ASCC, Alam Sutera Cycling Club Komunitasnya Sepeda Balap

Tikum Bicycle – Bersepeda masih merupakan topik yang menarik untuk diangkat saat ini, dan jika biasanya di jalanan kota anda hanya melihat mobil atau sepeda motor, sekarang ruas jalan protokol sudah ramai dengan sepeda. Hal ini tidak luput dari ramainya kegiatan komunitas sepeda di Indonesia.

Komunitas sepeda berperan dalam meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya olahraga dan mengkampanyekan gaya hidup sehat. Berikut beberapa jenis sepeda yang di gemari oleh masyarakat Indonesia.

  1. Sepeda Balap
  2. Sepeda Hybrid
  3. Sepeda Gunung
  4. Sepeda BMX
  5. Sepeda Lipat

Setiap sepeda memiliki keunikannya masing-masing, tergantung selera anda saja untuk memilih yang nyaman dipergunakan.

Sedikit pembahasan mengenai sepeda balap, menurut berbagai sumber sepeda balap terdiri dari beberapa jenis yaitu Aero, Endurance dan Lightweighter.

ascc2

Sepeda jenis ini sangat mudah dikenali hanya dengan melihat bagian setirnya dan umumnya berbentuk melengkung pada bagian ujungnya supaya para pengendara bisa merendahkan tubuhnya sehingga mencapai aerodinameter yang ideal. Dan sesuai dengan namanya sepeda ini memang dikhususkan untuk race atau balapan dan mampu menghasilkan kecepatan yang tinggi di jalan raya hingga 60 km/jam.

Setelah tikum.id membahas berbagai komunitas sepeda, maka hari ini kami akan memperkenalkan kepada anda komunitas sepeda balap asal kota Tangerang yaitu ALAM SUTERA CYCLING CLUB.

Alam Sutera Cycling Club (ASCC ) berdiri pada tanggal 23 Desember 2014. Komunitas sepeda ini didirikan oleh 3 orang warga Alam Sutera, Tangerang yaitu Bapak Yohan, Bapak Benny, Bapak Jonni dan Bapak Johanes.

ASCC memiliki Visi untuk membentuk wadah komunitas sepeda untuk warga di wilayah Alam Sutera dan Sekitarnya serta mencontohkan gaya hidup sehat serta tetap bisa berprestasi melalui sepeda.

Sedangkan Misi ASCC adalah ingin menambah pengguna sepeda di wilayah Alam Sutera dan sekitarnya, serta turut aktif berolahraga dengan jadwal setiap hari selasa, kamis, sabtu dan minggu.

Sejak berdiri dari tahun 2014 ASCC pernah dipimpin oleh beberapa orang ketua, mereka adalah :

  1. Yohan Arsiyanto.
  2. Bennyson Johan.
  3. Johanes Widjaja.
ascc3
(Ketua ASCC : Johanes Widjaja)

Sampai dengan tahun ini ASCC sudah memiliki lebih dari 35 orang anggota, mulai dari usia 23 tahun sampai 55 tahun dari berbagai macam profesi seperti Pengusaha, Karyawan Swasta, Staff Marketing, Dokter dan masih banyak profesi lainnya.

Sebelum pandemi Covid-19 melanda Indonesia, aktivitas gowes rutin ASCC dilakukan setiap pagi pada hari sabtu dan minggu di Alam Sutera atau gowes kuliner dengan rute tertentu.

ascc4

Berikut beberapa rute gowes bersama yang pernah ditempuh ASCC selama ini diluar event dan perlombaan resmi yang pernah mereka lakukan.

  • Gowes keliling Bali. 400 KM
  • Tangerang – Bandung. 175 KM
  • Bogor – Anyer. 170 KM
ascc5
ascc6
ascc7

Jika anda warga Alam Sutera dan sekitarnya yang juga hobi bersepeda khususnya sepeda balap, mari bergabung bersama ASCC dalam berolahraga sepeda. Anda bisa menghubungi beberapa akun sosial media mereka dibawah ini.

Facebook: ASCC (Alam Sutera Cycling Club)
Instagram: @ascc.id

Sukses selalu untuk Alam Sutera Cycling Club dengan semua rencana kegiatan di masa depan dan tetaplah menjadi contoh dalam menerapkan gaya hidup sehat bagi masyarakat Indonesia.

“Give a man a fish and feed him for a day. Teach a man to fish and feed him for a lifetime. Teach a man to cycle and he will realize fishing is stupid and boring.”
Desmond Tutu

Anda mungkin suka