Baru Mulai Olahraga Sepeda? Lakukan 5 Hal Ini Agar Tidak Cepat Lelah

Ada beberapa trik dalam olahraga sepeda untuk para pemula, terutama agar stamina tetap baik. Simak tipsnya berikut ini!

Sepeda dulunya hanya dikenal sebagai alat transportasi. Namun, seiring berjalannya waktu mulai terjadi pergeseran budaya. Orang-orang mulai memilih sepeda untuk olahraga karena sekarang moda transportasi sudah semakin canggih. Selama pandemi berlangsung, bersepeda menjadi pilihan bagi banyak orang untuk mengisi kekosongan waktu sekaligus menjaga tubuh tetap fit.

Bagi Anda yang baru mulai berolahraga naik sepeda, di awal Anda mungkin akan merasa cepat lelah. Ada beberapa tips penting yang sebaiknya dilakukan oleh para pemula sebelum bersepeda. Apa saja?

1. Pilih Sepeda yang Sesuai

Sebelum membeli sepeda, pastikan Anda memahami jenis sepeda yang akan dibeli. Anda juga harus mempertimbangkan rute yang akan dilewati serta bagaimana postur tubuh Anda. Jangan menggunakan sepeda yang ukurannya terlalu kecil atau terlalu besar karena ini bisa membuat Anda kesulitan.

Hal lain yang tidak kalah penting adalah melakukan penyesuaian pada sepeda yang akan dikendarai sesuai kebutuhan. Perhatikan bagian saddle dan handlebar grip karena keduanya merupakan komponen paling penting dalam mendukung kenyamanan Anda selama bersepeda. Selain memastikan tubuh tidak lekas lelah, sepeda yang nyaman bisa meminimalisir risiko kecelakaan.

2. Lakukan Pemanasan Sebelum Bersepeda

Seperti halnya olahraga lainnya, naik sepeda juga perlu pemanasan. Bukan hanya demi mempertahankan daya tahan dan performa selama di jalan, tapi juga mencegah cedera. Dengan melakukan pemanasan, Anda bisa mencegah rasa nyeri di bagian kaki saat gowes sekaligus menghindari napas yang terengah-engah. Melakukan pemanasan akan membuat otot menjadi lebih lemas dan siap mengayuh sepeda tanpa merasakan kelelahan yang berlebihan.

3. Pelajari Cara Mengatasi Kerusakan Ringan pada Sepeda

Jika rute yang Anda lalui cenderung jauh dan sepi, Anda juga harus tahu cara memperbaiki berbagai kerusakan ringan yang mungkin terjadi. Misalnya saja masalah ban bocor atau rantai yang terlepas. Bawalah perlengkapan kecil dan pelajari cara melakukan perbaikan pada kerusakan-kerusakan kecil. Ini akan membantu Anda mengatasi keadaan darurat saat bersepeda.

4. Siapkan Perlengkapan Keamanan

Meski masih pemula, Anda mungkin sedang mempertimbangkan untuk menjadikan naik sepeda sebagai olahraga rutin. Karena itu, tak ada salahnya mencicil untuk membeli berbagai keperluan keamanan untuk bersepeda. Perlengkapan tersebut seperti helm untuk pelindung kepala, lampu sepeda, sarung tangan, pompa mini sampai kunci gembok.

5. Perhatikan Asupan untuk Tubuh

Olahraga sepeda sedikit berbeda dengan renang atau lari. Makan sebelum berenang atau berlari memang sebaiknya dihindari. Tapi untuk olahraga sepeda, Anda memerlukan energi yang cukup selama perjalanan. Apalagi kalau rute yang akan dilewati cukup panjang. Kalau Anda akan bersepeda lebih dari 1,5 jam, pastikan Anda membawa makanan ringan untuk menjaga asupan tubuh tetap terpenuhi.

Tidak hanya itu, jangan lupa membawa persediaan air minum. Menjaga tubuh tetap terhidrasi akan membuat Anda mampu menempuh perjalanan jauh tanpa masalah berarti.

Bagi para pemula, olahraga sepeda mungkin terlihat mudah. Namun, tanpa persiapan yang tepat, Anda akan mudah lelah bahkan bisa mengalami cedera. Karena itu, pastikan Anda mempersiapkan diri dengan baik.
Antusiasme bersepeda juga tetap harus dibarengi dengan istirahat agar tubuh terbiasa. Ketika Anda sudah terbiasa, nantinya bersepeda bahkan bisa menjadi opsi alat transportasi jarak dekat yang lebih hemat dan sehat.

Anda mungkin suka