Antik, 6 Sepeda Onthel Ini Layak Jadi Koleksi

Mengoleksi sepeda onthel bisa jadi pilihan yang menarik, apalagi kalau jenisnya antik seperti 6 sepeda berikut ini!

Tikum Bicycle – Sepeda onthel atau lebih dikenal dengan sebutan roadster bicycle merupakan jenis sepeda dengan ban berukuran 28 inci. Sepeda ini umumnya digunakan sebagai sarana transportasi warga perkotaan hingga akhir tahun 1970-an.

Di Indonesia sendiri, sepeda onthel lekat dengan desain sepeda ala Belanda yang memiliki ciri khas khusus pada tempat duduknya yang tegak. Meski sudah tak lagi dijadikan sebagai alat transportasi, namun sepeda onthel masih banyak diincar oleh para kolektor karena desainnya yang unik dan klasik. Untuk Anda yang tertarik menjadikan sepeda onthel sebagai barang koleksi, ada beberapa merek yang cukup terkenal sejak zaman kolonial. Simak 6 di antaranya berikut ini!

1. Humber

Humber merupakan salah satu merek sepeda yang populer di kalangan anak-anak muda pada tahun 1940-an. Salah satu tipe sepeda ini yakni Humber Beeston bahkan terkenal karena dijadikan tunggangan oleh Raja George V.

Sampai saat ini, sepeda onthel merek Humber masih menjadi incaran para kolektor. Harganya juga bervariasi mulai dari Rp1-Rp15 jutaan per unitnya. Varian yang laris di pasara khususnya adalah warna hijau dan hitam.

2. Gazelle

Gazelle merupakan merek sepeda dari Belanda yang diproduksi sejak tahun 1892. Dengan jumlah produksi mencapai 275.000 unit sepeda setiap bulannya, Gazelle sekarang memproduksi berbagai jenis sepeda. Untuk varian onthelnya, Anda masih bisa menemukannya di Indonesia. Harganya berkisar belasan sampai puluhan juta rupiah.

3. Hercules

Sepeda pabrikan Inggris ini dikenal karena durabilitas dan kemampuannya di jalanan. Hercules sendiri mulai masuk ke pasaran Indonesia pada tahun 1922 dan sejak saat itu banyak orang mulai menggunakannya sebagai moda transportasi.

Para kolektor tidak hanya memburu unit sepeda onthel merek Hercules. Beberapa komponen sepeda antik ini juga diperjualbelikan di berbagai situs e-commerce.

4. Fongers

Sudah diproduksi lebih dari 100 tahun, sepeda asal Belanda ini merupakan salah satu merek sepeda onthel terbaik di masanya. Dengan kualitas mumpuni dan desain yang menarik, berbagai tipe sepeda onthel Fongers menjadi buruan para kolektor.

Salah satu variannya, Fongers DZ yang diluncurkan pada tahun 1922 bahkan ditawarkan dengan harga lebih dari Rp50 juta. Tertarik untuk membeli?

5. Raleigh

Pabrik sepeda Raleigh berawal dari sebuah bengkel sepeda kecil di Raleigh, Nottingham yang buka pada tahun 1886. Frank Bowden, seorang pengacara sukses kemudian membeli bengkel itu dan kemudian berubah menjadi perusahaan besar, Raleigh Cycle Crop. Raleigh memasuki pasar Indonesia pada tahun 1930-an.

Untuk Anda yang tertarik berburu sepeda onthel Raleigh, Anda bisa mencoba mencarinya di situs jual beli online. Banderol harganya cukup bervariasi mulai dari Rp1 jutaan saja.

6. Phillips

Merek sepeda asal Inggris ini masuk ke Indonesia sekitar tahun 1940-an. Meski masih diproduksi sampai saat ini dengan berbagai model yang kekinian, varian onthelnya tetap melekat erat dalam hati masyarakat Indonesia. Tak heran jika masih banyak orang yang memilikinya. Anda bisa menemukan unit sepeda maupun aksesoris onthel merek Phillip di situs jual beli online populer tanah air.

Di tengah hobi bersepeda yang semakin populer belakangan ini, sepeda onthel masih memiliki pesona tersendiri, terutama di kalangan kolektor. Semakin tua dan semakin langka jenis sepedanya, harganya juga akan semakin tinggi. Tertarik membeli salah satu merek sepeda onthel di atas sebagai koleksi?

Dapatkan updates langsung ke perangkat Anda, Join Sekarang.

Anda mungkin suka