5 Wanita Keren yang Jadi Inspirasi Masa Kini

Di antara sekian banyak wanita inspiratif sepanjang sejarah, ada 5 nama yang masih bisa kita lihat kiprahnya sampai hari ini. Siapa saja?

Di tengah isu tentang gender equality, peran wanita di kancah dunia tetap tidak bisa diabaikan. Di tengah dominasi para pria, selalu ada nama-nama wanita yang mencuat dan punya peran luar biasa. Sejak dulu sampai hari ini, kita masih memiliki banyak wanita-wanita hebat yang memiliki peran luar biasa di berbagai bidang. Mulai dari bidang pendidikan, olahraga hingga lingkungan hidup.

Indonesia punya Ibu Kartini dengan gerakan emansipasinya untuk para wanita. Ada pula Marie Curie, saintis pertama yang memperoleh dua penghargaan Nobel. Selain keduanya, masih banyak lagi wanita keren yang masih bisa kita lihat kiprahnya hingga hari ini. Siapa saja?

1. Greta Thunberg

5-Wanita-Keren-yang-Jadi-Inspirasi-Masa-Kini 1

Masih berusia 17 tahun, Greta Thunberg sudah dinominasikan sebanyak dua kali untuk memenangkan penghargaan Nobel. Kiprahnya dalam kampanye tentang bahaya pemanasan global berhasil menuai perhatian dari seluruh dunia. Pernah diganjar sebagai Person of the Year pada 2019, nama Greta sendiri mulai dikenal ketika ia melakukan protes di depan gedung Parlemen Swedia sambil memegang banner bertuliskan “School Strike for Climate”.

2. Malala Yousafzai

5-Wanita-Keren-yang-Jadi-Inspirasi-Masa-Kini 2

Sebagai seorang anak perempuan yang dilahirkan di Pakistan, yang diinginkan oleh Malala Yousafzai adalah sesuatu yang terdengar sederhana bagi banyak orang: pendidikan yang setara dengan anak laki-laki di tempat kelahirannya. Sayangnya, pemberontakan Taliban memaksa anak-anak perempuan Pakistan untuk menghentikan mimpinya bersekolah.
Hal itu tak menghentikan Yousafzai terus bersekolah. Namun, pada tahun 2012 ia ditembak oleh seorang pria bersenjata di dalam bus sekolah yang dinaikinya.

Sekarang, di usianya yang ke 23 tahun, Yousafzai tinggal di Inggris bersama keluarganya. Dia mendirikan sebuah organisasi nirlaba yang diberi nama Malala Found dengan tujuan memberikan kesempatan kepada semua anak perempuan di dunia untuk mendapatkan pendidikan yang mereka inginkan. Berkat sepak terjangnya, Yousafzai dianugerahi Nobel Perdamaian pada tahun 2014.

3. Megan Rapinoe

5-Wanita-Keren-yang-Jadi-Inspirasi-Masa-Kini 3

Diskriminasi terhadap para wanita masih terjadi sampai saat ini di berbagai bidang, termasuk olahraga. Inilah yang diperjuangkan oleh Megan Rapinoe. Wanita yang dikenal saat memimpin timnas wanita Amerika Serikat pada Piala Dunia 2019 silam itu menuntut kesetaraan bayaran antara atlet pria dan wanita. Rapinoe bahkan menuntut United States Soccer Federation karena dugaan diskriminasi gender yang mereka lakukan.

4. Simone Biles

5-Wanita-Keren-yang-Jadi-Inspirasi-Masa-Kini 4

Berusia 23 tahun, Simone Biles adalah seorang pesenam wanita pertama yang memenangkan empat gelar secara beruntun dalam Kejuaraan P&G 2016 silam. Namun bukan hanya prestasinya itu saja namanya Biles dikenal luas. Biles diketahui menderita ADHD sejak kecil dan ia secara terbuka sering berbicara mengenai gangguan tersebut. Sebagai seorang public figure, Biles memberikan dukungan besar kepada para penderita ADHD lain di seluruh dunia.

5. Melinda Gates

5-Wanita-Keren-yang-Jadi-Inspirasi-Masa-Kini 5

Banyak orang mengenal Melinda Gates dari suaminya, Bill Gates. Faktanya, wanita berusia 56 tahun ini sudah lama memperjuangkan kesetaraan wanita dan melakukan berbagai usaha untuk meningkatkan taraf hidup orang-orang miskin melalui yayasan yang didirikannya bersama sang suami, Bill & Melinda Gates.

Perusahaan Investasi miliki Gates, Pivotal Ventures juga terus berjuang dalam meningkatkan peran serta kekuatan para wanita dalam sektor teknologi. Dengan berbagai kegiatan yang dilakukannya untuk wanita dan kemanusiaan, wajar jika Melinda Gates masuk ke dalam daftar wanita inspiratif masa kini.

Itu dia 5 wanita yang memiliki peran besar membuat perubahan dunia dan masih bisa kita lihat kiprahnya hingga saat ini. Siapa favorit Anda?

Dapatkan updates langsung ke perangkat Anda, Join Sekarang.

Anda mungkin suka