Daftar Awkward Moment Oscar dan Menghebohkan di Setiap Perhelatan Oscar

Ajang Oscar yang gemerlap memang sudah berlalu, namun acara sebesar ini juga tak lepas dari beberapa sejarah momen awkward yang menghebohkan.

oscar

Tikum.id Entertainment – Ajang Oscar yang gemerlap memang sudah berlalu, namun acara sebesar ini juga tak lepas dari beberapa sejarah awkward moment yang menghebohkan.

Academy Award adalah sebuah ajang penghargaan bergengsi Amerika untuk industri film yang diselenggarakan kali pertama pada 1929. Pemenang Academy Award akan memperoleh sebuah tropi bernama piala Oscar yang kini terbuat dari logam britanium dan dilapisi emas 24 karat.

Ajang apresiasi ini identik dengan kemewahan. Namun, bukan berarti Oscar lepas dari momen lucu dan awkward sama sekali. Selama bertahun-tahun perhelatan Oscar, ada pula beberapa awkward moment yang memorable seperti berikut.

Will Smith Menampar Chris Rock (2022)

Berita paling menggemparkan dari Academy Award 2022 adalah saat aktor kawakan Will Smith menampar Chris Rock di atas panggung. Saat itu, Chris Rock sedang membawakan sebuah bit komedi yang membawa nama Jada Smith, istri sang aktor. Adapun konteks lawakan tersebut adalah Chris membuat lelucon tentang rambut Jada yang botak dan mengingatkannya pada film G.I. Jane yang diperankan oleh Demi Moore pada 1997 silam sakit dengan menceletuk, “She was going to be in the next G.I. Jane movie.”

Penyebab Jada memiliki penampilan demikian rupanya karena dirinya mengidap penyakit alopecia. Namun, Chris ternyata tidak pernah mengetahui bahwa istri dari aktor yang telah dikenalnya sejak lebih dua puluh tahun lalu itu sakit. Usai kejadian tersebut, Will Smith yang juga memenangkan penghargaan sebagai aktor terbaik di malam itu memutuskan untuk pensiun dari Oscar.

Moonlight dan La La Land (2017)

Salah menyebut pemenang di sebuah event tentu hal yang memalukan, mengesalkan, bahkan sampai mengecewakan karena seolah memberi harapan palsu bagi mereka yang sebenarnya tidak memenangkan penghargaan tersebut. Di panggung sebesar Oscar pun, insiden semacam ini juga pernah terjadi pada 2017. Warren Beatty dan Faye Dunaway menerima amplop yang salah untuk kategori yang mereka bawakan.

Dua presenter tersebut membacakan penghargaan untuk kategori Best Picture. Beatty mengatakan bahwa dirinya dan Dunaway salah menyebut pemenang setelah sebelumnya Emma Stone memenangkan aktris terbaik lewat film La La Land. Dunaway menyebut bahwa La La Land sebagai film terbaik, sedangkan Moonlight yang sebenarnya memenangkan Best Picture.

Begitu tim La La Land naik ke atas panggung untuk menerima hadiah dan memberi pidato kemenangan, produser La La Land baru menyadari bahwa Moonlight yang semestinya menang. Akhirnya, tim Moonlight pun maju dan menerima penghargaan milik mereka.

Sam Smith Salah Mengklaim Diri Sendiri

Sam Smith memenangkan piala Oscar pada 2016 untuk kategori Best Original Song lewat lagu Writing’s on the Wall yang menjadi soundtrack film Spectre. Sayangnya, momen haru tersebut jadi sedikit awkward saat Sam Smith salah melakukan klaim.

Dalam pidato kemenangannya, penyanyi asal Inggris tersebut sebagai seorang gay yang secara terang-terangan mengaku bahwa dirinya adalah gay pertama yang memenangkan piala Oscar. Hal ini tidaklah benar sebab beberapa nama besar seperti Elton John, Dustin Lance Back, dan Howard Ashman juga sudah pernah lebih dulu menyabet Oscar.

John Travolta Salah Menyebut Idina Menzel

Aktor papan atas John Travolta juga pernah membuat suasana canggung di ajang Academy Award. Pada Oscar 2014, John Travolta memperkenalkan Idina Menzel sebelum penyanyi wanita berbakat itu membawakan sebuah lagu. Namun, alih-alih menyebut nama pelantun lagu Let It Go dari Frozen yang popular itu, John justru menyebut nama Adele Dazeem.

Tak ada ralat pada waktu itu. Idina tetap tampil seperti biasa. Namun, John Travolta yang terlambat menyadari kemudian meminta maaf kepada Idina Menzel dan bahkan mengirim email permohonan maaf berkali-kali. Meski tak akan dapat terlupakan, hubungan keduanya masih baik hingga kini.

Dapatkan updates langsung ke perangkat Anda, Join Sekarang.

Anda mungkin suka