7 rekor yang diprediksi bakal pecah di UEFA EURO 2020

Tikum Bola – Ajang olahraga EUFA EURO 2020 kali ini cukup unik. Pasalnya, ada 7 rekor yang diprediksi bakal pecah. Mau tahu apa saja? Cek di sini!

Ajang olahraga bergengsi yang sangat ditunggu-tunggu, UEFA EURO 2020, sudah dimulai di Roma pada 12 Juni yang lalu. Sama dengan kompetisi lainnya, ada banyak hal yang membuat para penggemar bola penasaran dengan ajang yang satu ini. Mulai dari babak yang seru, pertandingan antarpemain terkenal, pemenang yang mengejutkan, dan, tak ketinggalan, pemecahan rekor.

Ada banyak rekor dan tonggak bersejarah yang bakal tercipta maupun terpecahkan di EURO 2020. Namun, 7 rekor berikut ini tak boleh dilewatkan dan harus Anda cermati!

1. Gol terbanyak sepanjang sejarah EURO

Michel Platini memegang rekor untuk gol paling banyak dalam satu turnamen, yakni 9 gol. Pemain-pemain jagoan lain, seperti Romelu Lukaku, Cristiano Ronaldo, dan Kylian Mbappe, tampaknya akan memecahkan rekor ini.

Cristiano Ronaldo sendiri sudah mencetak 9 gol, setara dengan legenda Prancis yang meraih jumlah tersebut di ajang edisi 1984, Michel Platini. Sang kapten Portugis setidaknya menorehkan satu gol masing-masing dalam 4 kali kemunculannya. Selain itu, ada pula Antoine Griezmann, kandidat potensial yang sudah mencetak 6 gol.

2. Total gol di EURO 2020

Kompetisi kali ini memperbanyak formatnya menjadi 24 tim, dari yang sebelumnya hanya 16 tim di EURO 2016. Hal ini membuat lebih banyak pertandingan yang dimainkan. Pada edisi pertandingan sebelumnya, gol yang berhasil dicetak adalah 108.

Sekarang, dengan keikutsertaan Asisten Wasit Video atau Video Assisten Referee (VAR), kelihatannya jumlah tersebut bakal dilampaui di EURO 2020. Teknologi ini membantu memberikan lebih banyak penalti sejak kemunculannya. Meskipun demikian, VAR juga tidak mengizinkan beberapa gol. Jadi, kita tunggu saja hasil akhirnya!

3. Kekalahan Rusia dan Denmark

Denmark dan Rusia berbagi rekor yang sama untuk kekalahan paling banyak sepanjang sejarah kejuaraan EURO. Masing-masing memiliki jumlah kekalahan sebanyak 15 kali. Tampaknya, pada UEFA EURO 2020, tidak ada tanda-tanda tim yang akan memecahkan rekor ini.

4. Kemunculan paling banyak tanpa progres dari babak tim

Rekor ini tentu saja tidak untuk dibanggakan oleh tim mana pun. Namun, sepertinya Ukraina, Austria, dan Skotlandia bakal menempati posisi yang tidak mereka inginkan. Bersamaan dengan Bulgaria, ketiga tim tersebut sudah bermain dua kali dalam pertandingan, tetapi tak menampakkan kemajuan sama sekali.

5. Ali Daei

Ali Daei merupakan pencetak gol internasional terbaik dengan total 109 gol untuk tim Iran. Sayangnya, Cristiano Ronaldo berpotensi memecahkan rekor ini di ajang EURO 2020.

6. Jumlah rata-rata penonton terendah

Rata-rata jumlah penonton paling rendah di setiap babak diraih oleh EURO 1960, yakni sebanyak 19.740. Berhubung saat ini sedang ada regulasi COVID-19, kelihatannya rekor ini bakal terpecahkan.

7. Pencetak gol termuda

Pada turnamen EURO, Johan Vonlanten dari Swiss dinobatkan sebagai pencetak gol paling muda. Dia mencetak skor ketika masih berusia 18 tahun 144 hari di ajang EURO 2004. Selama ini, belum ada yang bisa memecahkannya.

Namun, ada dua pemain yang diprediksi bisa melampaui Johan di EURO 2020. Sebut saja, bintang baru Borussia Dortmund, Jude Bellingham, yang dipanggil ke skuad Inggris. Usianya belum beranjak 18 tahun sampai akhir bulan Juni 2021.

Selain itu, ada juga Kacper Kozlowski dari Polandia yang berumur lebih muda 109 hari dari Bellingham. Artinya, kedua pemain termuda ini akan berlomba memperebutkan rekor tersebut.

Wah, banyak sekali rekor yang diprediksi bakal ada di UEFA EURO 2020, ya! Manakah rekor yang Anda nantikan? Atau punya pandangan lain tentang hal ini? Langsung saja tulis pendapat di kolom komentar, ya!

Anda mungkin suka