Ini Dia Alasan Kenapa Adopsi Peliharaan Lebih Baik Ketimbang Beli

Tikum Animal Lover – Ketika berencana ingin punya peliharaan, hal yang pertama kali dipikirkan oleh banyak orang adalah datang ke pet shop dan mencari seekor anjing atau kucing mungil yang bisa dibeli. Dan ketika melihat seekor yang sangat Anda sukai, Anda mungkin rela mengeluarkan uang berapapun untuk bisa membawanya pulang. Tapi, apakah Anda tahu bahwa mengadopsi ternyata bisa jadi opsi lain yang dapat Anda ambil ketika ingin punya peliharaan?

Saat ini ada banyak shelter atau rumah penampungan bagi hewan-hewan yang terlantar. Dengan begitu tingginya minat untuk memelihara hewan, mengadopsi menjadi opsi yang sedang digalakkan oleh para animal lovers. Jika Anda sedang berencana memiliki hewan peliharaan, simak beberapa alasan kenapa sebaiknya Anda tidak perlu membeli berikut ini!

1. Secara Tidak Langsung Menghindari Animal Cruelty

Hewan peliharaan yang dijual di toko khusus umumnya berasal dari pembiakan yang dilakukan untuk mendapatkan keuntungan. Kadang dalam prosesnya, hewan-hewan ini ditempatkan dalam kondisi buruk. Induk yang berkembang biak disimpan dalam tempat khusus dalam keadaan terisolasi. Jika sudah dianggap tak menguntungkan, mereka akan dibuang begitu saja.

Dengan tidak membeli hewan-hewan hasil pembiakan semacam ini, pada dasarnya Anda menghindari tindakan animal cruelty atau kekejaman terhadap hewan.

2. Bisa dengan Leluasa Memilih Peliharaan yang Anda suka

Meskipun tidak memiliki pilihan sebanyak pet shop, namun pada dasarnya animal shelter menyediakan banyak pilihan untuk diadopsi. Kebanyakan hewan-hewan ini adalah peliharaan yang dibuang oleh induknya sehingga Anda tidak perlu khawatir mereka tidak cocok dengan lingkungan tempat Anda tinggal. Anda juga tetap bisa memilih hewan seperti apa yang ingin Anda bawa pulang.

3. Membantu Hewan-hewan Peliharaan yang Terlantar Mendapatkan Rumah yang Lebih Baik

Di animal shelter, hewan-hewan yang kebanyakan adalah bekas peliharaan yang dibuang oleh tuannya sedang menunggu pada adopter. Adopter seperti Andalah yang akan menyediakan lagi rumah yang selama ini mereka idam-idamkan.

4. Kebanyakan Hewan di Panampungan Sudah Terlatih

Penampungan hewan umumnya diisi oleh para pencinta hewan atau trainer yang memang sudah terlatih di bidangnya. Meskipun hewan-hewan yang ditampung di sana tidak bertuan, mereka tetap memperlakukan hewan-hewan ini dengan baik. Mereka juga tetap dilatih dengan baik sebagai hewan peliharaan sehingga ketika Anda harus membawanya pulang, hewan-hewan ini akan lebih mudah beradaptasi dengan Anda. Anda pun tak perlu mengeluarkan tenaga ekstra untuk melatih mereka dari awal.

5. Cinta dan Kebahagiaan Hewan yang Anda Selamatkan Tidak Dapat Dibeli

Meskipun klise tapi pada dasarnya kebahagiaan memang tidak bisa dibeli dengan uang. Begitu juga ketika Anda memutuskan untuk mengadopsi. Seperti halnya manusia, hewan-hewan peliharaan ini juga mendambakan kebahagiaan. Ketika Anda memutuskan untuk mengadopsi mereka, Anda juga akan mendapatkan cinta dan kebahagiaan yang sama. Perasaan semacam inilah yang tidak akan bisa dibeli dengan uang.

6. Lebih Hemat

Jika Anda membeli hewan peliharaan, sudah pasti harga yang harus dibayar tidaklah murah. Seekor kucing munchkin jantan misalnya, dibanderol dengan harga Rp4 jutaan. Untuk jenis lain seperti British shorthair, harganya bisa mencapai puluhan juta rupiah. Pengeluaran yang banyak itu bisa Anda singkirkan jika Anda memilih untuk mengadopsi alih-alih membeli.

Biaya adopsi di Indonesia untuk kucing ras hanya berkisar Rp200 ribuan. Sementara kucing lokal dikenakan biaya kurang dari Rp100 ribuan. Biaya yang harus Anda bayar ini juga bukan merupakan harga jual melainkan biaya pengganti makanan dan perawatan kesehatan selama kucing-kucing ini ada di penampungan. Dengan biaya yang terjangkau, Anda bahkan bisa menyelamatkan hewan-hewan yang terbuang. Menguntungkan sekali, bukan?

Setelah membaca ulasan di atas, Anda mungkin ingin mempertimbangkan kembali tentang hewan peliharaan yang Anda impikan. Jadi, masih ingin membeli atau mau adopsi saja?

Anda mungkin suka