7 Fakta Unik Real Madrid

Di balik sederet prestasi dan kemasyhurannya, perjalanan panjang sejarah Real Madrid juga menyimpan sederet fakta menarik. Berikut adalah beberapa di antaranya.

Liga Spanyol boleh jadi kalah kembali dibandingkan Liga Inggris. Namun, popularitas dan jumlah pendukung Real Madrid yang tersebar di seluruh penjuru dunia justru mengalahkan klub sepak bola nasional lainnya, termasuk tim kesebelasan yang berlaga di kompetisi English Premier League.

Klub yang bermarkas di Madrid, Spanyol, ini pun mempunyai banyak hal tentang dirinya yang asyik untuk dibicarakan. Di samping soal prestasi dan para pemainnya, berikut beberapa fakta menarik Real Madrid lainnya.
Lahir Atas Sumbangsih Akademisi dan Mahasiswa Universitas Ternama

Para akademisi dan mahasiswa dari Institución libre de ensenanza—termasuk di dalamnya adalah lulusan Universitas Cambridge dan Oxford adalah pihak yang memperkenalkan sepak bola di Madrid. Mereka mendirikan Footbal Club Sky pada 1897 yang kemudian terpecah menjadi dua: New Foot-Ball de Madrid dan Club Espanol de Madrid. Club Espanol de Madrid kemudian terpecah lagi dan melahirkan Madrid Club de Futbol.

Makna di Balik Nama dan Logo

Real Madrid didirikan pada tahun 1902 dengan nama Madrid Club de Fútbol. Namun pada tahun 1920, King Alfonso XII menambahkan kata ‘real’ pada bagian depan nama klub tersebut. Adapun kata ‘real’ berarti ‘royal’ (kerajaan) yang merujuk pada kesuksesan Real Madrid kala itu dalam skala internasional.

Hal itu juga memberi perubahan pada klub. Setelah pergantian nama, Real Madrid pun menambahkan kembali mahkota pada perisai seperti yang dapat kita temui pada logo Real Madrid saat ini.

Lambang Mahkota Sempat Menghilang

Bicara soal logo, selama masa perang sipil Spanyol yang terjadi pada tahun 1930-an, kata ‘real’ dan mahkota sempat dihilangkan dari logo. Kala itu, nama klub menjadi madrid FC.

Sebagai gantinya, logo klub mendapat tambahan pita berwarna ungu pada bagian perisai. Namun usai perang sipil, kata ‘real’ dan logo mahkota kembali muncul bersama dengan pita berwarna ungu sehingga menjadi logo Real madrid yang kita saksikan sekarang.

Klub Spanyol Pertama yang Menggunakan Penomoran

Real Madrid merupakan klub Spanyol pertama yang memberlakukan adanya penomoran (pada jersey) untuk setiap pemainnya. Kemunculan perdana seragam dengan nomor yang dikenakan oleh setiap pemain Real Madrid adalah pada 23 November 1947, yakni ketika Real Madrid bertanding melawan Atletico de Madrid di Metropolitano Stadium.

Tidak Pernah Mengalami Penurunan Divisi

Sepanjang sejarah, hanya ada tiga klub di Spanyol yang tidak pernah jatuh ke divisi kedua. Dua tim selain Real Madrid tidak lain adalah Barcelona FC dan Atletico de Bilbao.

Real Madrid Bukan Satu-Satunya Real Madrid

Real Madrid yang berada di Spanyol menjadi tentu menjadi top of mind bagi mayoritas perang saat mendengar klub bola bernama Real Madrid. Namun nyatanya, ada pula sebuah klub bola lainnya yang bernama Real Madrid.

Real Madrid yang satu ini merupakan tim kesebelasan sepak bola semiprofessional dari Galeshewe, Afrika Selatan. Nama asli klub ini adalah Ipogeng Stars saat didirikan pada 1989. Namun, sang presiden klub yang sangat menggemari Real Madrid di Spanyol kemudian memutuskan untuk mengganti nama klub Ipogeng Stars menjadi Real Madrid.

Menunggu Juara Hingga Tiga Dekade

Real Madrid mendominasi sebagai juara pada berbagai pertandingan utama. Namun di balik sederet kesuksesan tersebut, klub yang pernah menjadi rumah bagi berbagai bintang seperti Cristiano Ronaldo, Zinedine Zidane, Gareth Bale, David Beckham, Iker Casillas, dan lain-lain tersebut pernah harus menunggu lama untuk mendapat gelar bergengsi di tanah Eropa.

Tak tanggung-tanggung, Real Madrid harus menunggu selama 32 tahun setelah berhasil meraih sukses di tahun 1966. Gelar Champion League ketujuh baru diperoleh pada tahun 1998 setelah Jupp Henckels berhasil membobol gawang Juventus sehingga menjadikan skor akhir pertandingan 1-0.

Itulah beberapa fun facts tentang Real Madrid. Ada yang mengejutkan bagi Anda?

Author: Syafiq Ali

Syafiq Ali aktif di dunia olahraga khususnya Basket dan tercatat menjadi pengurus di berbagai organisasi dan komunitas keolahragaan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *