Tokopedia, Lazada, Blibli dan lainnya dan pantengin terus tikum.id ya.

Dapatkan updates langsung ke perangkat Anda, Join Sekarang.

Anda mungkin suka