7 Pemain Sepak Bola Dunia dengan Total Pendapatan Terbanyak Di 2020

pemain termahal bola

Popularitas bintang sepak bola tak kalah dari selebriti. Kemasyhuran tersebut juga berdampak pada pundi-pundi pendapat yang diperoleh, baik berasal dari dalam maupun luar lapangan.

Kepopuleran sepak bola sebagai olah raga yang mempunyai banyak penggemar di seluruh dunia tidak perlu diragukan. Karena itu, para bintang lapangan hijau tak ayal turut menjadi populer seperti selebriti.
Popularitas para atlet sepak bola juga berdampak pada pendapatan yang diperoleh. Tak tanggung-tanggung, pendapatan mereka bahkan menembus triliunan rupiah. Adapun tujuh pemain sepak bola dengan bayaran tertinggi berdasarkan data dari Forbes per 2020 adalah sebagai berikut.

Lionel Messi

Rasa-rasanya tidak mengherankan jika nama Lionel Andrés “Leo” Messi berada dalam urutan pertama daftar ini. Atlet asal Argentina ini merupakan kapten tim nasional sepak bola Argentina dan klub Barcelona FC. Penyerang ini bahkan menjadi pencetak gol terbanyak sepanjang sejarah Barcelona FC.

Forbes mencatat total pendapatan Messi senilai $126 juta. Sebanyak $92 juta diperoleh dari gaji sebagai atlet dan $34 juta diperoleh dari endorsement.

Cristiano Ronaldo

Pun demikian dengan pemain asal Portugal satu ini. Pemain di sisi sayap kiri maupun kanan dan penyerang tengah ini menjadi rebutan banyak klub sepak bola elite di samping setia menjadi anggota timnas Portugal. Sebelum bergabung dengan Juventus, Ronaldo pernah bermain bersama Real Madrid dan Manchester United.

Total pendapatan Ronaldo tak kalah fantastis, yakni $117 juta. Pendapatan tersebut terdiri atas $70 juta dari gaji atlet dan $47 juta dari endorsement.

Neymar Jr.

Neymar da Silva Santos Junior merupakan pemain sepak bola profesional dari Brasil. Kini, dia bergabung dengan klub Perancis Paris Saint-Germain (PSG) sebagai penyerang atau pemain sayap. Prestasi Neymar Jr. cukup mengesankan dan bahkan mendapat pujian dari legenda pesepak bola, Pelé dan Ronaldinho.

Neymar Jr. menempati urutan ketiga dengan total pendapatan sebesar $96 juta. Penghasilannya sebagai pemain mencapai $78 juta, sementara sisanya $18 juta berasal dari endorsement.

Kylian Mbappe

Satu lagi pemain PSG yang berada dalam daftar pemain sepak bola dengan pendapatan tertinggi adalah Kylian Mbappé Lottin. Atlet kelahiran Paris, Perancis ini bermain untuk posisi striker baik saat membela PSG maupun tim nasional Perancis.

Pada usianya yang terbilang cukup muda ini, Mbappe berhasil memperoleh $42 juta. Total pendapatan tersebut berasal dari gaji pemain sebesar $28 juta dan endorsement sebesar $14 juta.

Mohamed Salah

Penyerang asal Mesir, Mohamed Salah Ghaly, berhasil menduduki urutan kelima. Salah pernah memperkuat beberapa tim besar meski sebagian di antaranya bersifat temporer dan dipinjamkan. Adapun tim yang pernah diisi oleh Salah adalah El Mokawloon, Basel, Chelsea, Fiorentina, AS Roma, dan kini Liverpool.

Anggota timnas Mesir ini mengukuhkan dirinya sebagai salah satu pemain sepak bola profesional dengan total pendapatan senilai $37 juta. Sebesar $34 juta merupakan hasil gajinya, sementara $13 juta sisanya berasal dari endorsement.

Paul Pogba

Paul Labile Pogba kini membela Manchester United dan tim nasional negara kelahirannya, Perancis. Perjalanan karir profesional gelandang tengah ini dimulai dari Manchester United pada tahun 2010, lalu bergabung dengan Juventus pada 2012 sebelum akhirnya kembali menjadi bagian The Red Devils pada 2016.

Total pendapatan Pogba mencapai $34 juta. Sekitar 80 persen penghasilannya, yakni $28 juta berasal dari gaji pemain dan sisanya, $6 juta, berasal dari endorsement.

Antoine Griezmann

Posisi ketujuh ditempati oleh pemain asal Perancis Antoine Griezmann. Setelah membela Atletico Madrid, atlet yang bermain sebagai penyerang dan anggota timnas Perancis ini bergabung dengan Barcelona.

Griezmann memiliki total pendapatan sebesar $33 juta. Penghasilan utamanya sebagai pemain adalah $28 juta, sedangkan $5 juta sisanya berasal dari endorsement.

Setelah tujuh pemain tersebut, Forbes mencatat Gareth Bale (Real Madrid), Robert Lewandowski (Bayern Munich), dan David de Gea (Manchester United) sebagai pesepak bola dengan pendapatan tertinggi di urutan kedelapan, kesembilan, dan kesepuluh.

Author: David Mercyano

Senior Jurnalist Tikum | Lahir dan tinggal di Jakarta

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *