Acuan Pencinta Otomotif : Koleksi Mobil Mewah Di Indonesia

Tikum Otomotif  – Mobil mewah merupakan hobi yang makin menjamur di kalangan pencinta otomotif Indonesia, acuan yang perlu kamu pelajari sebelum memutuskan terjun di dalamnya.

Pertumbuhan ekonomi yang pesat juga menyebabkan hobi mengoleksi mobil mewah meluas juga. Apabila kamu merupakan seorang peminat otomotif yang ingin mengoleksi mobil mewah, ada banyak hal yang harus diketahui terlebih dahulu. Memahami informasi ini akan membuat pengalaman kamu lebih menyenangkan.

Apa saja yang harus disiapkan saat beli mobil mewah?

Proses pembelian mobil mewah di Indonesia biasanya dilakukan melalui importir kendaraan. Kendaraan-kendaraan mewah ini biasanya tidak didistribusikan langsung oleh pabriknya ke Indonesia. Calon pemilik kendaraan umumnya harus mendatangkan kendaraan tersebut melalui importir kendaraan sendiri.

Pertama, sangat penting untuk mempersiapkan uang dalam jumlah besar terkait pengadaan mobil mewah ini. Pajak untuk kendaraan mewah sangat tinggi, terutama ketika diimpor dari negara lain ke tanah air. Ada yang melaporkan bahwa harga mobil mewah impor bisa menjadi tiga kali lipat harga aslinya saat sampai di sini.

Saat mengimpor mobil mewah, perlu dipastikan bahwa dealer otomotif yang mengadakan sudah berlisensi dan memiliki pengalaman terkait hal ini. Berbagai dokumen penunjang harus disiapkan agar tidak ada masalah hukum ke depannya. Denda besar bisa dikenakan ke pemilik jika surat tidak dipersiapkan dengan benar.

Hal lain yang perlu dipersiapkan adalah terkait maintenance untuk mobil yang kamu beli. Semua mobil memerlukan perawatan yang sifatnya rutin. Setidaknya, ada bengkel tepercaya di wilayah sekitar tempat tinggalmu yang mampu menawarkan jasa perawatan untuk mobil yang dibeli.

Perkembangan Pasar Mobil Mewah di Indonesia 

Data terbaru menunjukkan bahwa pada tahun 2021, terjadi kenaikkan sebanyak 227% terkait pembelian mobil mewah di Indonesia.  Hal ini menunjukkan bahwa ada minat yang makin tinggi akan mobil mewah di sini, yang menyebabkan pasarnya berkembang makin cepat. Ada beberapa alasan yang mendukung perkembangan ini:

  • Peningkatan pendapatan per kapita Indonesia yang pesat setiap tahunnya
  • Adanya kebijakan pemerintah yang membuat kepemilikan produk otomotif mewah menjadi lebih terjangkau
  • Jumlah sales associate untuk segmen pasar ini yang makin meningkat membuat aksesibilitas makin besar

Meskipun begitu, dibandingkan dengan negara tetangga, perkembangan pasar mobil mewah di Indonesia masih sedikit lebih rendah. Alasan utamanya adalah karena infrastruktur di Indonesia belum cukup menunjang. Selain itu, banyak orang masih belum cukup merasa aman membeli mobil dengan harga tinggi seperti ini.

Komunitas Mobil Mewah Tanah Air 

Jika kamu berpikir untuk membeli mobil mewah, maka bergabung di komunitas otomotif yang menampung pemilik mobil serupa bisa membantu. Ada berbagai manfaat yang bisa diperoleh, seperti:

  • Mendapatkan informasi mengenai bengkel berkualitas maupun penyedia spare parts penting untuk mobil.
  • Mengikuti acara-acara eksklusif terkait mobil mewah yang hanya bisa dihadiri orang-orang tertentu.
  • Bertemu pemilik mobil serupa untuk membahas mengenai perawatan dan isu lainnya dalam penggunaan mobil.
  • Networking dengan dealer tepercaya yang berguna jika ingin menjual mobil atau membeli mobil mewah baru.

Di Indonesia, sudah mulai banyak klub yang menampung para pemilik kendaraan mewah. Berikut merupakan beberapa contohnya:

Brotherhood Club Indonesia

Komunitas ini mewadahi para pemilik supercar dan juga exotic car sehingga cakupan anggotanya cukup luas. Kegiatan yang paling terkenal adalah tur dengan rute Banyuwangi – Bali.

Ferrari Owners Club Indonesia

Klub ini secara khusus mewadahi orang-orang yang memiliki mobil berjenis Ferrari. Menariknya, klub ini tidak hanya terfokus di Pulau Jawa saja. Ada chapter-chapter yang tersebar di pulau-pulau lainnya.

Dream Club Indonesia

Para pemilik mobil kategori sports car disarankan untuk bergabung dengan klub ini. Ada banyak juga kegiatan yang ditawarkan bagi para anggotanya.

Kepemilikan mobil mewah di kalangan pencinta otomotif Indonesia menjadi umum. Tentunya masih ada banyak tantangan seperti perkembangan infrastruktur dan mahalnya pengadaan unit mobil mewah di sini. Demikianlah acuan penting bagi pencinta otomotif sebagai panduan sebelum membeli mobil mewah. Bagaimana sobattikum, menarik bukan ?

Anda mungkin suka