6 tips hemat keuangan yang bisa Anda lakukan dengan mudah

Tikum Woman – Dompet sering kosong alias Jebol karena pengeluaran tidak menentu? Apa yang Anda harus lakukan? Berikut tips tips hemat keuangan yang mudah bisa Anda praktekan untuk yang masih single atau sudah berkeluarga.

Sobat tikum, Kita semua pasti mau punya tabungan cukup di kemudian hari, yang bisa digunakan saat ada kebutuhan mendesak seperti berobat, anak harus masuk sekolah, biaya renovasi rumah, berlibur, atau kebutuhan lainnya. Namun, tanpa Anda sadari kebiasaan-kebiasaan kecil seperti beli kopi di coffee shop langganan dengan harga 20-30 ribu per hari atau nongkrong bareng teman bisa menunda uang-uang itu mengalir ke rekening tabungan kita.

Berikut ini 6 tips hemat keuangan yang cerdas dan terbukti dapat mengkontrol pengeluaran uang sehari-hari.

1. Tentukan Tujuan Menabung

Salah satu cara terbaik untuk menabung adalah memvisualisasikan apa yang akan Anda lakukan dengan uang tabunganmu itu. Tentukan tujuan dan target apa yang ingin tercapai, misalnya untuk renovasi rumah, pergi umroh, atau sebagai dana cadangan di bank jika sewaktu-waktu dibutuhkan.

2. Disiplin untuk sisihkan uang

Mulailah manfatkaan fasilitas autodebet untuk menyisihkan sebagian penghasilanmu untuk ditabung secara berkala, entah 50 ribu per minggu atau 500 ribu per bulan. Pastikan Anda tetap disiplin dengan komitmen menabung yang Anda buat.

3. Lunasi Hutangmu

Kalau Anda berencana mengatur keuanganmu tapi masih punya bebang hutang yang besar. Mulailah dari melunasi hutangmu, anggarkan berapa banyak yang Anda harus sisihkan untuk membayar hutang. Ingat hanya berhutang jika benar-benar mendesak dan segeralah lunasi baru Anda bisa menabung dengan tenang.

4. Kurangi jajan

Beli kopi di kedai kopi atau mini market langganan yang harganya 20-30 ribu per gelas sudah jadi kebiasaan para pekerja di kota-kota besar. Bayangkan dalam setahun Anda bisa menghabiskan puluhan juta rupiah hanya untuk segelas kopi dan jika dalam 10 tahun berapa banyak rupiah yang Anda habiskan. Sekarang sudah banyak cara tutorial membuat kopi sendiri sehingga Anda bisa meghemat dengan membawa dari rumah.

5. ‘Staycation’ Pengganti Liburan Mahal

Saat pandemi seperti ini mungkin liburan ke luar kota yang eksotis sudah menjadi impian Anda, tapi ingat untuk bisa liburan ke luar kota pasti ada biaya yang harus diperhitungkan, harga pesawat, akomodasi selama di kota itu, wisata kuliner dan jangan lupa biaya PCR atau swab antigen Anda juga harus pikirkan. Kalau Anda mau liburan, Anda bisa pikirkan opsi staycation. Pilih akomodasi terdekat dari rumahmu dan siapkan beberapa aktivitas yang menyenangkan selama menginap di sana.

6. Berhenti langganan hiburan berbayar

Buat Anda yang tinggal di kota besar langganan tv kabel mungkin sudah jadi hal yang biasa saja. Ingin menonton drama korea terbaru atau film Hollywood juga bisa lewat aplikasi yang bisa Anda download. Daripada Anda menjadi donator TV Kabel yang jarang ditonton, Anda bisa beralih ke beberapa aplikasi streaming film gratis yang ada.

Terlepas dari semua itu pastikan Anda juga sudah punya niat yang kuat dalam diri. Mungkin Anda juga bisa tambahkan tips lain berhemat yang mudah dilakukan versi Anda.

Yuk berikan komentar Anda di bawah ini.

Anda mungkin suka