8 Pemain Assist Terbanyak Sementara di Premier League 20/21

liga-inggris-assist-terbaik

Siapa yang bakal menyabet gelar Premier League Playmaker of the Season? Ini dia nama pemain sepak bola dengan assist terbanyak sementara di Liga Inggris 2020/2021.

Tujuan utama dalam permainan sepak bola adalah sebuah gol. Untuk mendapatkannya, seorang pemain membutuhkan umpan gol sempurna, disebut juga assist, dari rekan satu timnya. Dalam setiap pertandingan bola profesional, kontribusi tiap pemain dalam assist ini akan didokumentasikan dan diganjar penghargaan di akhir musim.

Kalau di ajang Liga Inggris (Premier League), penghargaan top assists dikenal dengan Premier League Playmaker of the Season. Jadi, siapa yang bakal menyabet gelar playmaker musim ini? Delapan nama berikut bisa jadi kandidat kuat.

Harry Kane

Posisi puncak dari pemain dengan top assist terbanyak sementara ini dipegang oleh penyerang dari klub Tottenham Hotspur. Ia berhasil memberikan umpan bola bagi timnya sebanyak sebelas kali dari total tujuh belas kali bertanding. Jumlah ini pasti akan terus bertambah seiring berjalannya musim liga hingga Mei 2021 mendatang.

Kevin De Bruyne

Kevin De Bruyne adalah pemegang top assist Liga Inggris di dua musim, yaitu musim 2017 – 2018 dan musim 2019 – 2020. Tahun ini, ia kembali hadir di dalam daftar sementara pemain dengan assist terbanyak.

Bruyne telah sukses memberikan umpan bola kepada pemain Manchester City sebanyak sembilan kali. Total inilah yang kemudian menempatkan Kevin De Bruyne pada posisi kedua setelah Harry Kane.

Akankah Bruyne kembali membawa pulang penghargaan Playmaker musim ini? Kita tunggu saja sampai akhir liga.

Bruno Fernandes

Berada di puncak klasemen, Manchester United tidak ingin ketinggalan buat menyumbangkan beberapa nama pemain andalannya dalam daftar pemain dengan umpan gol terbanyak. Salah satunya adalah Bruno Fernandes. Pemain dengan nama lengkap Bruno Miguel Borges Fernandes ini tercatat sudah melakukan assist sebanyak tujuh kali selama pertandingan.

Jack Grealish

Gelandang bernomor punggung sepuluh dari Aston Villa, Jack Grealish, menjadi satu-satunya anggota tim yang bertengger di posisi delapan besar pemain dengan umpan gol terbanyak sementara ini. Ia telah sukses menyumbangkan tujuh umpan dan lima gol dari lima belas kali pertandingan.

Song Heung-Min

Pemain asal Korea Selatan ini memang penuh talenta. Ia ternyata tidak hanya mengambil posisi dalam top scorer saja, tetapi juga tercatat sebagai pemain dengan assist terbanyak dalam ajang Premier League tahun ini. Meski dengan catatan lima umpan gol sementara, Song Heung-Min bisa saja mengalahkan rekor Harry Kane di akhir musim.

Jamie Vardy

Dengan memberikan lima kali assist sempurna, Jamie Vardy berhasil mewakili klubnya, yaitu Leicester City, dalam daftar pemain dengan umpan gol paling banyak sementara. Berdasarkan data terbaru, belum ada anggota timnya yang tercatat dalam daftar top assist. Oleh sebab itu, inilah yang kemudian menjadikan pemain kelahiran 11 Januari 1987 di Sheffield, Britania Raya ini satu-satunya perwakilan klub.

Mateusz Klich

Urutan selanjutnya diisi oleh Mateusz Klich. Ia adalah pemain bola profesional pada posisi gelandang. Sekarang ini, Klich bermain untuk Leeds United F.C. dan Tim Nasional Sepak Bola Polandia. Dengan kemampuannya dalam memainkan strategi dan bola, ia mampu memberikan assist bagi anggota timnya sebanyak lima kali dari tujuh belas kali pertandingan.

Andrew Robertson

Andrew Robertson adalah pemain terakhir dalam daftar delapan besar pemain dengan umpan gol terbanyak sementara di Liga Inggris 2020/2021. Pemain muda asal Skotlandia ini menyumbangkan lima assist untuk klubnya, Liverpool F.C.

Sejatinya, catatan ini tentu lebih banyak bila dibandingkan rekan satu timnya Mohamed Salah yang hanya mampu melakukan tiga kali umpan gol.

Perlu diingat bahwa perubahan nama dan urutan pemain di atas bisa saja terjadi. Hal ini mengingat ajang sepak bola Liga Inggris masih terus berlangsung hingga pertengahan 2021.

Author: Syafiq Ali

Syafiq Ali aktif di dunia olahraga khususnya Basket dan tercatat menjadi pengurus di berbagai organisasi dan komunitas keolahragaan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *