ABBA Kembali Berkarya Setelah 4 Dekade Vakum

ABBA Grup

Tikum Music – Setelah empat dekade mengumumkan bubar, ABBA grup kembali berkarya dengan album barunya yang bertajuk Voyage dan siap mengadakan konser digital tahun depan. Berikut ini ulasan seputar grup ABBA.

ABBA Grup, Setelah 4 Dekade

Pertama kali debut pada 1972 dan memutuskan berpisah pada 1982, ABBA yang beranggotakan Agnetha Faltskog, Bjorn Ulvaeus, Benny Andersson, dan Anni-Frid Lyngstad akhirnya melahirkan karya baru.

Bertajuk Voyage, album yang lahir 40 tahun setelah bubarnya grup legendaris ini dirilis ke publik pada 5 November 2021. Tentunya, kembalinya ABBA memberikan angin segar bagi pecinta 

Musik era 70-an. 

Untuk mengenal grup asal Swedia ini lebih dalam, berikut ini fakta seputar ABBA yang menarik untuk kita simak bersama. 

Lagu Hit Pertama Direkam Sebelum Grup Terbentuk

Benny dan Björn dapat dikatakan telah memiliki taringnya sendiri di dunia musik rock SwediaSebelum bertemu dan berkarya bersama, Benny bermain dalam grup Hep Stars, sedangkan Björn bermain untuk Hootenanny Singers. Barulah pada 1970, mereka bekerja bersama merekam album bertajuk Lycka. Dalam album tersebut, kekasih mereka, Anni-Frid dan Agnetha, menyanyikan lagu cadangan. Keempatnya kemudian pertama kali berkarya sebagai kuartet dalam single “Hej, gamle man”.

Debut Pertama di Acara TV pada 1974

Setelah memenangkan penghargaan Eurovision pada 1974, ABBA terbang ke Amerika untuk tampil sekaligus melakukan promosi. Pada tahun itu pula, ABBA untuk pertama kalinya muncul di acara televisi, yakni dalam acara The Mike Douglas Show. Setahun kemudian, mereka kembali muncul di televisi ketika hadir di episode kelima komedi sketsa Saturday Night Live.

Baru Puncaki Tangga Lagu Pada 2008 

Meskipun telah bertahun-tahun menjadi fenomena global, ABBA tidak pernah menduduki puncak tangga lagu di Amerika Serikat. Sebelumnya, urutan tertinggi yang pernah mereka capai hanya posisi ke-14, dengan album ABBA: The Album. Selama tiga dekade, hanya 4 dari 8 album ABBA yang berhasil masuk ke Top 20 Tangga Lagu Amerika Serikat. Barulah setelah kesuksesan film Mamma Mia! pada 2008, ABBA untuk pertama kalinya menduduki puncak tangga lagu Amerika Serikat dengan soundtrack mereka.

Vakum Selama 40 Tahun

ABBA memutuskan bubar pada 1982, setelah sepuluh tahun berkarya, karena kedua pasangan tersebut bercerai. Namun, pada 2018 Benny Anderson menghubungi Anni-Frid untuk kembali bermusik bersama ABBA. Merasa rindu untuk kembali bernyanyi dan berkarya, mereka pun akhirnya memutuskan menggarap lagu bersama lagi meski sebelumnya sempat ragu. 

Album Voyage pun akhirnya lahir setelah 40 tahun lamanya mereka berpisah. Album yang berisi 10 lagu ini telah dirilis pada 5 November 2021 melalui label Capitol dari Universal Music Group. Sebelumnya, mereka juga telah merilis dua single berjudul “I Still Have Faith in You” dan “Don’t Shut Me Down”.

Adakan Konser Hologram “ABBA Voyage” Pada 2022

Sebagai momen puncak kembalinya grup legendaris ini setelah 4 dekade, ABBA kembali berkarya dengan mengadakan konser digital pada 27 Mei 2022 di ABBA Arena yang merupakan sebuah custom-built arena di Queen Elizabeth Olympic Park, London yang berkapasitas 3.000 orang. Pemesanan tiket pun sudah bisa dilakukan melalui laman resmi mereka. 

Uniknya, dalam konser ini ABBA akan ditampilkan secara hologram, dengan bentuk penampilan seperti saat masa kejayaannya pada 1979. Menggaet George Lucas, konser ini dijamin akan menghasilkan kualitas tampilan digital yang memukau dan mampu membawa penontonnya bernostalgia bersama. 

Itulah beberapa fakta dan ulasan seputar grup ABBA yang akan mengadakan konser virtualnya tahun depan, 40 tahun setelah berhenti berkarya. Namun demikian, meskipun berhasil kembali menarik antusiasme penggemar, konser ini akan menjadi konser terakhir mereka sebagai ABBA. Setelah proyek ini berakhir, Benny Anderson mengatakan bahwa ABBA memutuskan akan benar-benar berpisah untuk selamanya. 

Dapatkan updates langsung ke perangkat Anda, Join Sekarang.

Anda mungkin suka
Tinggalkan komen