4 Aplikasi Smartphone Ini Bisa Bantu Tingkatkan Produktivitas Anda

Menjadi produktif bisa jadi tantangan tersendiri. Namun dengan empat aplikasi smartphone untuk produktivitas ini, aktivitas harian Anda akan terbantu tetap produktif.

Tikum Tech – Menjadi produktif bisa jadi tantangan tersendiri. Namun dengan empat aplikasi smartphone untuk produktivitas ini, aktivitas harian Anda akan terbantu tetap produktif.

Bagi sebagian orang, tetap produktif di masa sekarang—terutama sejak working from home menjadi budaya kerja baru—bisa jadi hal yang cukup menantang. Burnout berkepanjangan, baik dari lingkungan kerja yang kurang mendukung, bosan karena di rumah saja, atau faktor lainnya, membuat seseorang jadi tak bersemangat untuk memenuhi tuntutan produktivitasnya.

Ada banyak cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi kondisi ini. Salah satunya adalah Anda bisa cuti sejenak untuk me-refresh pikiran. Biarkan tubuh Anda, baik secara fisik, emosi, maupun mental, beristirahat sehingga dapat kembali bersiap melakukan rutinitas.

Saat sudah siap memulai lagi untuk produktif, cobalah memanfaatkan aplikasi untuk penunjang produktivitas. Sebagai rekomendasi, berikut empat mobile apps untuk meningkatkan produktivitas yang bisa Anda gunakan.

4 Aplikasi Smartphone Paling Berguna Untuk Produktivitas

RescueTime

Manajemen waktu adalah kunci dari produktivitas yang maksimal. Evaluasi penggunaan smartphone Anda selama ini: apakah lebih banyak digunakan untuk keperluan dalam menyelesaikan tugas dan pekerjaan, atau justru lebih banyak untuk hal-hal yang bersifat hiburan dan distraksi?

RescueTime merupakan solusi untuk mengatasi hal tersebut. Mobile app ini merupakan aplikasi untuk melakukan pelacakan secara otomatis tentang produktivitas dan waktu yang Anda habiskan di smartphone. Dengan begitu, Anda bisa mengevaluasi aktivitas yang dilakukan dan melakukan perbaikan yang dibutuhkan.

Asyiknya, Anda secara otomatis bisa mengaktifkan fitur mode ‘do not disturb’ saat ingin benar-benar fokus (FocusTime sessions). Fitur ini akan memblokir situs-situs yang sering menjadi distraksi Anda sehingga fokus jadi lebih terjaga.

Todoist

Mengetahui apa saja yang harus diselesaikan tidaklah cukup. Terutama jika Anda punya banyak aktivitas yang perlu dilakukan dan mudah lupa atau terdistraksi, maka memiliki task manager adalah solusi yang tepat.

Todoist merupakan aplikasi task manager yang cocok untuk mengatasi situasi ini. Anda dapat langsung mencatatkan apa saja yang harus dilakukan lengkap dengan deadline dan reminder agar menjaga Anda menyelesaikan target tugas sesuai waktu yang ditetapkan.

Aplikasi ini juga memungkinkan Anda membuat daftar prioritas terhadap seluruh aktivitas yang harus dilakukan dalam waktu tertentu. Selain itu, Todoist pun memungkinkan Anda memiliki daftar kegiatan rutin secara berkala tanpa harus terus membuatnya satu persatu (misal, Anda bisa langsung membuat daftar meeting setiap Senin pukul 10 pagi).

Trello

Kolaborasi tim bisa adalah tantangan lain khususnya saat penerapan remote working seperti saat ini. Jika tak disiapkan dengan baik, maka komunikasi antaranggota akan kacau dan pekerjaan bukan tidak mungkin akan terhambat.

Anda bisa mencoba Trello sebagai solusinya. Aplikasi task management ini terutama sangat cocok dipakai untuk project manager meski tak menutup kemungkinan siapapun yang membutuhkan pengaturan tugas sehingga lebih rapi dan terpantau bisa memanfaatkannya.

Anda bisa mencatat project yang sedang dilakukan, lalu menambahkan detail progress yang sudah diselesaikan. Selain itu, siapa yang membuat setiap perubahan pencatatan ini juga akan diketahui sehingga mempermudah tracking.

Cloze

Kalau Anda punya banyak keperluan terkait relationship management yang padat, Cloze bisa jadi alternatifnya. Aplikasi ini akan bekerja seperti personal assistant untuk membantu Anda menjaga komunikasi profesional.

Cloze memiliki fitur yang cukup banyak untuk berbagai kebutuhan ini. Anda bisa mendapatkan fungsi task managing dengan daftar pekerjaan yang harus diselesaikan, progress pekerjaan, hingga kolaborasi dan tim dan analisis.

Tak ketinggalan, Cloze akan menyatukan seluruh kontak komunikasi Anda tanpa adanya input data. Mobile app ini juga memberi kemudahan dalam pengelolaan email, file, telepon, SMS, dan lain-lain.

Nah, itulah beberapa rekomendasi aplikasi untuk mendukung produktivitas Anda. Meski ada banyak solusi untuk menjaga tetap produktif, jangan lupa untuk seimbangkan pula antara produktivitas kerja dan kebutuhan istirahat diri Anda, ya!

Dapatkan updates langsung ke perangkat Anda, Join Sekarang.

Anda mungkin suka