9 Kopi Terbaik Di Dunia (Biji Kopi)

Ada ribuan pilihan untuk memilih biji kopi yang baik. Tetapi jika Anda membuat pilihan yang salah, Anda akan menyesal karena kopi yang Anda beli tidak dapat memenuhi ekspektasi dan uang Anda terbuang percuma!

Ada ribuan pilihan untuk memilih biji kopi yang baik. Tetapi jika Anda membuat pilihan yang salah, Anda akan menyesal karena kopi yang Anda beli tidak dapat memenuhi ekspektasi dan uang Anda terbuang percuma!

Sharing ini akan menunjukkan 3 pertanyaan sederhana yang harus Anda tanyakan saat memilih biji kopi. Ini akan membuat pemilihan biji kopi yang sempurna menjadi mudah, dan Anda akan senang karena harapan Anda terpenuhi dan dapat benar-benar menikmatinya. Juga perlu diperhatikan kesalahan ‘memilih biji kopi’ yang umum dilakukan sebagian besar pecinta kopi saat memesan secara online. Terus terang penulis membuat kesalahan ini selama bertahun-tahun.

So, saya menyusun daftar beberapa biji kopi terbaik yang dinilai oleh para ahli dan penikmat kopi. Lanjutkan baca sharing ini sekaligus mari keliling dunia dan jawab pertanyaan: apa biji kopi terbaik untuk Anda?

Di Mana Anda Membeli Biji Kopi Terbaik?

Kopi terbaik berasal dari orang yang peduli dengan kopi. Dan berhentilah sejenak dan tanyakan pada diri Anda: siapa sih yang peduli dengan kopi lebih dari Anda?

Jawaban PERTAMA adalah tentu sang roaster lokal. Ketika Anda membeli kopi langsung dari pengsangrai lokal; Anda membeli produk roaster yang masih segar dan berkualitas tinggi dari seseorang yang peduli. Langkah pertama Anda dalam membeli kopi enak adalah mulai menjelajahi roaster terdekat dan mencoba kopi mereka.

berita kopi green

Tidak punya akses ke roaster lokal yang bagus? Atau tidak mau repot-repot menghabiskan akhir pekan untuk menemukannya? Hal terbaik berikutnya adalah memesan dari Roaster online. Yang penting adalah Anda memilih perusahaan yang dengan jelas mengatakan bahwa mereka hanya memanggang kopi SETELAH dipesan. Anda tidak ingin mereka memanggang kopi berbulan-bulan sebelum mengirimkannya.

Dan inilah kesalahan terbesar saat memilih kopi online. Ada beberapa tempat yang sebaiknya Anda tidak membeli kopi. Hindari godaan untuk membeli dari:

  • Toko Kelontong (sering kali menjual biji beans yang berkualitas rendah dengan stok waktu simpan yang lama … Ini urusannya dengan kesegaran. Kopi sering disangrai sebelum Anda beli sehingga dikemas, dikirim dan disimpan di gudang. Coba deh di riset.
  • Bahkan kadang-kadang misalnya Amazon atau Aliexpress semacamnya mengatakan “Panggang Segar”, bisa saja sudah tua berumur 6 bulan, karena memang banyak pula beans yang ditawarkan toko lain lebih tua lagi. O lala!

Oke, sekarang kita keluar dari daftar “jangan beli”, mari meluncur ke beberapa pertanyaan sederhana yang dapat Anda tanyakan pada diri Anda sendiri untuk membuat pilihan lebih mudah.

Cara Memilih Kopi Biji Utuh Yang Baik (Metode Bodoh yang terbukti manjur)

Oke, jadi Anda tahu di mana bisa membeli kopi yang enak; sekarang waktunya untuk mempelajari bagaimana memilih di antara beberapa opsi. Sebelumnya, disebutkan bahwa ada ribuan opsi beli memilih biji kopi terbaik.

Dengan menanyakan diri Anda sendiri salah satu dari tiga pertanyaan sederhana ini, akan menjadi jelas biji mana yang tepat Anda pilih, dan keputusan Anda akan jauh lebih mudah.

Apa Jenis Pembuat Kopi / Brew Yang Anda Gunakan?

Ini adalah fakta sederhana, namun sering terlewatkan saat memilih biji kopi. Apa metode menyeduh yang akan Anda gunakan? Ini akan sangat mempengaruhi biji mana yang bisa Anda pilih.

Anda harus terbiasa dengan gaya menyeduh kopi pilihan Anda, dan mempelajari biji mana yang paling cocok. Berikut beberapa hal untuk memulai:

  • Menyeduh dengan French Press? Antara medium higga Dark Roast – Kopi Cold Brew? Light Roast, rada asam
  • Seduhan dengan mesin espresso , Anda harus ekstra hati-hati dengan biji yang Anda pilih. Beberapa, seperti kopi Italia, akan terasa enak, yang lain akan terasa tidak enak!
  • Seduh dengan Filter? Mungkin Anda tidak akan menambahkan susu, carilah biji single origin yang berkualitas bagus bagus dan eksotis dengan Notes yang membuat Anda bersemangat.
  • Apakah Anda penggemar Aeropress?
  • Suka membuat kopi K-cup ?

Rasa Apa Yang Kamu Cari?

Pertanyaan kedua yang harus Anda tanyakan sudah jelas: apa yang Anda inginkan ? Beberapa pecinta kopi mencari profil rasa kopi seperti anggur atau floral, sementara yang lain menginginkan ‘kopi yang terasa seperti kopi’ utuh, bersahaja dan kuat yang enak bila di top-up dengan susu.

Preferensi rasa tertentu membutuhkan jenis biji kopi tertentu. Berikut beberapa petunjuk untuk Anda mulai:

  • Jika Anda mendambakan rasa ‘seperti anggur’, cita rasa buah, atau bunga eksotis yang biasanya persiapkan dengan seduh filter, single origin menjadi pilihan yang bagus (asal tidak ditambahkan susu!)
  • Jika Anda menginginkan rasa sangat ‘seperti kopi’, pilihlah Dark Roast. (tambahan susu boleh saja)
  • Anda mendambakan rasa gila ? Jika Anda adalah tipe peminum kopi dari Starbucks,
berita kopi sangrai

Keadaan Unik Anda Dapat Memengaruhi Pilihan Anda

Pertanyaan ketiga dan terakhir adalah jika Anda memiliki kebiasaan atau memiliki keinginan minum kopi tertentu. Anda mungkin sudah tahu persis apa yang Anda inginkan, tetapi berikut adalah beberapa hal yang dapat membantu mendapatkan beberapa ide:

  • Tidak punya Grinder atau penggiling kopi? Jangan khawatir. Sebagian besar roaster benar-benar akan menggiling untuk Anda, jadi kembali dan pilih berdasarkan salah satu pertanyaan di atas.
  • Peka terhadap kafein? Carilah yang rendah kafein namun memiliki rasa tinggi
  • Butuh kafein ekstra? Ada biji kopi berkafein super tinggi yang patut dipertimbangkan, tetapi berhati-hatilah.
  • Kopi yang enak perut ?,
  • Ingin yang instan dan cepat? Jika Anda selalu bepergian, dan hanya ingin menikmati kopi, Anda mungkin beralih ke kopi instan. Meskipun tidak merekomendasikannya.

Biji Kopi Terbaik Di Dunia

Cukup dengan informasi di atas. Sekarang mari simak 9 biji kopi yang diimpikan untuk merasakan sebelum Anda berpulang atau mati.

1. Kona Hawaii

Apa yang diekspektasi dari kopi ini:

  • Biji: Arabica
  • Asal: Hawaii, Amerika Serikat
  • Jenis: Single Origin, Medium Roast
  • Catatan Tasting Notes: Rasa herbal dan rada floral yang manis, dengan nuansa kacang
  • Aroma: Lembut, halus dengan tingkat keasaman yang cerah
  • Rekomendasi penyajian: Drip dan French Press

Kona adalah pulau terbesar di Hawaii dan merupakan yang terbaik untuk menanam kopi berkualitas tinggi. Bisa dikatakan Kopi terbaik di Amerika. Dengan iklim mikro yang sangat baik, perpaduan sempurna antara hujan dan matahari, serta tanah vulkanik yang subur, lereng di pulau ini sempurna untuk menanam kopi.

Untuk mendapatkan kopi Kona berkualitas tinggi, Anda harus merogoh kocek yang dalam, ya mahal. Kopi ini tenar dan sangat dicari, tetapi juga karena ditanam di Amerika Serikat di mana para petani dibayar jauh lebih mahal daripada rata-rata petani di negara penghasil kopi tradisional.

Kopi Kona berkualitas tinggi dan mahal bila Anda membeli yang asli. Hindari campuran Kona hanya 10% dari campuran bisa jadi Kona sejati. Selalu beli Extra Fancy ( yang berkelas ) karena memang berkualitas terbaik. Dengan ukuran beans sedang, keasaman rendah, dan kaya, rasa halus, kopi ini menjadi pelepas rutinitas kopi biasa. Kopi koa memberi pilihan Medium Roast atau Dark Roast tergantung pada cara Anda menyeduh.

2. Nicaragua

Apa yang diekspektasi dari kopi ini:

  • Biji: Arabica
  • Asal: Nikaragua
  • Jenis: Single origin, Rekomendasi Medium Roast atau Dark Roast
  • Catatan Tasting Notes: Kaya, Full Body, bersahaja.
  • Aroma: sedikit aroma karamel dan kayu.
  • Rekomendasi penyajian: French press, Seduh Filter, Espresso.

Penjual online biasanya menginformasikan bahwa kopinya dikultivasi secara organik, tumbuh di alam pegunungan, proses dengan air dan dicuci di sumber mata air alami,dan rasanya enak saat diseduh.

3. Jamaican Blue Mountain

Apa yang diekspektasi dari kopi ini:

  • Biji: Arabica
  • Asal: Jamaika
  • Jenis: Single origin, Rekomendasi Medium Roast
  • Catatan Tasting Notes: Herbal dan rasa bunga dengan nuansa kacang
  • Aroma: Lembut, halus dengan tingkat keasaman yang cerah
  • Rekomendasi penyajian:: Drip, French Press

Jamaika menghasilkan kopi dalam jumlah yang relatif kecil setiap tahun, dan tidak semuanya berasal dari Blue Mountain. Tetapi kopi yang tumbuh di sini ditanam pada ketinggian yang sangat tinggi.

Produksinya sangat terbatas dan sekitar 80% dari panen setiap tahun masuk ke Jepang. Ditambah lagi, Panennya sangat padat karya saat diproduksi, harus dipilih sendiri dari lereng gunung. Ketinggian yang tinggi, suhu yang sejuk, dan tanah vulkanik membantu menghasilkan panen yang memakan waktu hampir 10 bulan, yang jauh lebih lama dibandingkan dengan daerah lainnya.

Secangkir kopi yang dihasilkan akan terasa keasaman sedang untuk full body juga rasa yang agak manis. Ada yang bilang kopi Blue Mountain adalah minuman paling lembut yang pernah ada.

Karakteristik rasa Blue Mountain

Jadi untuk mendapatkan biji berkualitas ini harganya sangat mahal. Apakah layak? Siapapun yang pernah mencicipi Kopi Blue Mountain akan berkata: Ya. Tapi seperti Kona, Blue Mountain adalah salah satu kopi yang perlu dibeli dengan bijak.

Profil kopi ini akan menghasilkan kopi yang sangat baik, dengan seduh manual maupun dengan mesin otomatis. Nikmati kopi hitam, salah satu kopi paling dicari di dunia.

4. Kenya AA

Apa yang diekspektasi dari kopi ini:

  • Biji: Arabica
  • Asal: Kenya
  • Jenis: Single origin, Rekomendasi Light Roast
  • Catatan Tasting Notes: Fruity, rasa asam anggur dan finishing manis
  • Aroma: Segar dan rada floral
  • Rekomendasi penyajian:: Drip, French Press

Biji kopi Kenya termasuk yang terbaik di dunia. Upaya yang dilakukan para petani untuk produksi pengolahan biji, tidak tertandingi.

Mungkin salah satu penyebab kualitas kopi Kenya benar-benar tinggi adalah petani dihargai untuk kopi yang lebih baik. Pemerintah menjalankan lelang di mana semua kopi di Kenya dijual. Kopi berkualitas lebih tinggi dijual dengan harga lebih tinggi, memberi petani insentif untuk meningkatkan hasil panen.

‘AA’ adalah biji dengan ukuran terbesar, diikuti dengan ‘ AB’ . Di Kenya, semakin besar semakin baik. Selalu cari ‘AA’. Kopi ini dicirikan oleh aroma buah yang manis, keasaman seperti anggur, dan tubuh yang manis. Karena pemrosesannya, kopi ini termasuk yang paling bersih di dunia.

berita kopi cherry

5. Tanzania Peaberry

Apa yang diekspektasi dari kopi ini:

  • Biji: Arabica Peaberry
  • Asal: Tanzania
  • Jenis: Single origin, Rekomendasi Light Roast
  • Catatan Tasting Notes: Rasa floral yang kompleks dan manis dengan nada berlapis dari jeruk, nanas atau kelapa
  • Aroma: Segar dan rada floral kompleks
  • Rekomendasi penyajian:: Drip, Seduh dengan filter

Peaberry kopi adalah biji tunggal, bentuk bulat. Kalau kopi biasa ceri kopi menampung 2 biji, berdampingan, masing-masing dengan sisi datar. Peaberry bentuknya beda dalam ceri.

Karena bentuknya yang bulat dan fakta bahwa biji ini lebih padat daripada kebanyakan biji kopi, biji kopi disangrai lebih seragam. Hanya sekitar 5% dari semua biji kopi terbaik dalam satu tanaman yang dianggap peaberry. Untuk mendapatkan banyak biji peaberry, penyortiran tangan secara manual yang ketat diperlukan untuk memisahkannya biji. Tenaga kerja tambahan ini meningkatkan harga lebih mahal.

Peaberry tersedia dari banyak daerah tetapi Peaberry dari Tanzania sangat populer karena cenderung memiliki keasaman yang lebih cerah, bentuk lebih kecil, dan nada gula merah serta kesuburan yang halus. Kopi baik di nikmati dengan sajian manual atau dripper otomatis.

6. Mandheling Sumatera

Apa yang diekspektasi dari kopi ini:

  • Biji: Arabica
  • Asal: Mandailing, Sumatera, Indonesia
  • Jenis: Single origin, Rekomendasi Dark Roast
  • Catatan Tasting Notes: Asam yang ringan dengan bentuk tubuh yang manis dan halus
  • Aroma: Bersahaja, lumut dan memberi semangat
  • Rekomendasi penyajian: Manual brew, French Press atau Espresso

Kopi ini dinamai orang Mandheling (Mandailing) yang berlokasi di Sumatera bagian utara. Kopi dari daerah ini cenderung memiliki keasaman yang lebih rendah dengan tubuh yang manis dan halus. Kopi dapat bervariasi dalam rasa dari kakao dan tembakau hingga bersahaja serta herba. Banyak orang memilih kopi Sumatra disangrai Dark Roast untuk menambah rasa manis dan rasanya yang hampir pedas.

Secara keseluruhan biasanya diolah dengan metode hibrida, mirip dengan penggilingan basah. Metode pengolahan ini mungkin merupakan faktor terbesar dalam hasil kopi. Bijinya bagus untuk Pot Moka Anda.

Biji Sumatra Mandheling adalah salah satu kontroversi besar dalam kopi. Peminum kopi cenderung menyukainya atau membencinya. Bagaimana dengan anda

Karena seluruh tubuhnya dan keasaman yang rendah, kopi ini sangat ideal dengan French Press..

7. Toraja

Apa yang diekspektasi dari kopi ini:

  • Biji: Arabica
  • Asal: Sulawesi
  • Jenis: Single origin, Rekomendasi Medium Roast
  • Catatan Tasting Notes: Sangat manis dan kompleks, dengan keasaman rendah, full body, dan beberapa aroma bersahaja serta herbal
  • Aroma: Bersahaja, seperti kayu apak
  • Rekomendasi penyajian: French Press dan Espresso

Sulawesi, dulu dikenal sebagai Celebes. “Toraja” adalah nama kelompok orang yang menanam dan memanen kopi di dataran tinggi bagian utara pulau Sulawesi.

Biasanya Kopi adalah bisnis keluarga di pulau ini. Keluarga menanam kopi di lahan mereka sebagai cara untuk menambah pendapatan bagi rumah tangga, tetapi seringkali bukan prioritas. Oleh karena itu, infrastruktur kopi tidak terlalu kuat. Ini mungkin alasan mengapa kopi ini tidak terlalu umum.

Biji kopi diolah sebagian oleh keluarga sebelum dijual kepada pengepul di pasar lokal. Para perantara ini kemudian memproses ke pabrik pengolahan yang lebih besar di mana biji benar-benar dikeringkan dan layak diperdagangkan.

Kopi terbaik dari Sulawesi sangat manis dan kompleks, dengan keasaman rendah, full body, dan beberapa aroma bersahaja serta herbal. Kopi ini direkomendasi roast medium-dark yang menonjolkan rasa manis dan full body.

Sempurna untuk mereka yang membenci kepahitan… karena sisa rasa pahit kopi seolah menghilang secara ajaib setelah tegukan pertama, meninggalkan sensasi menyenangkan di lidah Anda. .

8. Geisha Kosta Rika

Apa yang diekspektasi dari kopi ini:

  • Biji: Arabica
  • Asal: Kosta Rika
  • Jenis: Single origin, Rekomendasi Medium Roast
  • Catatan Tasting Notes: Body seperti teh, rasa Sparkling seperti jeruk, mangga, persik, dan melati
  • Aroma: Berada bunga dan lemon
  • Rekomendasi penyajian: Seduh manual

Meskipun secara teori Geisha dapat tumbuh di mana saja, biji Geisha dari sini memiliki reputasi khusus ketika tumbuh di Panama dan Kosta Rika. Estate paling terkenal adalah Hacienda La Esmeralda. Geisha awalnya ditemukan di Ethiopia, dekat kota Geisha. Baru pada tahun 1960-an varietas kopi ini sampai ke Panama.

Apa yang membuat Geisha unik? Ia memiliki tubuh seperti teh alami dengan banyak rasa yang jernih, cerah, dan sparkling seperti jeruk, mangga, persik, dan melati. Anda juga dapat mengambil beberapa catatan bergamot atau vanilla.

Ini adalah kopi yang sulit ditemukan karena beberapa alasan. Beberapa kafe menyajikannya dengan harga yang sangat mahal dan paling baik disajikan dengan menggunakan kopi filter. Kafe menyajikan minuman berbahan dasar susu, jadi tidak masuk akal bagi banyak orang untuk menyajikan kopi hitam. Anda mungkin belum pernah minum kopi seperti ini sebelumnya. Benar-benar unik. Jika Anda menikmati kopi yang lebih ringan dan lebih cerah, ini adalah salah satu yang perlu Anda coba.

9. Yirgacheffe Ethiopia

Apa yang diekspektasi dari kopi ini:

  • Biji: Arabica
  • Asal: Kosta Rika
  • Jenis: Single origin, Rekomendasi Light Roast
  • Catatan Tasting Notes: Body ringan, dengan rasa buah yang kompleks serta rasa sentuhan floral
  • Aroma: Bersahaja, dengan warna dasar kayu manis dan stroberi
  • Rekomendasi penyajian: Seduh manual

Ethiopia sendiri dianggap sebagai tempat kelahiran kopi dan biji dari Yirgacheffe yang tenar. Sidama adalah sebuah wilayah di Ethiopia yang memiliki mikroregion Yirgacheffe. Di dalam Yirgacheffe, bagaimanapun, ada beberapa wilayah yang lebih kecil: Adado, Aricha, Kochere, Konga, dan banyak lagi.

Kopi Ethiopia biasanya diproses basah, menghasilkan kopi yang ringan, hampir seperti teh, dengan biji yang kompleks dan aroma bunga.

Ketika disangrai dengan Light Roast, kopi ini sangat baik jika diteteskan atau didirp secara otomatis. Bisa juga menjadi es kopi yang menyegarkan.

Kopi dari Amerika Selatan, Afrika dan Indonesia memang selalu menjadi pilihan penikmat kopi di seluruh dunia. Mungkin Anda tertarik menyicipinya sebelum meninggalkan dunia ini dan jiwa Anda tenang pernah merasakan langit ketujuh dalam sirup-menyirup menikmati emas hitam ini.

Jangan lupa meninggalkan kesan dan pesan Anda pada kolom komentar.

Dapatkan updates langsung ke perangkat Anda, Join Sekarang.

Anda mungkin suka