Alasan Macan Simbolnya Shio Menjadi Zodiak Chinese

Penasaran alasan mengapa macan termasuk hewan dalam simbolnya Shio sebagai zodiak Cina? Anda bukan satu-satunya orang yang penasaran. Berikut penjelasannya.

Tikum Animal Lover  – Sudah bukan rahasia lagi bahwa ada dua belas hewan yang menjadi ‘simbol’ tahun dan urutannya pun dibuat bergiliran. Kira-kira, alasan mengapa macan alias harimau ini bisa jadi salah satu hewan yang dijadikan simbolnya shio sebagai sistem penanggalan Cina, ya?

Bagaimana Macan Bisa Jadi Salah Satu Shio Cina?

Berbicara tentang shio, Anda pasti sudah mengetahui bahwa ada dua belas hewan yang dipilih untuk mewakili satu tahun. Jika 2021 adalah tahun kerbau, 2022 menjadi tahunnya harimau—atau yang lebih sering disebut sebagai macan dalam istilah pershioan.

Alasan di balik pemilihan macan menjadi salah satu simbolnya shio Tionghoa tak lepas dari legenda yang populer di masyarakat.

Salah satu legenda mengenai shio yang paling populer adalah legenda perlombaan Kaisar Langit. Ada pula legenda yang mengisahkan bahwa macan merupakan ‘pengganti’ singa dalam tatanan simbol penanggalan Tionghoa.

Legenda Perlombaan Kaisar Langit

Legenda ini mengisahkan tentang kesulitan rakyat Cina zaman dahulu dalam menghitung bulan, tahun, hari, dan waktu. Menurut legenda tersebut, rakyat Cina memohon kepada Kaisar Langit untuk mengajarkan kepada mereka bagaimana perhitungan waktu dilakukan.

Pemilihan nama binatang sebagai nama tahun didasarkan pada pemikiran Kaisar Langit bahwa binatang dan manusia memiliki hubungan yang dekat. Oleh karena itu, nama binatang digunakan sebagai nama tahun agar manusia lebih mudah melakukan perhitungan.

Lantas, mengapa hanya dua belas hewan tersebut yang dipilih? Hal ini merupakan keputusan Kaisar Langit sendiri, yang memutuskan untuk menggunakan nama 12 binatang yang berhasil menyeberang sungai dan mencapai titik finish perlombaan menyeberang sungai tersebut.

Tentunya, urutan pemenang perlombaan ini sudah dapat ditebak sesuai dengan urutan shio yang kita ketahui saat ini.

Mendahului macan di posisi ke-1 dan ke-2 adalah tikus dan kerbau. Lalu, kelinci berhasil menempati posisi ke-4, dilanjutkan dengan naga, ular, kuda, kambing, dan monyet. Sedangkan tiga peringkat terakhir diduduki oleh ayam, anjing, dan babi.

Legenda Macan Simbolnya Shio Menggantikan Singa

Legenda ini mengisahkan tentang bagaimana macan menggantikan singa sebagai bagian dari penamaan tahun.

Kita tentu tahu bahwa singa adalah raja dari semua binatang. Namun, karena sifat singa yang keras, dewa ingin mengganti singa dengan hewan lainnya. Sayangnya, karena status singa sebagai ‘raja dari semua binatang’ dewa kesulitan untuk mencari penggantinya.

Di sisi lain, pada awalnya macan bukanlah hewan dengan kemampuan yang luar biasa. Ia mempelajari teknik untuk mengalahkan musuh sedikit demi sedikit, dan perlahan-lahan macan pun berhasil memiliki kemampuan istimewa. Semua binatang yang menantang macan akan berakhir kalah atau terluka parah.

Terkenal karena kemampuannya, dewa memanggil macan ke langit untuk menguji kemampuannya. Hasilnya pun sempurna: semua pasukan yang menantang macan takluk di hadapannya. Sejak hari itulah, macan menjadi prajurit kebanggaan dewa.

Sayangnya, semenjak macan ‘bertugas’ di langit, singa, beruang, dan kuda bertindak sewenang-wenang terhadap hewan lain dan manusia. Kondisi dunia pun semakin tidak terkendali karena tindakan hewan-hewan tersebut.

Hal inilah yang mendorong dewa untuk menugaskan macan kembali ke dunia. Tujuannya adalah untuk melindungi hewan dan manusia dari kekejaman hewan penyerang yang disebutkan tadi—terutama singa.

Singkatnya, macan berhasil memenangkan pertandingan dengan singa. Mendengar kekalahan singa, dua hewan lain bersembunyi di hutan. Setelah kejadian itu, macan pun juga menyelamatkan umat manusia dari kekejaman kura-kura jahat yang dengan sihirnya menyebabkan dunia mengalami banjir bandang.

Karena macan berhasil memenangkan tiga pertarungan besar itulah dewa memberi macan julukan ‘raja’. Berawal dari kemenangan macan ini, dewa mengikutsertakan macan sebagai salah satu hewan dalam penamaan tahun Cina.

Nah, itulah dua legenda yang menjelaskan mengapa macan menjadi salah satu hewan simbolnya shio dalam zodiak Cina. Tentunya, legenda ini hanyalah sekadar kisah—sebab, sejauh ini tidak ada penjelasan lain terkait pemilihan macan sebagai salah satu hewan dalam zodiak Cina.

Anda mungkin suka