Arti Transmisi Mobil Matik dan Manual Punya Perbedaan

Arti transmisi mobil matik dan manual punya perbedaan. Jika belum mengerti secara lengkap baca dahulu informasi berikut ini.

Tikum Otomotif – Arti transmisi mobil matik dan manual punya perbedaan. Jika belum mengerti secara lengkap baca dahulu informasi berikut ini.

Memilih mobil dengan transmisi matik (otomatis) sebagai pengendara harian di lalu lintas padat mungkin merupakan pilihan yang bijak dan praktis. karena tidak ada pedal kopling yang harus diaktifkan setiap kali Anda ingin pergi. Hanya bergeser, tekan pedal gas dan pergilah!

Tapi, pernahkah Anda bertanya-tanya apa arti transmisi mobil matik dengan huruf dan angka di sisi tuas shifter?

Perbedaan yang paling utama antara mobil matik (otomatis) dan mobil manual adalah pada cara penggunaannya. Mobil matiK hanya terdapat 2 buah pedal yaitu rem dan gas. Sedangkan saat mengoperasikan mobil manual, perpindahan transmisi dilakukan secara manual yaitu dengan menggunakan pedal kopling dan tuas kopling.

Setiap tipe baik matik dan manual sama-sama punya kelebihan dan kekurangan. Namun, populasi penggunaan mobil dengan transmisi otomatis di kota-kota besar Indonesia semakin besar.

Ada berbagai manfaat dan keuntungan jika Anda memilih menggunakan mobil dengan transmisi otomatis, seperti dapat menghemat energi, khususnya saat melintas di jalanan padat dan faktor lelah dan pegal pada kaki jika dibandingkan dengan menggunakan mobil transmisi manual.

Nah, di balik kenyamanan menggunakan mobil yang bertransmisi otomatis, apakah Sobattikum sudah mengerti arti dan fungsi di balik huruf dan angka yang ada pada panel tuas transmisi otomatis? Mari kita cermati satu-persatu.

P (Park)

  • Digunakan saat mobil berhenti pada waktu yang lama
  • Digunakan saat mobil parkir dan kondisi mesin mati
  • Digunakan untuk mengaktifkan dan melepas anak kunci

R (Reverse)

Digunakan untuk bergerak memundurkan mobil

N (Netral)

Transmisi bebas dan tidak mengunci sehingga mobil masih bisa digerakkan atau didorong dalam keadaan parkir paralel

D (Drive)

Digunakan untuk menggerakkan mobil maju

2 atau S (Second)

  • Posisi untuk bergerak maju
  • Pengunaan idel adalah saat berada di kondisi jalan pegunungan yang sering menanjak
  • Berfungsi sebagai Engine Break ketika sedang berada di jalan menurun

1 atau L (Low)

  • Dipergunakan untuk bergerak maju
  • Ideal jika digunakan untuk menanjak dari basement atau turunan yang agak curam agar mobil tidak meluncur kencang

Beberapa mobil memiliki beberapa tanda tambahan, seperti “M” yang memberi pengemudi opsi untuk beralih ke perpindahan gigi manual. Ada “Sport” untuk membuat mesin dan transmisi lebih responsif.
Pastikan sobattikum membaca buku manual jika membeli mobil matik baru sebelum mengoperasikannya di jalan. Selamat mengemudi.

Dapatkan updates langsung ke perangkat Anda, Join Sekarang.

Anda mungkin suka