Band Gadis Hijab Voice of Baceprot Akan Tampil Bareng Slipknot

Membanggakan, band gadis hijabers metal asli Garut “Voice of Baceprot” bakal tampil di festival musik metal terbesar dunia. Berikut ini ulasannya!

Tikum Musik – Bagi penikmat musik metal di tanah air, nama Voice of Baceprot tentu tidak asing lagi. Pasalnya, band yang digawangi tiga gadis berhijab ini sukses bikin heboh dunia maya. Bahkan, tidak cuma program televisi di Indonesia, liputan soal trio metal asli Garut ini juga sempat disorot oleh media luar negeri lho. Untuk itu, mari mengenal Voice of Baceprot lebih jauh dan menyimak ulasan seputar mimpi go international mereka yang akhirnya jadi nyata!

Mengenal Voice of Baceprot, Band Hijabers Metal dari Garut

Band metal yang beranggotakan tiga gadis berhijab ini didirikan pada 2014 silam. Posisi vocal dan gitar dipegang oleh Firda Kurnia, sementara Euis Siti Aisyah memainkan drum dan Widi Rahmawati pada bass. Dari segi penampilan saja, Voice of Baceprot sudah bisa mencuri perhatian para penikmat musik metal.

Kesan gahar dan menyeramkan sama sekali tidak tampak dari band tersebut. Malahan, Voice of Baceprot menampilkan tiga mojang yang mengenakan hijab. Ketiganya saling mengenal karena bersekolah di tempat yang sama, yakni Madrasah Tsanawiyah Al-Baqiyatussolihat.

Akan tetapi, sebelum mantap mendirikan band, trio asal Garut itu mengaku bukan orang yang bisa bermain musik awalnya. Firda, Siti, dan Widi mulai belajar musik setelah mengikuti program ekstrakurikuler di sekolah mereka. Perlahan, Firda mulai belajar caranya bermain gitar dan Widi berlatih memainkan bass dengan gitar biasa. Begitu pula dengan Siti yang kemudian mulai belajar bermain drum dengan memanfaatkan peralatan marching band yang ada di sekolah.

Setelah merasa mahir memainkan instrumen musik, barulah ketiganya memutuskan untuk mendirikan band yang diberi nama Voice of Baceprot. Nah, kata baceprot sendiri memiliki arti berisik dalam bahasa Sunda. Nama itu sengaja dipilih karena musik yang mereka mainkan dinilai keras atau terasa berisik di telinga.

Berhasil Viral Hingga ke Luar Negeri

Setelah rajin berlatih dan mencoba cover lagu populer dari band rock & metal ternama, nama Voice of Baceprot pun mulai dikenal. Tidak cuma di Garut, Jawa Barat, saja, tetapi kehadiran mereka langsung menyedot perhatian para penikmat musik metal di berbagai belahan dunia. Beberapa video mereka yang sedang meng-cover lagu band rock & metal terkenal juga sempat trending di Youtube, seperti misalnya saat menyanyikan Rage Against the Machine.

Keberadaan Voice of Baceprot juga direspons cepat oleh beberapa agensi musik besar, yang tertarik untuk mengontrak mereka. Amity Asia menjadi agensi yang berhasil merekrut band ini pada 2018 dan kemudian mendukung mereka untuk merilis debut single yang berjudul School Revolution.

Sejak itu, nama Voice of Baceprot kian dikenal, bahkan sampai viral ke luar negeri. Sederetan media asing seperti The Guardian, DW, NPR, BBC, dan New York Times juga telah meliput mereka.

Bakal Tampil di Festival Metal Terbesar Dunia, Wacken Open Air 2022

Makin dikenal, tawaran manggung ke luar negeri pun mulai menghampiri Voice of Baceprot. Baru-baru ini, band tersebut bahkan telah dikonfirmasi akan tampil di Wacken Open Air 2022, sebuah festival musik metal terbesar di dunia yang diselenggarakan di Jerman pada Agustus tahun depan.

Voice of Baceprot disebut akan satu panggung dengan beberapa musisi metal ternama dunia, seperti Slipknot, Judas Priest, Limp Bizkit, dan masih banyak lagi.

Namun sebelum itu, band ini juga sempat diundang untuk tampil di luar negeri. Mereka tampil di Festival UK 2021 Women of the World, yang dihelat di Inggris dan sukses bertemu Camilla Parker-Bowles yang kini dikenal sebagai Duchess of Cornwall.

Sungguh luar biasa, ya! Apakah Anda juga salah satu penggemar dari band metal asli Garut ini?

Dapatkan updates langsung ke perangkat Anda, Join Sekarang.