Sempat Tercecer di Zona Degradasi, Ada Apa dengan Juventus?

Juventus mengawali Serie A 2021/22 dengan buruk, hingga sempat tercecer di zona degradasi sebelum memetik hasil positif kontra Spezia. Apa yang terjadi?

Juventus Arena

Tikum Serie A – Empat giornata awal Serie A 2021/22, Juventus cuma mampu meraih dua poin. Dua kali imbang dan dua kali kalah jelas bukan catatan yang baik untuk tim sekelas Si Nyonya Tua. Akibat hasil buruk tersebut, pasukan Massimiliano Allegri ini sempat tercecer di zona degradasi. Apa yang sebenarnya terjadi dengan Juventus?

Start Terburuk Dalam 60 Tahun Terakhir

Dua poin yang dicatatkan Juventus dari empat laga awal musim membuat mereka terperosok ke zona degradasi di posisi ke-18. Bianconeri terpaksa mengakui keunggulan Napoli dan Empoli. Sementara itu, dua angka berhasil mereka bawa pulang usai menahan imbang masing-masing AC Milan dan Udinese.

Start buruk ini pernah Juventus alami pada musim 1961/62. Dalam empat laga awal musim tersebut, Juventus hanya bisa bermain imbang dua kali saat kontra Mantova dan Lecco. Mereka harus pulang dengan tangan hampa saat gagal mengalahkan Atalanta dan Padova.

Pada akhir musim 60 tahun lalu tersebut, Juventus hanya bisa finis di peringkat ke-12 dengan total 29 angka. Penampilan mereka di musim tersebut termasuk salah satu penampilan terburuk sepanjang sejarah berdirinya klub. Siapa sangka hal serupa terjadi kembali musim ini. Apalagi, sejak musim lalu performa Juventus memang tidak semoncer musim-musim terdahulu. Rentetan gelar juara sembilan musim beruntun pun terhenti setelah Inter Milan melenggang ke posisi puncak Serie A 2020/21. Juventus harus puas mengakhiri musim lalu dengan raihan 78 poin di posisi ke-4.

Allegri Kehilangan Sentuhan Magisnya?

Pasca pemecatan Andrea Pirlo Mei lalu, Juventus memanggil pulang Allegri. Kedatangan sang pelatih seolah memupuk harapan bagi para fans. Selama 2014-2019, Juventus menorehkan catatan mengesankan, termasuk lima Scudetto berturut-turut dan empat Coppa Italia.

Meski hubungan mesra mereka kandas lantaran Juventus gagal memenangkan Champions League, nyatanya pelatih setelah Allegri tidak mampu bertahan lebih dari satu musim. Maurizio Sarri dan Andrea Pirlo menelan pil pahit karena gagal memoles Juventus yang berakhir dengan mandeknya prestasi Bianconeri.

Namun, empat laga berlalu, Allegri tampak kehilangan sentuhan magisnya terhadap klub berkostum hitam putih tersebut. Kepergian Cristiano Ronaldo jadi salah satu penyebab mengingat sang penyerang adalah penyumbang gol terbanyak klub.

Lalu, Allegri menilai anak-anak asuhnya mudah kehilangan konsentrasi walaupun mampu mendominasi pertandingan. Walhasil, lawan pun mampu mengejar ketertinggalan. Meskipun begitu, baik Allegri maupun Pavel Nedved, Wakil Direktur Juventus, yakin bahwa Si Nyonya Tua masih mampu menampilkan performa apik. Raihan tiga poin hanya menunggu waktu.

Asa Setelah Kalahkan Spezia

Tanda-tanda kebangkitan Juventus diperkuat pasca kemenangan mereka saat bertandang ke markas Spezia hari Rabu (22/9) malam. Federico Chiesa, dkk. memang tidak mendominasi pertandingan tersebut, tetapi mereka mampu menundukkan tuan rumah dengan skor 3-2.

Aksi kejar-kejaran gol mewarnai laga yang berlangsung di Stadio Alberto Picco. Usai unggul lewat gol Moise Kean di babak pertama, Juventus dibuat terkejut karena Spezia mampu membalikkan keadaan. Gol Emanuel Gyasi dan Janis Antiste sebelum dan setelah turun minum tentu sempat membuat Allegri panik.

Ketika penampilan Spezia membaik di pertengahan babak kedua, Juventus terlihat kewalahan. Namun, kepanikan Juventus mereda setelah aksi gemilang Federico Chiesa dan Matthijs de Light mampu membawa pulang tiga poin penuh.

Sontak Allegri pun memuji kegigihan pasukannya, mengingat ia sempat mengkritik para pemain setelah bermain imbang dengan AC Milan minggu lalu. Allegri mengakui, masih ada banyak hal yang harus diperbaiki dari permainan Juventus, terutama dalam memutuskan kapan harus mengumpan dan melepaskan tendangan tepat menuju target.

Semoga saja tren positif ini terus berlanjut di pekan-pekan berikutnya!

Dapatkan updates langsung ke perangkat Anda, Join Sekarang.

Anda mungkin suka