9 Mi Paling Terkenal di Dunia, Cocok untuk Para Noodle Lovers!

Dari ramen hingga spätzle, jangan mengaku pencinta mi kalau belum mencoba 9 jenis mi paling terkenal di dunia berikut ini!

(Photo by: Mi Rebus Aceh special @tehtarikacehcipete)

Tikum Kuliner – Meski identik dengan kuliner Asia, sebetulnya mi adalah salah satu jenis makanan yang paling universal. Hampir setiap negara memiliki versi mi masing-masing dengan bahan dan teknik pengolahan yang berbeda-beda. Maka, tak heran bila ada banyak variasi mi di seluruh dunia. Mulai dari ramen khas Jepang hingga spätzle khas Jerman, berikut ini adalah 9 mi paling terkenal di dunia.

Cellophane Noodles

Dikenal dengan nama sohun atau mi kaca, mi ini terbuat dari pati kacang hijau, singkong, ubi dan kentang. Seperti namanya, mi kaca tampak bening dan kerap disajikan dalam sup. Jenis mi satu ini banyak dipakai dalam kuliner berbagai negara, seperti Tiongkok, Indonesia, Malaysia, Filipina, Jepang, India, Pakistan, Korea, Vietnam, Thailand, hingga Hawaii.

Udon

Memiliki bentuk bulat dan tebal, mi khas Jepang ini terbuat dari tepung gandum dan memiliki 2 variasi, yaitu sanuki udon dan inaniwa udon. Umumnya, udon digunakan dalam hidangan tradisional tetapi juga bisa dinikmati bersama kaldu dengan kecap, dashi, dan mirin.

Soba

Sama halnya dengan udon, mi terkenal satu ini juga berasal dari Jepang. Soba terbuat dari buckwheat (gandum kuda). Bentuknya tipis dan warnanya agak kecokelatan. Soba dapat disajikan dengan atau tanpa kuah. Sebagai salah satu kuliner utama di Jepang, soba bisa dijumpai di kedai-kedai kecil maupun restoran mewah.

Rice Vermicelli

Siapa sangka, mi satu ini merupakan salah satu mi paling terkenal di dunia. Terbuat dari beras, rice vermicelli atau bihun banyak digunakan dalam kuliner Tiongkok, Indonesia, Hong Kong, Pakistan, India, Malaysia, Singapura, Taiwan, Myanmar, dan Vietnam.

Bihun telah ada sejak dinasti Qin dan dikonsumsi masyarakat China selama lebih dari 2.000 tahun.

Spätzle

Meski bentuknya tidak seperti mi pada umumnya, menurut Taste Atlas, Spätzle termasuk dalam kategori noodle. Terbuat dari bahan utama tepung dan telur, makanan khas Jerman ini memiliki tekstur lembut.

Konon Spätzle telah ada sejak tahun 1725 meski belum diketahui siapa yang menciptakan resepnya. Spätzle biasanya dihidangkan dengan keju, sosis, mentega, bayam, Sauerkraut dan lentil.

Ramen

Siapa yang tak kenal ramen? Makanan khas Jepang inilah yang menjadi inspirasi terciptanya mi instan. Mi ramen terbuat dari tepung gandum, kansui, dengan sedikit garam. Warnanya kuning pucat dan dihidangkan dalam beragam variasi, seperti onkotsu ramen, curry ramen, shio ramen, dan miso ramen. Meski merupakan makanan khas Jepang, awalnya mi ini dibawa dari China pada Era Meiji.

Lamian

Juga dikenal dengan nama mi tarik, lamian dibuat dengan cara yang unik, yaitu dengan menarik adonan mi menggunakan tangan secara berulang ulang. Teknik ini membutuhkan keahlian tersendiri dan sangat menarik untuk disaksikan. Siapa sangka, teknik ini telah tertulis dalam buku Songshi Yangsheng Bu karya Song Xu tahun 1504 silam. Terbuat dari tepung gandum, lamian menjadi makanan khas yang selalu dihidangkan pada perayaan Tahun Baru Imlek. Panjangnya mi lamian melambangkan kemakmuran dan umur panjang.

Misoa

Misoa berasal dari Fujian, China. Sekilas misoa atau misua tampak seperti bihun, tetapi teksturnya sangat halus dan mudah patah. Ketika dimasak, misoa menjadi sangat lembut dan tidak kenyal seperti mi lainnya. Pada Budaya Tionghoa, misoa menjadi hidangan pada ulang tahun seseorang sebab misoa dianggap melambangkan panjang umur.

Mung Bean Sheet

Berbeda dengan kebanyakan mi yang berbentuk bulat panjang, mi yang satu ini berbentuk pipih dan transparan. Seperti namanya, mung bean sheet terbuat dari pati kacang hijau.

Berasal dari wilayah Shandong, Tiongkok, mi ini dibuat dengan membentuk adonan menjadi lembaran tipis yang kemudian dipotong memanjang.

Nah, itu dia 9 jenis mi paling terkenal di dunia. Anda sudah pernah mencoba yang mana saja?

Dapatkan updates langsung ke perangkat Anda, Join Sekarang.

Anda mungkin suka