Maaf, Smartphone Android Versi Lama Anda Tidak Akan Bisa Mengakses Google

Para pengguna Android versi lama tidak akan bisa lagi menggunakan layanan dan produk Google seperti YouTube hingga Gmail.

Tikum Tech – Para pengguna Android versi lama tidak akan bisa lagi menggunakan layanan dan produk Google seperti YouTube hingga Gmail.

Google telah mengumumkan pada beberapa waktu yang lalu perihal kebijakan baru yang akan dimulai pada 27 September 2021 tentang perangkat handphone berbasis Android 2.3.7 (Gingerbread) atau lebih rendah lagi.

Dilansir dari berbagai sumber, Google tidak lagi mengizinkan perangkat lama ini untuk masuk menggunakan layanan mereka. Ini berarti Anda akan mendapatkan notifikasi seperti kesalahan nama pengguna atau kode sandi saat menggunakan produk atau layanan Google. termasuk aplikasi seperti Gmail, YouTube, dan Google Maps. Sehingga Anda harus menggunakan layanan Google melalui browser web di telepon. Tentu saja ini sangat tidak praktis bukan?

Tujuan dari kebijakan Google ini adalah karena perusahaan ingin memastikan keamanan akun dari para pengguna Google. Dan jika Anda masih menggunakan perangkat Android dengan usia tertentu atau lebih tua, atau mungkin lebih khusus lagi yaitu versi Android yang sangat lama, mungkin inilah saatnya mengganti smartphone baru untuk dipergunakan. Namun, jika Anda merasa memiliki perangkat Android dan tidak tahu nomor versi, segera lakukan hali ini: buka Pengaturan – Sistem – Lanjutan – Pembaruan sistem.

Bagian terpenting dari pembaharuan versi Android ini adalah ketika Anda ingin melakukan login Google Play. Jika Anda tidak dapat masuk ke Google Play, maka Anda tidak dapat memperbarui aplikasi Anda. Sehingga beberapa aplikasi akan berhenti berfungsi jika tidak dapat diperbarui.

Jika Anda memiliki gadget yang ‘cukup lama’ atau lebih lama dari versi 3.0, dapat dipastikan juga bahwa Anda tidak akan lagi mendapatkan pembaruan keamanan dari Google. Dengan demikian, Anda harus waspada ketika datang ke entitas jahat yang berpotensi mengambil keuntungan dari perangkat lama Anda yang rentan dari kemanan Google dan semua isinya yang tersimpan di pangkal data.

Ayo sobattikum, segera cek versi Android Anda atau segera perbaharui.

Dapatkan updates langsung ke perangkat Anda, Join Sekarang.

Anda mungkin suka