Asosiasi Kopi (ASKI). Asosiasi Kopi Indonesia, Rumah Pencinta Kopi

Tikum Organisasi – Indonesia adalah negeri kaya dengan beragam rempah-rempah dan jenis kopi. Bahkan Kopi Indonesia sudah terkenal hingga ke Internasional. Kopi juga dipercaya bisa menyatukan pluralisme yang ada di Indonesia.

Asosiasi Kopi Indonesia 1

Kopi adalah jenis minuman favorit masyarakat di seluruh dunia. Bukan hanya karena kenikmatan meminum kopi, namun juga karena nilai ekonomis bagi negara-negara yang memproduksi dan mengekspor biji kopi seperti Indonesia.

Indonesia memproduksi berbagai jenis kopi, namun beberapa kopi spesial dan yang paling terkenal adalah kopi luwak, kopi Toraja, kopi Aceh dan kopi Mandailing. Iklim subtropis dan tropis merupakan lokasi yang baik untuk budidaya kopi. Hal ini sangat menguntungkan juga untuk negara lain yang turut bersaing dalam produksi kopi dunia seperti Amerika Selatan, Afrika, dan Asia Tenggara.

Indonesia adalah salah satu negara produsen dan eksportir kopi besar di dunia, bahkan kopi masuk dalam 5 besar penghasil devisa bagi negara dalam kategori komoditi agrikultur. Jadi kita wajib bangga terhadap bumi nusantara yang Gemah Ripah Loh Jinawi.

Oleh karena kita harus terus mengetahui dan mengembangkan produk kopi Indonesia dengan melibatkan banyak masyarakat di semua aspek seperti yang dilakukan oleh Asosiasi Kopi Indonesia.

Asosiasi Kopi Indonesia (ASKI) secara resmi berdiri di Jakarta pada hari Selasa di tanggal 3 September 2019, ialah organisasi profesi yang berbentuk kesatuan dengan ruang lingkup Nasional, berdaulat, mandiri, atas dasar kesamaan kegiatan profesi dan fungsi di bidang tanaman atau industri Kopi Indonesia.

Saat ini ASKI dipimpin oleh seorang ketua umum yaitu Bapak I Ketut Putrayasa. Organisasi ini mempunyai VISI yaitu Kopi Mempersatukan dan Mensejahterakan. Dan MISI dari ASKI adalah menjadi wadah yang memberikan banyak manfaat kepada seluruh anggotanya, termasuk para Petani dan Penggiat kopi yang berskala Nasional. Tidak hanya itu, ASKI juga turut aktif dalam hal edukasi, advokasi dan pendampingan untuk semua anggota.

Asosiasi Kopi Indonesia 2

Para anggota dari ASKI adalah para Petani, Pengolah, Penggiat usaha industri kopi hingga praktisi dan penikmat kopi berskala nasional yang dipersatukan asosiasi ini. Sejak ASKI pusat terbentuk mereka telah mengukuhkan sebanyak 25 Dewan Perwakilan Daerah (DPD) yang tersebar di seluruh provinsi Indonesia, mulai dari Aceh – Papua.

ASKI (Asosiasi Kopi Indonesia) juga senantiasa berupaya membangun kolaborasi dan kemitraan dengan stakeholders maupun anggota asosiasi yang memiliki perhatian sama, khususnya untuk mengetahui perkembangan dari industri kopi Indonesia.

Mereka juga terus melakukan inovasi dalam mengembangkan program bagi para stakeholder dan anggotanya. Hal ini didasari karena aktivitas yang dilakukan oleh beberapa lembaga formal saja tidak cukup. Oleh karena itu ASKI berusaha merangkul seluruh elemen masyarakat untuk ikut terlibat dalam proses ini. Terlebih saat ini masyarakat Indonesia juga tengah dilanda pandemi Covid-19 yang menyebabkan ruang gerak bisnis dan masyarakat menjadi sangat terbatas.

Asosiasi Kopi Indonesia 3

ASKI juga aktif melaksanakan beragam kegiatan dan usaha dalam rangka meningkatkan edukasi, memberikan manfaat besar bagi petani kopi dan usaha untuk menciptakan pasar khusus untuk kopi Indonesia dengan kualitas tinggi serta memberdayakan seluruh petani, pengusaha dan penggiat kopi melalui berbagai kegiatan, mari kita simak satu-persatu.

1. Kopi Craft Indonesia 2021

Kopi Craft Indonesia yang merupakan hasil kerjasama antara Summarecon Mall Serpong dengan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia dan Kopi Indonesia, sambil mengadakan kegiatan diskusi interaktif berjudul NGOPI atau Ngobrol Kopi.

Asosiasi Kopi Indonesia 4
Asosiasi Kopi Indonesia 5
(Menteri Pariwisata & Ekonomi Kreatif Indonesia, Sandiaga Uno
Asosiasi Kopi Indonesia 6

2. Webinar Nasional Sosialisasi Cup of Excellence (COE) Indonesia 2021

Asosiasi Kopi Indonesia 7

Kegiatan webinar ini adalah untuk memberikan penjelasan dan mensosialisasikan terkait dengan Tata aturan pelaksanaan dan keikutsertaan dalam ajang kompetisi Cup of Excellence (COE) Indonesia 2021 untuk seluruh anggota ASKI skala nasional yang diinisiasi oleh DPP ASKI & ASKI DPD JABAR bekerjasama dengan Steering & Organizing Committee ajang kompetisi Cup of Excellence (COE) Indonesia 2021.

3. KOPI IKHLAS special edisi Tahun Baru 2021

“Nikmati Kopimu bayar se-Ikhlasmu – Let’s brew together “Pengunjung bebas seduh dan minum kopi apa saja yang sudah tersedia di meja Kopi Ikhlas baik itu diseduhkan atau seduh sendiri.

4. Secangkir Kopi Untuk Bencana

sebagai kegiaan dan wujud rasa nasionalisme para petani dan penggiat kopi ASKI kepada saudara-saudara Kita yang terdampak bencana di Sulawesi Barat, Kalimantan Selatan dan Jawa Barat.

5. Jatiluhur GreenFest 2020

Asosiasi Kopi Indonesia 8
Asosiasi Kopi Indonesia 9

Kegiatan ini adalah Festival Kopi Nusantara – Kemah Konservasi – Gowes, dengan rangkaian kegiatan yang terdiri dari:

  • Launching Kopi Tarum, Mitra binaan PJT II
  • Penyerahan sertifikat keanggotaan perkumpulan petani dan penggiat kopi Indonesia oleh ketua ASKI DPD Jawa Barat.
  • Penyerahan bibit pohon kopi
  • Talk show bincang kopi dan konservasi
  • Brewing konservasi kopi Indonesia
  • Penanaman bibit pohon kopi oleh Direktur Keuangan dan SDM PJT II, Direktur Pengembangan Usaha PJT II dan Direktur Utama Pelindo III

Bagaimana sobat tikum, menarik dan bermanfaat bukan mengetahui seluruh kegiatan dari ASKI (Asosiasi Kopi Indonesia), untuk itu kami mengajak Anda para pelaku bisnis dan penggiat industri kopi yang belum bergabung untuk segera bergabung dalam Asosiasi Kopi Indonesia.

Temukan banyak insight baru dalam wadah para pencinta Kopi nusantara. Silahkan Anda menghubungi akun resmi sosial media mereka di bawah ini.

E-mail: asosiasikopi.aski@gmail.com
Instagram: @asosiasikopi.id

Tikum.id bangga bisa menampilkan sisi lain dari kopi melalui Asosiasi Kopi Indonesia. Semoga dengan semangat dan kerja keras mereka industri kopi nusantara semakin mendunia dan Indonesia menjadi tolak ukur dalam standar penghasil kopi terbaik di dunia. Salam secangkir Kopi.

“COFFEE and LOVE are best when they are HOT”

German Proverb

Dapatkan updates langsung ke perangkat Anda, Join Sekarang.

Anda mungkin suka