7 Hewan Endemik Indonesia yang Terancam Punah

Selain suku, budaya, dan kuliner, Indonesia juga memiliki keanekaragaman hewan endemik yang begitu ikonik. Sebut saja orang utan dan jalak Bali. Di antara spesies yang ada, tahukah Anda beberapa di antaranya termasuk kategori hewan langka yang terancam punah?

Tikum Animal Lovers – Sudah tahu 7 hewan endemik Indonesia yang keberadaannya terancam punah? kalau belum, yuk, cari tahu lebih detail lewat ulasan berikut ini.

Selain suku, budaya, dan kuliner, Indonesia juga memiliki keanekaragaman hewan endemik yang begitu ikonik. Sebut saja orang utan dan jalak Bali. Di antara spesies yang ada, tahukah Anda beberapa di antaranya termasuk kategori hewan langka yang terancam punah?

Pemburuan liar dan perusakan habitat asli oleh pihak tidak bertanggung jawab menjadi faktor utama yang mengakibatkan kepunahan sejumlah hewan endemik Indonesia. Oleh karena itu, penting bagi kita untuk bersama-sama melindungi dan melestarikan keberadaan hewan-hewan berikut ini.

7 Hewan Endemik yang Terancam Punah

1. Babi Rusa

Babi rusa merupakan fauna asli Sulawesi yang keberadaannya terancam punah. Hewan ini disebut babi karena secara taksonomi termasuk famili Suide sama dengan famili babi lainnya. Sementara kata rusa diberikan karena adanya taring panjang yang menyerupai tanduk rusa.

Babi rusa banyak hidup di kawasan hutan hujan dataran rendah yang memiliki rawa, aliran sungai, dan ceruk air. Di antara 4 sub spesies babi rusa yang ada di Sulawesi, 1 spesiesnya telah dinyatakan punah, sementara 3 sub spesiesnya masih bertahan.

2. Kura-Kura Leher Ular

Hanya bisa ditemukan di lahan basah Pulau Rote, Nusa Tenggara Timur, kura-kura leher ular memiliki bentuk unik karena lehernya berukuran panjang dan kepalanya menyerupai ular.

Kura-kura leher ular umumnya hidup di daerah rawa, sawah, dan danau. Saat ini jumlah kura-kura leher ular semakin menyusut hingga akhirnya perdagangannya dilarang per tahun 2001 lalu.

3. Burung Maleo

Satu lagi fauna khas Sulawesi yang termasuk kategori hewan langka adalah burung Maleo. Satwa ini banyak hidup di kawasan pesisir pantai dan hutan. Berbeda dengan burung pada umumnya, tampilan burung Maleo terlihat unik karena benjolan di kepalanya yang menyerupai konde.

Satu lagi, hewan endemik Indonesia ini juga dikenal sebagai burung paling romantis dan setia pada pasangannya, lho. Akibat pemburuan telur dan perusakan habitat aslinya membuat jumlah Maleo semakin hari semakin sedikit.

4. Jalak Bali

Jalak Bali juga biasa disebut sebagai Curik Bali. satwa ini banyak ditemukan di bagian barat Pulau Bali. Memiliki bulu berwarna putih bersih dengan corak biru mengitari area mata menjadi ciri khas dari jalak Bali.

Saat ini keberadaan jalak Bali bisa ditemukan di Taman Nasional Bali Barat. Sebagai satwa langka, menurut para ahli hanya ada belasan ekor jalak Bali yang masih bertahan hidup secara bebas di alam liar.

5. Anoa

Memiliki nama latin Bubalus, anoa merupakan herbivor khas Sulawesi Tenggara dan termasuk ke dalam spesies lembu kecil. Anoa termasuk hewan penyendiri dan punya sifat pemalu.

Siklus perkembangbiakan anoa juga terbilang lambat. Dalam satu tahun satwa ini hanya mampu melahirkan satu bayi dengan waktu kehamilan antara 276-315 hari. Akibat pemburuan liar dan perusakan habitat, keberadaan anoa semakin langka dari ke hari.

6. Badak Jawa

Badak Jawa menjadi hewan mamalia terlangka di dunia. Meski begitu, hewan endemik Indonesia ini masih bisa ditemukan di kawasan Taman Nasional Ujung Kulon. Berbeda dengan spesies badak lainnya yang memiliki cula dua, badak Jawa hanya memiliki satu cula.

Selain pemburuan dan rusaknya habitat, perkembangbiakan yang lambat menjadi alasan mengapa badak Jawa masuk ke dalam kategori langka. Rentang usia badak Jawa adalah 40-45 tahun dengan masa kehamilan antara 15-16 bulan.

7. Orang Utan

Siapa sih yang tak kenal dengan primata asli Indonesia ini? Orang utan banyak tinggal di Pulau Sumatera dan Kalimantan.

Sebenarnya orang utan memiliki masa hidup yang lama, sekitar 50-60 tahun. Berbeda dengan orang utan yang hidup di alam liar, masa hidupnya diperkirakan hanya mencapai 30-40 tahun.

Sejak tahun 1999, lebih dari 100 ribu orang utan Kalimantan dinyatakan terbunuh akibat penebangan hutan sampai pertambangan.

Itulah 7 hewan endemik Indonesia yang populasinya terancam punah. Yuk, hentikan pemburuan liar dan bersama-sama jaga alam sekitar dengan baik agar ketujuh satwa di atas tetap lestari sampai nanti.

Dapatkan updates langsung ke perangkat Anda, Join Sekarang.

Anda mungkin suka