Aksesori Penting Meningkatkan Keamanan dan Keselamatan Bersepeda

Beberapa cara preventif yang dapat dilakukan untuk meminimalkan terjadinya risiko dalam bersepeda di jalan, tambahkan beberapa aksesori penting berikut untuk acara gowes

Tikum Bicycle – Pesepeda juga punya banyak risiko. Karena itu, lengkapi kegiatan bersepeda Anda dengan enak aksesori penting sepeda untuk meningkatkan keamanan dan keselamatan.

Bagi sebagian besar orang awam khususnya, bersepeda terlihat sebagai aktivitas yang menyenangkan dan minim risiko. Namun faktanya, kegiatan yang satu ini juga memiliki berbagai risiko keamanan dan keselamatan terutama apabila dikendarai di jalan raya.

Mulai dari awal pandemi hingga Juni 2020 misalnya, di DKI Jakarta, terjadi peningkatan angka kecelakaan pesepeda hingga 10 kali lipat terutama di kawasan Thamrin dan Sudirman. Adapun perkumpulan Bike to Work (B2W) juga mencatat bahwa sepanjang Januari sampai Juni 2020, terjadi 29 kecelakaan lalu lintas yang melibatkan pesepeda dengan 58% di antaranya menyebabkan pesepeda meninggal dunia.

Oleh sebab itu, ada beberapa cara preventif yang dapat dilakukan untuk meminimalkan terjadinya risiko serupa. Di samping bijak dalam bersepeda di jalan, tambahkan beberapa aksesori penting sepeda berikut untuk acara gowes Anda.

6 Aksesori Penting Sepeda

Helm

Sama seperti helm bagi pengendara motor, helm juga berfungsi untuk melindungi kepala pesepeda dari kemungkinan terburuk saat terjadi kecelakaan. Anda pun sebaiknya mengenakan helm baik saat sedang bersepeda di jarak pendek maupun jauh.

Pilihlah helm yang berkualitas. Anda mungkin akan memerlukan sejumlah uang sekitar ratusan ribu untuk memperoleh helm yang benar-benar dapat memberi proteksi maksimal. Namun tentu saja, harga ini tentu tidak ada apa-apanya dibandingkan keselamatan diri Anda.

Spion

Spion akan membantu Anda dalam melihat objek yang berada di sisi belakang. Dengan begitu, Anda akan lebih mudah dan nyaman saat akan melakukan manuver tanpa harus sering-sering menoleh ke belakang yang justru akan membahayakan.

Lampu

Kalau sepeda menjadi sarana transportasi utama Anda, maka semakin wajib keberadaan aksesori yang satu ini. Lampu tidak cuma akan membantu penglihatan Anda khususnya saat berkendara di malam hari, tetapi juga—dan yang lebih penting—adalah memberi tanda bagi pengguna jalan lainnya akan keberadaan Anda.

Oleh sebab itu, alangkah lebih baik jika Anda memasang lampu di bagian depan dan belakang sepeda. Alternatif tambahan lainnya, Anda bisa menambahkan lampu sen sehingga akan jauh lebih membantu untuk memberi tahu jika Anda akan berbelok ke kanan atau kiri.

Kunci L

Sambungan pada sepeda bisa saja mengendur tanpa Anda sadari. Selain membuat gowes jadi tidak nyaman, Anda juga bisa saja terjatuh atau tergelincir. Maka dari itu, selain rutin melakukan pengecekan bagian-bagian sepeda, Anda juga perlu mempunyai kunci L—bahkan membawanya saat bersepeda—untuk kembali mengencangkan sambungan.

Bel

Satu lagi tanda yang biasa dilakukan pengguna ruas jalan untuk memberi tahu kehadirannya adalah dengan menekan bel. Dengan begitu, pengendara di sekitarnya jadi lebih sadar dan memberi jalan sehingga meminimalkan risiko terjadinya kecelakaan.

Pasanglah bel pada sepeda Anda. Ada banyak jenis bel sepeda yang bisa Anda pilih di pasaran. Pertimbangkan kepraktisan saat menggunakan bel tersebut sehingga tidak akan menyulitkan Anda ketika harus mengoperasikannya. Selain itu, pertimbangkan pula suara yang dihasilkan agar tetap nyaman bagi pengguna jalan lainnya di samping cukup nyaring suaranya untuk menunjukkan keberadaan Anda.

Sarung Tangan

Sarung tangan untuk pesepeda mempunyai desain khusus untuk meredam kejutan yang mungkin terjadi sehingga bersepeda jadi lebih nyaman. Namun selain itu, aksesori ini juga berguna untuk melindungi tangan yang kerap menjadi tumpuan jika pesepeda jatuh maupun meminimalkan risiko terjadinya penebalan kulit (kapalan) akibat gesekan dan tekanan antara tangan dengan grip.

Itulah beberapa aksesori penting sepeda yang bisa Anda tambahkan untuk meningkatkan keamanan dan keselamatan saat bersepeda. Tentunya, pastikan kualitas aksesori tersebut bagus alih-alih hanya sekadar murah agar memberi proteksi yang maksimal.

Dapatkan updates langsung ke perangkat Anda, Join Sekarang.

Anda mungkin suka