7 Rekomendasi Kuliner TikTok yang Sering Masuk FYP

TikTok tidak hanya dapat mengasah kreativitas saja, tetapi juga menjadi sarana populer untuk promosi di masa pandemi ini.

TikTok tidak hanya dapat mengasah kreativitas saja, tetapi juga menjadi sarana populer untuk promosi di masa pandemi ini.

Masih ingat dengan kue odading yang viral pada pertengahan tahun 2020 lalu? Gara-gara viral di TikTok, omzet penjualan odading milik Pak Soleh di Bandung menjadi meningkat drastis. Tidak hanya odading, berbagai menu kuliner juga sempat viral di TikTok alias langganan masuk FYP (Beranda) para pengguna TikTok. Beberapa di antaranya adalah :

1. Ayam Goreng Gohyong Malaya

Lokasinya ada di daerah Menteng, Jakarta Pusat. Kedai bernama Warung Gaul Ayam Malaya ini memiliki dua menu unggulan, yaitu ayam malaya dan gohyong.

Ayam malaya adalah ayam tanpa tulang yang dibalut dengan tepung kemudian digoreng lalu disiram dengan saus asam manis. Gohyong sendiri berisi cincangan daging ayam lalu dilapisi telur dan digoreng. Semenjak viral, warung ini selalu ramai pembeli yang mengharuskan mereka mengantre.

2. Cicongfan

Aslinya berasal dari Medan dan merupakan jajanan khas yang biasa dijajakan secara keliling. Cicongfan memiliki bentuk lembaran seperti kwetiau yang terbuat dari tepung beras dan tang mien. Cicongfan disajikan dengan kuah asam manis atau kecap asin lalu ditaburi dengan bawang goreng berlimpah dan bisa dinikmati bersama dengan gorengan lainnya. Kini di beberapa restoran tertentu, cicongfan juga menjadi salah satu menu andalannya.

3. Mie Ayam Teman

Terletak di daerah Ciledug, yang istimewa dari mie ayam satu ini adalah semua bahannya diproduksi sendiri. Mulai dari mie-nya, bakso dan pangsit, hingga es batu yang digunakan, semuanya dibuat sendiri. Porsi mie juga cukup banyak dan harganya sangat bersahabat. Uniknya lagi, untuk memasak ayamnya, digunakan kuali dengan diameter 1 meter. Sehari, ayam yang dimasak bisa mencapai dua kuali.

4. Bakso Lobster

Sempat viral juga pada tahun 2020 lalu, pembeli bisa mengantre hingga empat jam hanya demi semangkuk bakso lobster saja. Penyebab utama bakso ini mendadak naik daun adalah karena harganya yang murah. Ditambah lagi, ada promosi dari beberapa influencer yang merekomendasikan kedai bakso yang berlokasi di bilangan Sukatani, Bekasi ini.

5. Bubur Angke THI

Lupakan dulu perdebatan bubur diaduk atau tidak diaduk; penggemar bubur pastinya harus mencoba kuliner Bubur Angke THI. Berlokasi di daerah kompleks Taman Harapan Indah, Jelambar, Jakarta Barat, tempat makan satu ini sangat legendaris. Jangan kaget bila datang ke sini harus sabar mengantre agak lama.
Selain bubur ayam, menu khas lain yang tersedia di sini adalah Pek Cam Ke atau ayam rebus. Rasa buburnya cukup gurih dan ayam rebusnya lembut serta juicy. Kita juga bisa meminta tambahan telur mentah yang akan diaduk ke dalam bubur.

6. Ketoprak Indomie

Berawal dari ketidaksengajaan pembeli yang memesan ketoprak dan indomie dengan digabung, justru sekarang menjadi salah satu kuliner viral yang banyak diminati. Lokasinya ada di Jalan EduTown, Kav. Dormitory, BSD, Tangerang. Satu porsi ketoprak indomie dibanderol hanya Rp20.000 saja. Kedai ketoprak indomie buka mulai jam 7 malam hingga jam 4 pagi.

7. Soto Mie Puri Pak H. Darjo

Bagi warga Puri Kembangan, warung soto mie Pak H. Darjo ini tentunya sudah tidak asing lagi. Tempat makan yang buka sejak 1989 lalu ini memiliki menu andalan berupa soto mie Bogor, tetapi dengan modifikasi rasa yang membuatnya makin diminati. Salah satunya adalah tambahan bakso pada soto yang menjadikannya beda dari soto mie lainnya.

Ciri khas lain yang ada di warung soto Pak H. Darjo ini adalah risolesnya yang panjangnya mencapai 1 meter—lebih panjang dari risoles yang ada di soto mie Bogor pada umumnya.

Selain ketujuh kuliner di atas, masih banyak lagi makanan-makanan lain yang juga sering viral di TikTok. Yuk, kita sempatkan berburu aneka makanan viral lainnya!

Dapatkan updates langsung ke perangkat Anda, Join Sekarang.

Anda mungkin suka