7 Tips Mendampingi Anak Sekolah Online Selama Masa Pandemi

Siapa yang sudah mulai uring-uringan dengan perpanjangan masa sekolah online?

Anda nggak sendiri kok. Ada banyak orang tua berpikiran serupa dan merasa sudah kelelahan mendampingi anak sekolah online selama masa pandemi. Meski tahu ini keputusan terbaik, tetap saja butuh usaha ekstra untuk dapat membersamai anak saat belajar di rumah.

Memang tidak ada yang bisa Anda lakukan kecuali menerima itu, mengingat membuka sekolah kembali terlalu berisiko. Maka, agar Anda tetap sehat jiwa raga selagi mendampingi anak sekolah online selama masa pandemi, ikuti tujuh tips ini yuk!

1. Buat jadwal kegiatan anak sama seperti hari sekolah

Rutinitas tetap perlu! Terapkan jadwal serupa dengan hari sekolah anak sehingga ia pun bisa disiplin mengatur kegiatannya sehari-hari dan siap bersekolah. Lakukan pada semua aktivitas hariannya, seperti waktu bangun tidur, mandi, makan, sekolah, bermain, belajar, hingga tidur malam.

2. Persiapkan peralatan belajar

Gadget seperti laptop dan smartphone jadi senjata utama. Usahakan gadget sudah dalam posisi standby sekitar 30 menit sebelum waktu sekolah dimulai. Drama laptop nge-hang atau smartphone lambat pun dapat Anda antisipasi lebih awal. Jangan lupa cek juga paket internet apakah kuota masih mencukupi, kecuali di rumah sudah tersambung koneksi internet.

3. Kondisikan situasi rumah semaksimal mungkin

Jika memungkinkan, siapkan satu ruangan khusus anak belajar online. Misalnya, buat kelas kecil di kamar kerja Anda, lengkap dengan buku pelajaran dan alat tulis yang dibutuhkan. Apabila ada anak balita di rumah, beri si adik aktivitas lain agar ia tak sempat ‘mengganggu’ kakaknya yang tengah sekolah.

4. Sediakan buku khusus mencatat tugas harian anak

Tugas harian anak pasti tak sedikit jumlahnya. Informasi di grup Whatsapp bisa saja tenggelam oleh chat lain. Lebih baik sediakan buku khusus untuk mencatat tugas anak supaya mudah dipantau pengerjaannya.

5. Proaktif di grup kelas

Bersikap proaktif di grup kelas akan meringankan tugas guru lho. Guru tentu sudah cukup kewalahan menyiapkan materi dan mengajari anak-anak di sesi online meeting. Anda bisa memberi masukan atau bantu menjawab pertanyaan orang tua lain untuk memperlancar proses pembelajaran.

6. Siapkan diri seperti hendak mengantar anak sekolah

Tetap bangun pagi, sarapan, mandi, dan berpakaian rapi meski di rumah saja. Jangan lupa secangkir kopi atau teh hangat untuk membangun mood positif versi Anda. Dengan rutinitas sama seperti hendak mengantar anak sekolah, Anda pun lebih siap mendampingi si kecil belajar di rumah. Melihat Anda bersemangat, anak juga ikut bersemangat sehingga ia dapat lebih berkonsentrasi mengikuti pelajaran.

7. Bangun support group tempat berbagi cerita rutinitas di rumah

Benar, belajar online seolah tiada akhir. Tugas banyak, jadwal sekolah padat, sementara urusan rumah juga terus bergulir. Wajar sekali kalau Anda merasa lelah secara fisik dan psikis, terlebih jika anak yang bersekolah lebih dari satu atau ada balita dan bayi di rumah.

Maka, bangun support group sebagai tempat berbagi cerita soal kehebohan sekolah online di rumah. Mulai dengan sharing bersama pasangan, sesama orang tua murid di kelas anak, sampai teman-teman yang mengalami hal serupa. Anda bukan satu-satunya orang yang mengalami perasaan ini. Curhat mampu meringankan beban perasaan dan pikiran. Anda pun lebih siap mendampingi anak-anak bersekolah di rumah.

Demikian tujuh tips mendampingi anak sekolah online selama masa pandemi yang bisa Anda coba. Kemungkinan pembelajaran jarak jauh berlangsung hingga akhir tahun terbuka lebar mengingat belum ada tanda-tanda penurunan jumlah kasus covid-19.

Maka, berdamai dengan situasi ini jadi satu-satunya hal yang bisa Anda lakukan, setuju?

Semoga tips tadi bermanfaat ya!

Anda mungkin suka