Baru Beli Sepeda? Segera Lakukan Penyetelan di Bagian Ini

Standar pabrikan sepeda tidak selalu sama dengan kebutuhan khusus penggunanya. Karena itu, Ada perlu melakukan penyetelan sepeda untuk meningkatkan kenyamanan

DeHaen Bicycle – Standar pabrikan sepeda tidak selalu sama dengan kebutuhan khusus penggunanya. Karena itu, Ada perlu melakukan penyetelan sepeda untuk meningkatkan kenyamanan.

Anda baru membeli sepeda dan siap untuk memulai gaya hidup baru? Selamat!

Meski Anda tidak sabar untuk segera menggowes, sebaiknya sejenak euforia tersebut. Satu langkah yang penting yang perlu untuk Anda lakukan sebelum mulai menikmati serunya bersepeda adalah dengan melakukan penyetelan.

Mengapa Harus Melakukan Penyetelan?

Proses pembuatan sepeda dilakukan secara massal. Desain yang digunakan dalam setiap produk pun sebenarnya sudah dilakukan berdasarkan riset berbagai faktor untuk mendukung kenyamanan dan kesehatan pesepeda. Namun, hasil riset yang dilakukan—dan menjadi desain produk akhir—tentulah masih bersifat terlalu umum.

Padahal, kebutuhan setiap pesepeda berbeda-beda. Contoh sederhananya saja, tinggi orang, berat badan, bentuk tubuh, dan kekuatan tubuh pesepeda satu dengan orang yang lainnya berbeda-beda—tidak ada yang benar-benar persis. Pabrikan tentu tidak akan mengeluarkan satu persatu sepeda sesuai kebutuhan tersebut, kecuali ada permintaan khusus untuk kustomisasi—yang berujung pada lebih tingginya biaya.

Oleh sebab itu, Anda perlu menyetel lebih personal sepeda yang dibuat dengan standar pabrikan. Tujuannya, tentu saja, untuk membuat aktivitas bersepeda Anda maksimal, baik dari segi kenyamanan, kemanan, dan kesehatan.

Bagian Sepeda yang Harus Disetel

Anda bisa-bisa saja merombak total komponen sepeda yang baru dibeli. Namun, kegiatan tersebut tentu akan mengeluarkan lebih banyak effort di sisi waktu, biaya, dan tenaga, bukan?

Maka dari itu, sebagai langkah awal, Anda hanya perlu melakukan penyetelan di beberapa elemen krusial berikut ini.

Rem

Selain aman, bersepeda juga harus aman. Salah satunya adalah dengan memperhatikan pengaturan pada rem.

Ada beberapa jenis rem sepeda yang dapat dipilih. Namun satu hal yang pasti, prinsip penyetelan rem sepeda yang pas adalah tidak terlalu longgar maupun terlalu ketat.

Di sisi lain, untuk keamanan, penyetelan pada sepeda dilakukan untuk meminimalkan terjadinya gesekan antara break pads dengan bagian yang direm. Seperti contoh, pada jenis rem disc break, maka bagian yang diremnya adalah disc tersebut. Apabila gesekan yang terjadi terlalu besar, maka kayuhan sepeda akan terasa lebih berat.

Gigi (Gear)

Gigi alias gear pada sepeda berfungsi dalam hal efisiensi dan efektivitas. Gear akan mengubah tenaga dari kayuhan menjadi gaya dorong sehingga laju sepeda jadi lebih nyaman.

Penyetelan gear pada sepeda bertujuan untuk mempermulus perpindahan gigi. Dengan begitu, saat Anda mengoper gigi, maka tidak ada sensasi ‘tersangkut’ yang akan mengurangi kenyamanan dan efisiensi.

Sadel

Sadel merupakan bagian yang akan menjadi tempat tumpuan seluruh tubuh selama bersepeda. Pemilihan sadel yang kurang pas akan menimbulkan berbagai keluhan seperti nyeri pada punggung, mati rasa di bagian kaki dan leher, dan lain-lain.

Pilihlah sadel yang pas sesuai dengan ukuran bokong sehingga akan meminimalkan tekanan berlebihan di area pangkal paha. Gunakan padding yang tepat pula khususnya untuk membantu meredam saat terjadi goncangan sehingga meminimalkan cedera.

Selain itu, atur ketinggian sadel dengan proporsi tubuh. Pengaturan ini berpengaruh sangat penting terhadap kontraksi otot dan energi serta keamanan.

Stang

Stang berfungsi menopang tubuh khususnya bagian atas. Oleh sebab itu, di samping memilih jenis stang yang sesuai kebutuhan, perhatikan pula ketinggian dan sudut stang. Sesuaikan dengan kondisi tubuh Anda sehingga posisi saat memegang stang ketika bersepeda nyaman dan aman.

Pengaturan ini khususnya untuk meminimalkan terjadinya cedera atau keluhan fisik saat bersepeda. Adapun salah satu keluhan yang banyak terjadi karena pengaturan stang kurang tepat adalah cyclist’s palsy.

Dapatkan updates langsung ke perangkat Anda, Join Sekarang.

Anda mungkin suka