7 Sebab Utama Mengapa Anda Harus Bergabung Dengan Komunitas Online

Jika Anda aktif online, Anda harus mempertimbangkan untuk bergabung dengan forum komunitas online di mana Anda dapat mendiskusikan minat sesuai topik, berita atau politik dengan orang-orang yang berpikiran sama

Poin:

  • Alasan Mengapa Anda Harus Bergabung Dengan Komunitas Online
  • Belajar secara berkesinambugan dengan peer Anda di Internet
  • Mencegah depresi, kesembuhan psikologis dengan komunitas
  • Berkounitas online itu biasanya gratis

Tikum Komunitas – Jika Anda aktif online, Anda harus mempertimbangkan untuk bergabung dengan forum komunitas online di mana Anda dapat mendiskusikan minat sesuai topik, berita atau politik dengan orang-orang yang berpikiran sama. Berikut tips Mengapa Anda Harus Bergabung Dengan Komunitas Online.

Baik Anda berkebun, hiking, bersepeda motor, mengamati burung atau melukis, ada grup sosial yang menunggu Anda. Tidak peduli apa hobi Anda, ada kemungkinan orang yang berpikiran sama ingin berbagi minat yang sama. Dan yang terbaik, hampir semua forum komunitas online gratis.

ews komunitas online yes 2

Para Psikolog setuju bahwa kelompok sosial membantu membuat orang tetap terhubung. Kelompok sosial sangat penting, terutama bagi mereka yang berusia di atas 50 tahun, dan dukungan sosial adalah salah satu penyangga utama terhadap gangguan depresi dan peningkatan kesejahteraan mental. Ini sangat penting untuk keterlibatan dan tetap terhubung setelah anak-anak meninggalkan rumah dan memberikan pengejaran yang sangat berarti untuk dinantikan.

Para peneliti telah menyarankan bahwa penggunaan internet yang mempromosikan perolehan informasi dan pembangunan komunitas – seperti forum diskusi online, jejaring sosial dan blogging lebih berkorelasi positif dengan membangun hubungan, daripada penggunaan yang berkaitan dengan hiburan dan pengalihan seperti media sosial, permainan atau menonton online film.

Jadi, apa itu grup minat online, komunitas, dan forum?

Komunitas online adalah komunitas yang terbentuk di Internet. Komunitas adalah sekelompok orang yang berinteraksi, berbagi, dan bekerja menuju tujuan bersama. Sedangkan tetangga dapat berkomunikasi di halaman mereka, di komunitas online, anggota berinteraksi melalui platform online seperti forum komunitas, media sosial atau email.

Anggota komunitas daring membicarakan hal yang sama dengan teman daring mereka seperti halnya tetangga offline mereka, tetapi mereka juga membahas topik, produk, atau alasan tertentu untuk berbagi ide, menawarkan kiat, atau bertindak sebagai mentor. Sering kali, mereka bergabung dengan komunitas karena orang-orang di rumah di dunia offline tidak berbagi gairah yang sama. Jadi mereka datang online untuk berbicara panjang lebar dengan orang-orang yang ‘mengerti’.

Jadi sekarang kita tahu mengapa kelompok sosial ini dibuat, mari kita telusuri tujuh alasan mengapa Anda harus mempertimbangkan untuk menjadi bagian dari komunitas online:

7 Alasan Mengapa Anda Harus Bergabung Dengan Komunitas Online

news komunitas online yes 3

1. Berpartisipasi dalam percakapan dengan orang-orang yang memiliki minat yang sama

Salah satu kelebihan komunikasi online adalah memungkinkan orang memenuhi kebutuhan yang tidak terpenuhi secara offline. Misalnya, orang-orang dengan minat yang tidak jelas dapat bergabung dengan forum diskusi online untuk mendapatkan informasi atau dukungan sosial yang tidak tersedia di komunitas mereka sendiri. Forum komunitas online sangat bagus untuk tetap aktif dalam topik-topik yang menurut Anda menarik, dan memungkinkan Anda untuk mendiskusikan masalah-masalah yang Anda tidak ingin diskusikan secara offline dengan teman atau keluarga.

2. Anda selalu belajar sesuatu yang baru tentang hobi atau minat Anda

Tepat ketika Anda berpikir Anda tahu segalanya tentang hobi Anda, seseorang memposting sesuatu yang baru. Komunitas online adalah sumber informasi yang hebat dan bahkan dapat membantu Anda menjadi lebih produktif. Dengan sejumlah besar pengguna berkontribusi untuk kebaikan yang lebih besar, kemungkinan tidak terbatas! Ada banyak orang online yang menarik, cerdas, dan kreatif yang berbagi kiat dan trik untuk Anda dan seluruh komunitas.

3. Menawarkan beragam hobi atau bidang minat yang sesuai

Tidak masalah bidang atau hobi apa yang Anda minati, Anda dapat memastikan bahwa setidaknya ada satu komunitas besar di luar sana dengan orang-orang yang berbagi antusiasme Anda. Mungkin Anda suka fotografi, berbagi perdagangan, politik, memasak atau olahraga – Anda benar-benar akan menemukan ratusan jejaring sosial yang dapat Anda ikuti, gratis, hanya dalam beberapa klik. Komunitas menyatukan pengguna dari segala usia dari seluruh dunia.

4. Bagikan dan terima umpan balik dari orang-orang dengan minat yang sama

Berbagi pendapat adalah bagian besar dari komunitas mana pun, dan itu membuatnya menjadi tempat yang sangat baik untuk memposting beberapa pekerjaan, pemikiran, atau ide Anda dan melihat pendapat orang lain tentang itu. Skenario kasus terburuk, Anda belajar bagaimana meningkatkan diri sendiri. Umpan balik selalu disambut, terutama dari orang-orang yang menikmati hal-hal yang sama yang Anda lakukan.

Skenario terbaik adalah Anda menerima pengakuan atas pekerjaan yang dilakukan dengan baik. Namun, jangan lupa untuk menjadi anggota komunitas yang aktif dengan bergabung dalam diskusi dan dengan memberikan umpan balik kepada orang lain juga. Penting untuk tidak memperlakukannya sebagai corong satu arah karena individu ada di sana karena alasan yang sama dengan Anda.

5. Hubungan online sama bermanfaatnya dengan hubungan offline

Komunitas daring semuanya tentang interaksi sosial, tetapi ada kepercayaan dari beberapa orang bahwa teman dan hubungan daring bukan “hal yang nyata”. Ini belum tentu benar. Komunikasi adalah dasar dari hubungan seperti itu terlepas dari bagaimana Anda berkomunikasi. Selain itu, ingatlah ada orang sungguhan di ujung lain dari garis itu, dan jika komunitasnya cukup besar Anda bahkan dapat menemukan orang yang tinggal dekat dengan Anda dan berkumpul.

Beberapa orang mungkin mempertanyakan, “mengapa membuang waktu dengan komunitas daring saat Anda bisa keluar bersama teman-teman Anda?” Dalam kebanyakan kasus, teman Anda tidak akan berbagi semua minat dan topik yang sama. Komunitas online difokuskan untuk memungkinkan siapa saja yang memiliki minat yang sama untuk mendiskusikan semua jenis percakapan. Selain itu, komunitas dapat meminta ratusan atau ribuan orang membicarakan topik tertentu, yang tidak mungkin dilakukan secara offline!

6. Mencegah timbulnya depresi (atau pemulihan dari depresi)

Pada tingkat individu, identifikasi kelompok telah sangat terkait dengan kesehatan dan kesejahteraan, baik dalam hal penanganan yang efektif dengan stresor situasional maupun dalam jangka panjang. Misalnya, kumpulan pekerjaan yang signifikan terakumulasi yang menunjukkan keanggotaan kelompok sosial, dan lebih khusus lagi, keterlibatan dalam kegiatan yang terkait dengan kelompok tersebut, dapat memainkan peran perlindungan yang signifikan baik pada permulaan maupun pemulihan dari depresi.

7. Sebagian besar forum online dan platform komunitas GRATIS

Hampir semua komunitas online gratis. Yang Anda butuhkan hanyalah koneksi internet dan alamat email dan Anda siap! Anda bisa bertemu dan berinteraksi dengan pengguna, berbagi ide dan umpan balik, semuanya gratis. Anda bahkan dapat memulai komunitas daring Anda sendiri jika Anda tidak dapat menemukan grup apa pun tentang topik menarik yang dapat dicari.

Tetapi sebagai peringatan, jangan memberikan terlalu banyak informasi pribadi tentang diri Anda dan terutama informasi perbankan apa pun. Sementara mayoritas mungkin berada di platform untuk alasan yang sama seperti Anda, penting untuk bersikap skeptis terhadap siapa pun yang meminta terlalu banyak informasi pribadi.

Mulailah hari ini!

Langsung online dan cari topik atau hobi yang Anda minati dan akan senang mengobrol lebih banyak. Mungkin catur, footy, perdagangan saham, kesehatan mental, penjelajahan semak, anggur atau wiski, mobil antik, perhiasan antik, politik, APA SAJA! Apa pun itu, kemungkinan ada komunitas forum online di luar sana. Beberapa mungkin berbasis di Australia, atau internasional. Itu bagian yang fantastis dari online, jangkauan Anda bersifat global.

Kami telah mencantumkan beberapa topik acak sebagai contoh. Seperti yang akan Anda lihat dari daftar, pencarian tidak terbatas. Tempat yang bagus untuk memulai mungkin dengan papan diskusi Gaya Hidup Whirlpool . Mereka memiliki 837.641 anggota terdaftar dan menawarkan beragam diskusi.

Kiat untuk menemukan grup komunitas yang Anda minati

Berikut adalah beberapa teknik pencarian yang membantu Anda memulai. Ini akan berbeda-beda tergantung pada apa yang Anda cari tetapi merupakan blok bangunan yang baik:

  • Mulailah dengan: forum komunitas atau grup minat daring, atau yang serupa
  • Hanya gunakan kata kunci dalam pencarian Anda (yaitu berlari, berbagi perdagangan, memahat, berkebun, Alzheimer)
  • Persempit komunitas Anda ke wilayah tertentu (yaitu negara, negara bagian, kota, atau tinggalkan sepenuhnya jika Anda ingin memasukkan semua wilayah dan negara)
  • Termasuk kelompok umur (mis. Lebih dari 60, 60-70)
  • Masukkan gender jika Anda hanya menginginkan partisipasi wanita atau pria
  • Termasuk tingkat keahlian atau preferensi (mis. Dasar-dasar teknologi, pesta nasional liberal, seni lukis canggih, aerobik air)

Semoga berhasil, dan bisa menjawab Mengapa Anda Harus Bergabung Dengan Komunitas Online. Selamat menikmati bersosialisasi Sobattikum

Dapatkan updates langsung ke perangkat Anda, Join Sekarang.

Anda mungkin suka