Mengenal Ampo, Kuliner Unik Khas Tuban yang Terbuat dari Tanah Liat

Bicara mengenai Tuban, tahukah Anda bahwa salah satu kuliner khasnya terbuat dari tanah liat? Bagi orang di luar Tuban, penganan berbahan tanah liat pasti terdengar aneh. Tetapi kuliner khas Tuban bernama Ampo ini masih diproduksi dan diperjualbelikan sampai sekarang

Tikum Kuliner – Ampo merupakan kuliner khas Tuban yang terbuat dari tanah liat. Penasaran seperti apa bentuk dan rasanya? Simak informasi lengkapnya berikut

Tuban merupakan nama kabupaten di Jawa Timur yang lokasinya terletak strategis di jalur Pantura. Jika Anda berangkat dari Surabaya, perjalanan menuju Tuban akan memakan waktu sekitar 2,5 jam ke arah barat.

Bicara mengenai Tuban, tahukah Anda bahwa salah satu kuliner khasnya terbuat dari tanah liat? Bagi orang di luar Tuban, penganan berbahan tanah liat pasti terdengar aneh. Tetapi kuliner khas Tuban bernama Ampo ini masih diproduksi dan diperjualbelikan sampai sekarang, lho. Penasaran apa itu Ampo? Cek ulasan berikut, yuk!

Terbuat dari Tanah Liat

Jika pada umumnya tanah liat digunakan sebagai dasar untuk membuat tembikar, siapa sangka kalau tanah liat juga bisa dimanfaatkan untuk membuat camilan yang disajikan di atas meja bersama kopi atau teh hangat.

Meski terbuat dari tanah liat, tetapi jenis tanah liat yang digunakan tak boleh sembarangan. Makanan ini hanya akan dibuat dari tanah liat hitam yang bersih dari kerikil dan pasir.

Konon, kuliner khas Tuban ini sudah ada sejak zaman Belanda. Saat itu proses mendapatkan makanan sangat sulit, sehingga muncul makanan ini sebagai alternatif.

Ampo 1

Salah satu produsen Ampo yang bertahan sampai sekarang bisa Anda temukan di Dusun Trowulan, Bektiharjo, Semanding, Tuban. Kabarnya usaha pembuatan Ampo ini sudah dilakukan selama lebih dari 5 generasi dan masih dipertahankan demi melestarikan usaha keluarga.

Dalam sehari proses produksi bisa menghasilkan 8-12 kilogram Ampo yang kemudian didistribusikan ke pasar-pasar di wilayah setempat.

Proses Pembuatan

Proses membuat Ampo sebenarnya sangat sederhana. Tanah liat yang telah bersih dari kerikil akan dibentuk balok dan diberi air sedikit demi sedikit agar teksturnya menjadi lebih lunak.

Setelah itu, adonan tanah liat akan diserut menggunakan sesek (bambu tipis) hingga menghasilkan serutan tanah berbentuk stik. Sebelum disajikan, adonan akan dijemur dan diasapkan di atas tungku hingga kering dan matang. Proses ini membutuhkan waktu kurang lebih selama 4 jam.

Satu kilogram Ampo biasanya dijual seharga Rp10.000-Rp15.000 dan biasa didistribusikan di Pasar Baru Tuban. Bagaimana? Semakin penasaran dengan cita rasa kuliner khas Tuban satu ini? Kalau mau, Ampo sudah bisa dibeli secara online, lho.

Benarkah Ampo Mengandung Banyak Manfaat?

Bagi yang tak biasa memakan makanan ini mungkin merasa khawatir bila harus memakannya. Sebaliknya, mereka yang akrab dengan Ampo menilai kuliner ini memberikan sejumlah manfaat tersendiri.

Menurut masyarakat sekitar Tuban, mereka percaya bahwa Ampo bisa memperkuat kandungan. Itu sebabnya camilan satu ini kerap diburu oleh ibu hamil. Bukan hanya itu, makanan ini juga dipercaya mampu memberikan efek dingin bagi tubuh serta membantu menyembuhkan penyakit gatal-gatal, demam, dan diare.

Di sisi lain, makanan ini biasa digunakan untuk menghilangkan rasa pahit dari daun pepaya serta menjadi pelengkap sajen pada ritual tertentu.

Terlepas dari khasiat yang telah dijelaskan di atas, sebenarnya kelayakan Ampo sebagai makanan belum banyak diteliti. Mengenai rasa, Ampo menghadirkan perpaduan sensasi renyah, gurih, sepat, dan sedikit terasa pahit.

Itulah sekilas informasi mengenai Ampo sebagai salah satu kuliner khas Tuban. Selain makanan ini, kawasan Tuban juga punya makanan khas lainnya, seperti Dumpek yang terbuat dari campuran tepung beras, santan, parutan kelapa, garam, serta gula merah.

Sate menthok, garang asam, kari rajungan, dan belut pedas juga menarik untuk dicoba selagi Anda mengunjungi Kabupaten Tuban. Puas menyantap kuliner khasnya, jangan lupa mampir ke deretan pantai cantik yang ada di sana.

Dapatkan updates langsung ke perangkat Anda, Join Sekarang.

Anda mungkin suka