Raih Sepatu Emas Eropa Musim 2020/21, Begini Aksi Hebat Lewandowski

Robert Lewandowski

Tikum Bola – Bukan dari Liga Italia atau Liga Inggris, peraih Sepatu Emas Eropa Musim 2020/21 adalah penyerang andalan klub papan atas Bundesliga, Robert Lewandowski dari Bayern Munich. Sepanjang musim lalu, Lewandowski berhasil menyarangkan total 41 gol bersama Bayern di liga domestik.

Pemain berkebangsaan Polandia tersebut adalah pemain klub Jerman kedua yang berhasil meraih gelar Sepatu Emas. Pemain pertama yang dimaksud tentu saja legenda Bayern, Gerd Muller pada musim 1971/72.

Lalu, bagaimana aksi hebat Lewandowski hingga membuatnya meraih gelar bergengsi tersebut?

Robert Lewandowski

Menorehkan 41 Gol Sepanjang Musim 2020/21. Raihan gol yang dicapai Lewandowski tercatat sebagai kedua terbanyak setelah Cristiano Ronaldo. Adapun CR-7 menyabet Sepatu Emas pada 2015 dengan melesakkan 48 gol bersama Real Madrid.

“Saya mendedikasikan penghargaan ini kepada orang-orang yang setia mendampingi saya setiap hari. Terima kasih kepada keluarga, rekan setim, staf kepelatihan, dan seluruh keluarga FC Bayern. Saya tidak bisa memenangkan titel ini tanpa dukungan mereka,” tukas Lewandowski usai menerima penghargaan tersebut.

Ia juga menambahkan bagaimana kehidupan dunia olahraga sama seperti kehidupan manusia sehari-hari. “Penting bagi kita untuk saling menghargai, mendukung, bersikap adil, dan berusaha menjadi panutan satu sama lain. Saya senang dengan semua yang kami capai sebagai satu tim,” ujar Lewandowski saat memberikan apresiasi terhadap timnya.

Gaya Bermain Sang Penyerang Andal

Lewandowski memang terkenal dengan teknik, keahlian memposisikan diri, dan finishing yang tajam. Ia disebut-sebut sebagai penyerang terbaik sepanjang masa, plus salah satu pemain tersukses dalam sejarah Bundesliga. Hingga saat ini, ia telah membukukan lebih dari 500 gol sepanjang karier bersama klub dan tim nasional.

Sebagai penyerang tengah, keunggulan Lewandowski ada pada penyelesaian akhir yang akurat dan efisien. Ia andal melakukannya dengan kedua kaki maupun kepala. Pesepakbola berusia 33 tahun ini memiliki semua yang harus dipunyai penyerang andal: tinggi, kekuatan, keseimbangan, pace, pergerakan yang cerdas, dan kedua kaki yang terampil mengolah bola.
Area operasinya memang berada di sekitar area penalti. Namun, berkat kepekaan posisi, kekuatan duel di udara, ketepatan tendangan pertama, dan tembakan kuat dengan kedua kaki, ia juga piawai menahan bola di dekat gawang.

Jika itu belum cukup, jangan tanyakan bagaimana keterampilan teknis Lewandowski yang begitu rapi. Pergerakan kaki yang cepat, dribbling taktis, serta fisik mumpuni miliknya mampu mendorong Lewandowski menjelajahi berbagai area dalam lapangan.
Melengkapi keandalan Lewandowski dalam mengambil penalti, mencetak gol jarak jauh, hingga tendangan bebas yang menukik, ia juga kerap dipuji karena kebugaran, mentalitas, etos kerja, dan disiplin tinggi. Semua ia tunjukkan dalam berbagai kesempatan, baik dalam lapangan maupun saat latihan.

Berjaya di Munich dan Polandia

Lewandowski memulai karier sepakbola profesional di klub divisi kedua Liga Polandia, Znicz Pruszków. Lalu, ia melesat bersama klub papan atas Polandia Lech Poznań dan memenangkan Ekstraklasa 2009/10. Tepat di akhir musim ia pindah ke Borussia Dortmund dan menjalani karier gemilang lewat torehan gelar Bundesliga dan pencetak gol terbanyak.

Pada 2014/15 Lewandowski berlabuh ke kompetitor utama Dortmund, Bayern Munich dengan status bebas transfer. Sejak saat itu, langkah sang penyerang andal ini terus melaju. Bahkan, tujuh musim pertama bersama Bayern ia sukses meraih gelar Bundesliga, termasuk Champions League yang membuat Bayern meraih treble winner.

Sementara itu, posisi kapten diemban Lewandowski bersama tim nasional Polandia. Dengan 120 caps, ia menjadi pencetak gol terbanyak Polandia sepanjang masa. Prestasi Lewandowski sebagai pesepakbola anda berlanjut saat ia meraih Best FIFA Men’s Player Award dan UEFA Men’s Player of the Year Award tahun 2020.

Kegemilangan Lewandowski jadi bekal penting untuk perjalanan Bayern di semua kompetisi. Mari kita nantikan bersama aksi sang penyerang tajam musim ini!

Anda mungkin suka