7 Hidangan Khas Italia nan Menggoyang Lidah Para Food Hunter!

Hai, food hunter! Sedang mencari “buruan” baru yang menggoyang lidah? Yuk, cicipi tujuh hidangan lezat khas Italia berikut ini!

Sejak beratus-ratus abad yang lalu, kuliner Italia telah menjadi bagian dari kekayaan budaya dunia. Keistimewaan masakan dari negeri ini ialah kesegaran bahan-bahan bumbunya. Masyarakat Roma nonbangsawan terbiasa memakai bahan masakan dari ladang, kebun, dan peternakan mereka sendiri. Budaya ini terus berkembang sehingga hidangan Italia yang autentik dianggap sebagai simbol kehangatan keluarga.

Penasaran ingin mencicipi? Nah, berhubung variasi kuliner Italia sangat beragam, tentu akan repot jika harus menjajal semuanya sekaligus. Tak perlu bingung! Kami rekomendasikan 7 hidangan khasnya untuk para food hunter berikut ini!

1. Lasagna

Italia memiliki jenis pasta yang variatif. Namun, pasta yang satu ini tidak boleh sampai Anda lewatkan. Lasagna merupakan hidangan pasta yang dipanggang dan diisi dengan beragam pelengkap, seperti makanan laut, sayur-mayur, dan daging. Pasta lasagna berbentuk persegi panjang dan biasanya ditumpuk satu sama lain. Tekstur pasta yang lembut dan agak kenyal dipadu dengan gurihnya isian bikin ketagihan!

2. Ravioli

Satu lagi jenis pasta yang unik. Kalau pertama kali melihat ravioli, bentuknya memang seperti bantal-bantal kecil. Kuliner ini berupa pasta pipih yang disisipi aneka isian. Bagi Anda yang kurang menyukai daging, bisa menjajal ravioli isi jagung atau ubi bit merah. Ingin yang manis-manis? Coba saja ravioli isi cokelat keju!

3. Risotto

Jenuh dengan masakan berbahan pasta? Food hunter bisa coba kuliner nasi campur ala Italia! Risotto memiliki pelengkap yang variatif. Mulai dari sotong, sumsum tulang sapi, sosis daging, kacang polong, hingga jamur. Teksturnya yang creamy dan lembut di lidah pasti membuat Anda ingin coba lagi!

4. Focaccia

Berikutnya, ada focaccia, yakni roti polos yang dibumbui dengan rempah-rempah. Adonan dasar roti ini mirip dengan piza alias menggunakan tepung protein tinggi. Pertama-tama, adonan akan diletakkan pada loyang, lalu diolesi minyak zaitun. Hal unik dari focaccia adalah lesung-lesung kecil pada permukaan roti yang dibuat dengan tekanan ujung jari sebelum dipanggang. Setelah itu, roti akan ditaburi pelengkap, seperti bumbu kasar, garam, dan rosemari.

5. Minestrone

Kalau suka masakan berkuah, Anda patut mencicipi minestrone. Kuliner ini berupa sup kental dari tomat dengan beragam isian. Misalnya, pasta, wortel, potongan tomat. Bisa dibilang, minestrone merupakan makanan paling merakyat di Italia karena dapat memakai bahan-bahan seadanya di dapur.

Setiap daerah mempunyai resep minestrone yang berbeda. Sebagai contoh, resep dari Toscana yang menggunakan kacang polong sebagai bahan utama. Kemudian, ada juga minestrone ala Lombardy yang menyertakan keju parmesan dan labu air.

6. Polenta

Ingin mencicipi bubur unik ala Italia? Ada masakan bernama polenta, yakni bubur berbahan tepung jagung yang dapat disajikan dalam keadaan panas atau dingin. Walau tampak sederhana, ternyata mengolah polenta butuh waktu sekitar 45 menit, lo. Cukup lama, ya? Selain lembut dan lezat, polenta juga mengandung karbohidrat kompleks sehingga aman untuk gula darah.

7. Fiorentina

Italia punya hidangan bistik khas sendiri, lo. Namanya adalah fiorentina. Kuliner ini membutuhkan ketelitian tinggi dalam pembuatannya dan disebut-sebut memiliki ciri-ciri dari masakan terbaik Italia. Mengapa begitu?

Pasalnya, fiorentina membutuhkan potongan daging yang spesifik, yaitu tulang T setebal kira-kira 5 cm dari pinggang sapi Chianina. Selain itu, bistik ini harus dimasak secara merata di setiap sisi, sedangkan bagian tengahnya dibiarkan mentah. Unik, ya?

Bagaimana, food hunter? Tertarik untuk mencicipi masakan-masakan di atas? Anda dapat membuat sendiri di rumah atau datang ke restoran Italia terdekat. Apabila ingin yang lebih autentik, tak ada salahnya berlibur ke negeri tersebut untuk berwisata kuliner!


RFID Vintage Business Passport Covers Holder Multi-Function ID Bank Card PU Leather Wallet Case Travel Accessories
Anda mungkin suka