Atletico Taklukkan Real Madrid, Ancelotti Fokus ke Liga Champions

Tikum.id Bola – Menang tipis 1-0 dari tetangga satu kota, Atletico Madrid berhasil menaklukkan Real Madrid yang kini menduduki puncak klasemen La Liga.

Tak hanya Premier League, Serie A, dan Bundesliga, La Liga dengan pertandingan klub bolanya juga asyik ditonton. Salah satunya adalah pertandingan antara sesama ‘penghuni’ Madrid, yaitu Atletico dan Real Madrid.

Real Madrid, yang kini menduduki puncak klasemen La Liga, harus rela menyumbang skor pada Atletico meski kekalahan tersebut hanya tipis 1-0. Kira-kira, apa langkah yang El Real ingin lakukan selanjutnya?

Gol Atletico, Berkat Carrasco

Di atas angin dengan mengoleksi 81 poin, Real Madrid memang susah dikalahkan oleh Atletico yang kini menduduki posisi ketiga klasemen La Liga. Lalu, bagaimana bisa Atletico sukses melakukan invasi gol tanpa balas ke klub ini?

Satu-satunya gol Atletico lahir berkat penalti yang dieksekusi Yannick Carrasco di menit ke-40. Penalti ini dihadiahkan wasit sebagai ‘kompensasi’ pelanggaran yang dilakukan bek Real Madrid, Jesús Vallejo terhadap Matheus Cunha.

Percaya diri dan santai, Carrasco menendang bola ke gawang. Gol tercipta dan skor pun bertahan 1-0 untuk Atletico hingga akhir pertandingan.

Tidak Seprima Biasanya

Dilansir dari berbagai sumber, Real Madrid memang tidak tampil seprima biasanya dalam pertandingan kontra Atletico 9 Mei lalu. Pelatih Madrid, Carlo Ancelotti, tampaknya santai saja meski mengerahkan pemain yang langganan di bangku cadangan, seperti Luka Jovic dan Andriy Lunin.

Bahkan, penyerang unggulan Real Madrid, Karim Benzema, tidak dikerahkan untuk melawan Atletico. Demikian pula dengan bek Dani Carvajal dan penjaga gawang Thibaut Courtois—keduanya juga tidak diturunkan untuk menggertak Atletico yang main garang di kandang sendiri.

Meski begitu, bukan berarti Real Madrid main tanpa perlawanan. Sedari awal, Los Blancos cukup aktif memberikan serangan. Penguasaan bola 59% pun tercatat berasal dari tim asuhan Ancelotti ini.
Permainan Real Madrid pun cukup menekan di kedua babak. Dari 15 tembakan, enam di antaranya tajam mengarah gawang. Beberapa serangan tersebut diluncurkan oleh Toni Kroos, Casemiro, dan Luka Jovic.

Tuan Rumah Cenderung Defensif

Dari sisi tuan rumah, perlawanan prima nyata terlihat dari kiper Atletico, Jan Oblak. Meski digempur serangan dari tim lawan, Oblak sigap menahan dan mengenyahkan serangan-serangan bola yang datang.
Terkait gol kemenangan yang dicetak Carrasco, hal ini sebenarnya bisa dikatakan keberuntungan tim Atletico kala menghadapi Real Madrid. Pasalnya, jika dilihat dari segi penguasaan bola, Madrid jauh lebih unggul dan supresif.

Selain itu, kesempatan-kesempatan gol pun sering kali di-skip oleh pemain Atletico. Padahal, jika mau main lebih teliti, peluang menambah poin dari serangan yang dilakukan sebenarnya cukup besar.

Carlo Ancelotti: Fokus Final Liga Champions

Meski harus rela menyumbang poin bagi klub tuan rumah, Carlo Ancelotti tidak khawatir akan posisi tim asuhannya di La Liga. Hal ini cukup rasional mengingat posisi Real Madrid sendiri unggul jauh dari Barcelona dan Atletico Madrid di posisi ke-2 dan ke-3.

Per 12 Mei, perolehan skor Real Madrid dalam ajang La Liga ini adalah 81 poin. Di posisi ke-2, Barca harus puas dengan 72 poin. Menyusul di posisi ke-3 adalah Atletico Madrid dengan perolehan 67 poin.
Terkait Liga Champions UEFA musim 2022/23, Ancelotti pun tak perlu cemas. Real Madrid tetap bisa jadi peserta liga tersebut di musim 2022/23 karena timnya menjadi finalis untuk musim ini.

Maka dari itu, tak heran jika fokus Ancelotti saat ini adalah menghadapi Liverpool di final Liga Champions 2021/22. Pertandingan final dua klub raksasa asal Spanyol dan Inggris ini akan dilaksanakan pada 28 Mei 2022.

Liverpool dan Real Madrid cukup sering bertemu di laga Liga Champions. Terakhir, dua klub ini bertemu di final liga tersebut pada 2018. Waktu itu, El Real berhasil menjadi juara dengan skor akhir 3-1. Setelah itu, Liverpool dan Madrid juga sempat bertanding lagi, meski bukan untuk laga final.

Bagaimana menurut Anda, apakah Real Madrid sanggup memenangkan trofi Liga Champions UEFA musim ini?

Anda mungkin suka