6 Makanan Tak Terduga yang Ternyata Punya Manfaat untuk Kulit

Merawat kecantikan kulit adalah hal krusial bagi para wanita. Berita baiknya, Anda bisa melakukannya lewat makanan. Apa saja pilihannya?

Bukan rahasia lagi kalau masalah kulit kerap membuat wanita jadi uring-uringan dan tidak percaya diri. Jerawat, komedo, kulit kering dan berbagai masalah lainnya adalah alasan kenapa Anda terpaksa harus mampir ke dokter kecantikan kulit.

Selain berkunjung ke dokter, beragam masalah kulit juga bisa diatasi dengan menggunakan kosmetik. Tapi jangan salah, diet alias pola makan juga bisa memengaruhi kondisi kulit Anda. Yuk langsung intil 6 jenis makanan yang mungkin tidak Anda duga memiliki manfaat luar biasa untuk kulit!

1. Cokelat

Eits, jangan senang dulu. Cokelat yang dimaksud dalam list ini tentu saja bukan cokelat sembarangan melainkan kakao. Bubuk kakao dibuat dengan menggunakan biji tanaman kakao dan diolah menjadi serbuk. Hanya satu sendok teh bubuk kakao tanpa pemanis, Anda bisa mendapatkan manfaat antioksidan yang mampu mencegah pigmentasi kulit sekaligus mencerahkannya.

2. Ikan Sarden

Selain mudah ditemukan, ikan sarden memiliki kandungan merkuri dan logam berat yang cenderung ringan, tidak seperti ikan tuna. Ikan sarden juga kaya akan omega-3 yang akan membantu kulit Anda tetap terhidrasi serta mencegah pengelupasan saat kulit berada dalam cuaca dingin.

3. Rosemary

Rosemary memiliki khasiat astringent dan kaya akan minyak serta mineral yang sehat dan bermanfaat untuk kulit. Anda bisa memakan atau mengoleskannya ke permukaan kulit. Di antara nutrisi yang ada dalam rosemary adalah zat besi, kalsium, vitamin A dan C yang sama baiknya untuk kulit Anda. Rosemary juga mengandung asam rosmarinic yang memiliki sifat anti-inflamasi, anti-jamur dan antiseptik.

4. Telur

Telur adalah salah satu jenis makanan dengan kandungan nutrisi paling komplet. Selain rendah lemak, telur juga tinggi protein dan kaya akan vitamin A (terutama pada bagian kuningnya). Semuanya memiliki manfaat yang baik untuk kulit. Telur juga kaya akan selenium yang bisa membantu mencegah kanker kulit yang disebabkan oleh radiasi sinar UV.

5. Hummus

Hummus dibuat dengan buncis yang merupakan jenis biji-bijian rendah lemak dan tinggi protein. Beberapa nutrisi yang terkandung di dalamnya antara lain adalah molybdenum dan vitamin A yang dapat membantu proses peremajaan kulit. Oleskan hummus di atas roti gandum atau buat menjadi pasta agar lebih sedap disantap. Bisa juga langsung diaplikasikan pada permukaan kulit untuk mengurangi bintik-bintik hitam yang menjadi salah satu tanda penuaan dini.

6. Kopi

Hampir semua orang tahu bahwa teh memiliki segudang manfaat. Tapi, tahukah Anda bahwa kopi juga ternyata punya khasiat sama hebatnya untuk kulit? Selain memiliki kandungan antioksidan yang kaya untuk menangkal radikal bebas, kopi juga dapat membantu meningkatkan produksi kolagen. Efeknya, kulit Anda akan lebih terhidrasi dan tampak halus. Penggunaan bubuk kopi juga bisa membantu proses eksfoliasi untuk menyingkirkan sel-sel kulit mati.

Perlu diingat bahwa konsumsi kopi harus dilakukan dalam batasan yang wajar. Hindari minum kopi sebagai pengganti sarapan agar asupan nutrisi harian Anda tetap terpenuhi.

Diet atau pola makan memiliki peran yang penting untuk menjaga kesehatan kulit Anda. Jangan lupa imbangi dengan konsumsi air yang cukup, makan sayur, buah serta hindari minuman yang mengandung gula terlalu tinggi. Tambahkan salah satu dari 6 makanan di atas dalam diet Anda dan buktikan sendiri hasilnya!

Anda mungkin suka