Vitamin-vitamin Yang Dibutuhkan Pasien Covid-19

Daya tahan tubuh dari dalam perlu didukung oleh asupan vitamin, Vitamin apa saja yang kita butuhkan dan bisa dikonsumsi oleh pasien Covid-19

Tikum Health – Menjaga daya tahan tubuh dari dalam perlu didukung oleh asupan vitamin, Asupan vitamin-vitamin yang dibutuhkan dan vitamin apa yang bisa dikonsumsi oleh pasien Covid-19? Yuk..Simak informasi selengkapnya.

Vitamin adalah zat gizi penting yang dibutuhkan tubuh untuk tumbuh, berkembang, dan menjalankan fungsinya dengan normal. Vitamin sendiri terbagi ke dalam dua kelompok besar yakni vitamin larut lemak (fat-soluble vitamins) dan vitamin larut air (water-soluble vitamins). Sayangnya, tubuh manusia tidak dapat membentuk vitamin sendiri atau menyimpan cadangannya. Anda harus mendapatkan asupan vitamin dari makanan yang kaya akan zat gizi.

Berdasarkan keterangan Dokter Esther Kristiningrum, Medical Senior Manager PT Kalbe Farma. Berikut daftar asupan vitamin-vitamin yang dibutuhkan dan suplemen yang sebaiknya dikonsumsi oleh pasien covid-19 dan juga orang yang sehat dalam meningkatkan imun tubuh. Beberapa diantaranya mungkin sudah tidak asing bagi Anda.

  1. Vitamin C
    Vitamin ini berguna sebagai antioksidan dan antiinflamasi. Selain berfungsi sebagai imunomodulator untuk mendukung proliferasi, monosit, neutrophil, fagosit dan meningkatkan kemotaksis dan kemampuan fagosit neutrophil. Serta meningkatkan aktivitas tubuh.
  2. Vitamin D
    Vitamin ini punya fungsi sebagai umum untuk membantu efek anti-inflamasi di dalam tubuh dan meningkatkan respons dari imun bawaan. Secara ilmiah, vitamin ini mampu meningkatkan barier epitel dan meregulasi respons dari imunitas.
  3. Vitamin E
    Vitamin ini memiliki manfaat produksi antibodi. Vitamin E juga turut membantu tubuh Anda dalam mempertahankan integritas membrane sel. Meningkatkan aktivitas makrofag, sel NK, dan meningkatkan proliferasi sel limfosit T.
  4. Zinc
    Kandungan Zinc pada multivitamin berfungsi dalam menjaga barrier epitel dan mukosiliar pada saluran pernafasan. Menjadi kofaktor penting pada beberapa Enzim yang terlibat pada sistem imun tubuh, meningkatkan sel NK, dan makrofag, serta berperan pada proliferasi , diferensiasi, matuasi limfosit, dan leukosit lainnya.

Nah, kini Anda sudah tahu apa saja macam-macam vitamin beserta manfaatnya untuk pasien covid-19 kan? Jadi, jangan lupa untuk selalu mengonsumsi makanan kaya vitamin agar kebutuhan harian vitamin Anda tetap terpenuhi.

Anda mungkin suka