Hati-hati, 6 Penyakit Ini Lebih Sering Menyerang Wanita

Tikum Woman – Wanita dan pria memiliki sejumlah perbedaan dari segi fisik maupun hormonal. Selain berpengaruh pada tampilan fisik, perbedaan ini juga turut memengaruhi tingkat kerentanan penyakit. Ada berbagai penyakit yang hanya diderita oleh pria seperti kanker prostat, dan ada juga penyakit yang hanya dialami oleh wanita seperti kanker serviks.

Di antara berbagai penyakit yang ada, ternyata beberapa di antaranya lebih rentan terjadi pada wanita. Apa saja?

1. Lupus

Lupus merupakan penyakit autoimun kronis yang lebih banyak dialami oleh wanita ketimbang pria. Berdasarkan penelitian, 90% penderita lupus merupakan wanita yang berada di usia produktif. Salah satu penyebabnya adalah tingginya hormon seperti estrogen dalam tubuh wanita. Tak heran jika kasus lupus banyak ditemukan pada masa kehamilan di mana kadar estrogen seorang wanita paling tinggi.

2. Depresi

Depresi merupakan salah satu masalah kesehatan yang lebih sering terjadi pada wanita. Setelah pubertas, tingkat depresi pada wanita cenderung lebih tinggi ketimbang pria karena umumnya anak perempuan lebih dahulu mencapai usia pubertas. Beberapa penelitian juga menunjukkan bahwa kesenjangan gender terkait depresi ini bisa terus berlanjut seiring dengan pertambahan usia.

3. Osteoarthritis

Osteoarthritis merupakan penyakit kronis yang menyerang persedian. Ada beberapa alasan kenapa wanita cenderung lebih sering terserang penyakit ini daripada pria. Salah satu faktor utamanya adalah obesitas. Wanita yang memasuki usia menopause umumnya akan mengalami kenaikan berat badan. Pada akhirnya ini akan meningkatkan tekanan pada persendian. Itulah sebabnya kenapa kasus osteoarthritis sering terlihat setelah seorang wanita memasuki usia di atas 55 tahun.

Alasan lain kenapa osteoarthritis lebih sering dialami oleh wanita adalah karena bentuk anatomi pinggul wanita yang lebih lebar ketimbang pria. Sudut yang dibentuk oleh tulang pinggul yang lebih lebar dari lutut menyebabkan tekanan pada bagian luar lutut meningkat. Seiring berjalannya waktu, ini bisa memicu munculnya osteoarthritis.

4. Infeksi Saluran Kemih

Infeksi saluran kemih atau ISK sering terjadi karena infeksi bakteri yang masuk ke kandung kemih. Lebih dari setengah wanita akan mengalami setidaknya sekali infeksi pada saluran kemih seumur hidupnya.
Wanita lebih rentan terhadap ISK karena uretra (saluran dari kandung kemih ke tempat urin keluar dari tubuh) lebih pendek daripada pria. Ini membuat bakteri mudah masuk ke kandung kemih dan menyebabkan infeksi.

5. Tiroid

Sekitar 1 dari 8 wanita akan mengalami masalah pada tiroid mereka setidaknya sekali dalam hidup. Penelitian menunjukkan bahwa wanita memiliki risiko 10 kali lebih besar untuk mengidap penyakit tiroid dibandingkan pria. Salah satu penyebab tiroid sering dipicu oleh respons autoimun yang menyerang selnya sendiri. Contoh penyakit tiroid yang paling sering terjadi adalah hipotiroid yakni kurangnya hormon untuk mengatur metabolisme tubuh.

6. Gangguan Makan

Sampai saat ini belum ada penjelasan ilmiah terkait penyebab bulimia, anoreksia dan berbagai eating disorder atau gangguan makan lainnya. Namun faktanya di lapangan, kasus gangguan makan memang lebih sering dialami oleh wanita terutama remaja. Penyebabnya diduga karena faktor psikologis serta bentuk tubuh wanita.
Tidak ada yang ingin terserang penyakit. Namun dengan mengetahui ada beberapa gangguan kesehatan yang lebih rentan menyerang wanita, kita bisa mengantisipasinya dengan mulai menerapkan gaya hidup sehat.

Yuk, ubah pola hidup dan pola makan menjadi lebih baik agar terhindar dari berbagai penyakit di atas!