7 Alasan Kenapa Punya Komunitas Itu Penting

Sadar atau tidak, kita merupakan bagian dari sebuah komunitas. Lantas, apa keuntungannya punya komunitas dan berperan aktif di dalamnya?

Secara singkat, komunitas merupakan kumpulan dari orang-orang yang memiliki something in common. Entah itu sama-sama penghuni kompleks perumahan yang sama, sama-sama berada dalam satu kelompok arisan, atau satu hal yang paling umum: sama-sama perempuan.

Pertanyaannya, seberapa besar Anda punya peran dalam komunitas dan hal apa yang bisa diberikan oleh komunitas untuk Anda?

Punya dan aktif dalam sebuah komunitas memiliki banyak sekali keuntungan. Seseorang yang ingin menurunkan berat badan misalnya, akhirnya berhasil mencapai target ketika dirinya bergabung dengan klub Zumba. Tidak sedikit wanita yang tadinya hanya punya hobi fesyen, akhirnya bisa mendirikan bisnisnya sendiri setelah menemukan komunitas yang tepat.

Lalu, sebenarnya apa saja manfaat yang bisa Anda dapatkan ketika memiliki komunitas dan aktif di dalamnya?

1. Bertemu dengan Circle yang Baru

Kalau selama ini Anda hanya menghabiskan waktu di rumah atau mungkin di kantor, orang yang Anda temui mungkin hanya itu-itu saja. Namun, ketika Anda memutuskan untuk menjadi bagian dari komunitas, sebut saja komunitas olahraga bersepeda yang Anda minati, situasinya tentu akan berbeda. Anda akan berkenalan dengan orang-orang baru, dari latar belakang yang baru. Terdengar menyenangkan, bukan?

2. Selalu Up to Date dengan Berita Terkini

Bergabung dengan komunitas artinya berkumpul dengan orang-orang yang memiliki minat atau kesamaan tersendiri dengan Anda. Sebelum bergabung dengan komunitas bersepeda, Anda mungkin tidak tahu rute yang bagus untuk berkeliling. Anda mungkin juga tidak tahu bagaimana caranya tetap tampil cantik dan stylish meski sedang berolahraga. Dari rekan-rekan satu komunitas inilah, Anda bisa keep on track dengan apa yang sedang terjadi dalam dunia olahraga sepeda. Dengan begitu, Anda tidak akan ketinggalan informasi dan tren.

3. Lebih Proaktif

Percayalah bahwa berkelompok itu lebih baik daripada sendirian. Dengan memiliki komunitas, Anda punya rekan-rekan yang siap mendengarkan opini Anda. Kalau beruntung, Anda bahkan bisa mendapat masukan untuk membangun diri jadi lebih baik lagi.

4. Membantu Orang Lain di Dalam Komunitas

Tidak semua anggota komunitas memiliki kapasitas dan kapabilitas yang sama. Anda mungkin adalah orang yang punya akses terhadap lowongan pekerjaan, sedangkan ada anggota komunitas Anda yang kebetulan sedang mencari pekerjaan. Ada dalam komunitas yang sama memungkinkan Anda untuk membantu orang lain dengan kelebihan yang Anda miliki sekarang. Tidak ada hal yang lebih menyenangkan selain bisa berkontribusi bagi orang yang membutuhkan, bukan?

5. Mendapatkan Masukan

Menjadi bagian dari sebuah komunitas besar akan mempertemukan Anda dengan mereka yang lebih senior. Ini adalah kesempatan bagi Anda mendapatkan masukan, baik masukan tentang karier, masalah pribadi, atau mungkin hal lain yang berhubungan dengan komunitas.

6. Membantu Anda Mengembangkan Diri

Dalam sebuah komunitas, anggota-anggotanya berada dalam fase yang beragam. Ada yang masih pemula, dan ada juga yang sudah senior. Gabungan orang-orang yang berada di berbagai fase ini akan membuat Anda merasa tertantang untuk terus tumbuh dan mengembangkan diri. Selain bisa belajar dari mereka yang lebih senior, Anda bisa menggunakan kesempatan ini untuk membantu mereka yang masih berada di belakang Anda.

7. Membantu Anda Menemukan Passion

Banyak orang yang merasa terombang-ambing dengan passion yang dimilikinya dan tidak sedikit orang yang berhasil menemukannya lewat komunitas. Saat melihat orang-orang dengan ketertarikan yang sama, Anda akan merasa memiliki dukungan dan semangat. Dengan begitu, passion yang dicari pun pasti dapat segera Anda temukan.

Ada banyak sekali komunitas yang bisa Anda temukan baik online maupun offline. Cara terbaik untuk mendapatkan manfaat dari komunitas sekaligus memberikan kontribusi adalah dengan menemukan komunitas yang paling sesuai dengan diri Anda.

Anda mungkin suka