Wajah Berjerawat Akibat Masker? Ini Cara Mencegahnya

Pakai masker bikin kamu jerawatan? Jangan panik! Yuk, simak berbagai tips berikut ini untuk mencegah jerawat di kulitmu.

Wajah Berjerawat Akibat Masker

Tikum Woman – Mengenakan masker kini sudah menjadi bagian dari keseharian masyarakat. Tujuan utamanya tentu melindungi penularan virus. Namun sayangnya, mengenakan masker menimbulkan masalah baru, terutama bagi kaum wanita, yaitu munculnya jerawat pada area yang tertutup masker. Kamu juga mengalaminya?

Simak beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mencegah jerawat yang muncul akibat memakai masker. yuk ketahui dulu masalah kulit apa saja yang bisa muncul karena masker.

Masalah Kulit yang Bisa Muncul Akibat Pakai Masker

  • Jerawat. Jerawat muncul ketika pori-pori wajah tersumbat oleh minyak, sel kulit mati, dan kotoran.
  • Rosacea. Jika kamu punya rosacea kulit, mengenakan masker bisa memperburuk kondisinya.
  • Dermatitis kontak iritan. Alergi akibat dermatitis kontak terjadi ketika ada bahan pembuat dari masker kamu yang memicu alergi.
  • Eksim atopik. Juga disebut dengan dermatitis atopik, yaitu sebuah gejala pada kulit yang terjadi pada orang yang memiliki eksim kulit.

Ini dia berbagai cara yang bisa kamu lakukan untuk mencegah munculnya jerawat akibat mengenakan masker.

Gunakan sabun wajah yang lembut

Sabun wajah dengan komposisi yang lembut dan ringan bisa membantu mengangkat kelebihan minyak, keringat, dan bakteri pada kulit wajah. Hindari sabun wajah yang mengandung parfum atau alkohol. Kedua kandungan tersebut bisa menyebabkan iritasi dan memicu munculnya jerawat.

Pilih pelembap non-comedogenic

Pelembap atau moisturizer sangat dibutuhkan kulit untuk menjaganya tetap terhidrasi dengan baik. Namun, jangan sampai salah pilih produk pelembap, ya! Pilih produk yang berlabel non-comedogenic yang tidak akan menyumbat pori-pori kulitmu.

Istirahat dari make up

Jika sudah ada jerawat yang muncul di area masker, maka sebaiknya kamu berhenti ber-make up secara berlebihan. Dengan begitu, kondisi kulitmu tidak menjadi makin parah dan tidak ada jerawat lain yang muncul. Produk-produk kosmetik seperti foundation, concealer, hingga blush on sangat berpotensi menyumbat pori.

Ganti masker setiap 4 jam sekali

American Academy of Dermatology Association merekomendasikan untuk mengganti masker setiap 4 jam sekali. Lalu, lepaskan masker setiap 15 menit sekali selama rentang waktu tersebut. Ini akan memberikan kulit kamu waktu untuk istirahat sejenak.

Namun, jangan lupa untuk melepaskan masker di tempat yang aman jadi tidak ada orang yang berpotensi untuk menularkan virus padamu. Selain itu, kamu juga harus mencuci tangan sebelum melepaskan masker.

Pastikan ukuran masker pas di wajah

Untuk mencegah masuknya bakteri yang bisa memicu jerawat, pilih masker yang ukurannya pas di wajahmu. Tidak terlalu ketat dan terbuat dari bahan-bahan yang lembut dan aman. Demi alasan kesehatan, gunakan masker yang terdiri dari minimal 3 lapisan bahan.

Hindari masker yang terbuat dari bahan-bahan seperti nilon atau rayon yang bisa memicu iritasi pada kulit wajahmu.

Segera cuci muka setelah selesai beraktivitas

Begitu sampai di rumah, jangan langsung rebahan ya! Segera bersihkan muka dengan produk pembersih khusus dan cuci muka sampai bersih. Setelah itu, aplikasikan pelembap untuk melindungi kulit wajah.

Memakai masker memang aturan yang harus ditaati demi menjaga kesehatan kita dan orang-orang di sekitar. Namun di saat yang sama, jangan lupa untuk menjaga kesehatan kulit juga ya! Meskipun kamu memakai masker setiap hari, jika kamu bisa menjaga kesehatan kulit, maka masalah kulit pun nggak akan mudah muncul.

Dapatkan updates langsung ke perangkat Anda, Join Sekarang.

Anda mungkin suka