Kenali Bagian-Bagian Roadbike Ini Bagi Pemula

Suka bersepeda? Mau beli road bike, tapi takut salah pilih? Yuk, kenali dulu bagian-bagian penting roadbike selengkapnya hanya di Tikum.id!

Di era pandemi, olahraga bersepeda kembali menjadi tren. Menariknya, meskipun tersedia beragam jenis sepeda di pasaran, segelintir orang justru memilih merakit sepedanya sendiri. Pada dasarnya roadbike terdiri dari sejumlah bagian yang dirakit menjadi satu. Masing-masing bagian tersebut memiliki fungsi berbeda. Supaya lebih jelas, simak pembahasannya berikut ini!

Handlebar Roadbike

Handlebar atau setang berfungsi mengendalikan arah sepeda. Bagian ini memiliki beberapa bentuk berbeda, yakni setang klasik, compact, ergonomic, dan performance. Bentuk lengkungan setang klasik teratur sehingga drop lebih dalam dan panjang, sedangkan setang compact memiliki lengkungan lebih tegas dan sedikit lancip sehingga kedalaman drop bervariasi. Namun, drop dan reach setang jenis ini lebih kecil daripada setang klasik.

Sementara setang ergonomic merupakan perpaduan dari bentuk klasik dengan compact sehingga kenyamanan posisi tubuh dan tangan lebih maksimal. Setang performance atau anatomic memiliki drop dan reach yang besar sehingga performa sepeda lebih cepat.

Mengingat setang dirancang untuk kenyamanan SobatTikum saat bersepeda, handlebar yang baik tidak akan membuat leher maupun bahu mudah lelah, memudahkan tangan menopang tubuh, dan menjaga keseimbangan tubuh tetap stabil.

Shifter

Shifter merupakan tuas yang berfungsi memindahkan gigi. Bagian terpenting dalam sistem transmisi ini biasanya terletak di kokpit sepeda. Secara umum, shifter dibagi menjadi dua, yakni friction dan index. Friction merupakan shifter kovensional yang biasa ditemukan pada sepeda murah. Sistem konvensional sendiri mengandalkan feeling ketika melakukan shifting. Sepeda dengan index shifter memang dibanderol lebih mahal, tetapi sangat mudah untuk melakukan shifting. Pasalnya, transmisi sepeda ini sudah menggunakan indikator.

Handle Rem

Handle rem menjadi bagian terpenting pada road bike yang berfungsi mengatur arah laju roadbike. Secara umum, rem seluruh jenis sepeda memiliki tiga mekanisme utama, yakni pengaktifan, rem, dan transfer. Biasanya, handle rem dibuat dari bahan yang kuat dan tahan lama, seperti full alloy dan aluminium. Rem sendiri terbagi dalam tiga jenis, yakni rim brakes, hub brakes, dan disc brakes.

Rim brakes paling umum digunakan karena penggunaannya mudah dan suku cadangnya pun dapat ditemukan di berbagai toko sepeda, sedangkan hub brakes lebih tahan cuaca. Sementara disc brakes memiliki daya henti laju sepeda lebih kuat sehingga dibanderol cukup tinggi.

Frame

Frame atau rangka adalah bagian utama penopang seluruh komponen yang dibutuhkan untuk menyempurnakan sepeda. Umumnya, desain rangka road bike berfokus pada keselamatan pengguna. Meskipun demikian, rangka pada sepeda modern juga difungsikan untuk mendukung kinerja road bike.

Bentuk rangka dan material rangka sepeda sangat bervariasi. Material tidak hanya memperkuat rangka, tetapi juga membuat desain sepeda lebih fleksibel sekaligus meringankan bobotnya. Beberapa jenis material rangka yang bisa digunakan pada road bike, antara lain Hi-Ten Steel, Alloy, Chromoly, dan Carbon Fiber.

Stem

Pada dasarnya, stem memiliki kegunaan yang tak berbeda jauh dengan setang. Stem merupakan alat pada road bike yang fungsinya menghubungkan fork dengan drop bar atau handlebar. Meskipun tampak sepele, kompatibilitas stem memengaruhi kenyamanan bersepeda. Pada sepeda konvensional, stem dan setang menjadi bagian yang tak terpisahkan. Namun, pada sepeda modern keduanya dipisah tanpa mengurangi fungsi dan estetika road bike.

Demikianlah informasi mengenai bagian penting roadbike yang perlu SobatTikum ketahui! Dengan begitu, SobatTikum akan lebih mudah memilih sepeda terbaik sesuai kebutuhan. Yuk, bagikan artikel ini! Klik tombol share, ya!

Anda mungkin suka