5 Tips Cerdas Atur Keuangan di Bulan Puasa

Pengeluaran selama bulan puasa seringkali tak terduga dan membengkak. Berikut beberapa tips hemat yang bisa dicoba!

Pengeluaran selama bulan puasa seringkali tak terduga dan membengkak. Berikut beberapa tips hemat yang bisa dicoba!

Menjelang bulan puasa yang sebentar lagi akan tiba, tentu ada banyak hal yang harus dipersiapkan. Mulai dari soal fisik, mental, batin, hingga anggaran keuangan. Untuk yang terakhir ini, tidak bisa dimungkiri bahwa pengeluaran masyarakat cenderung meningkat selama bulan suci Ramadhan. Selain karena faktor naiknya harga barang-barang pokok, godaan promo dan diskon menjelang hari raya, juga disebabkan oleh cara pengelolaan keuangan yang salah.
Nah, agar Moms tetap bisa hemat, yuk simak beberapa tips cerdas mengatur keuangan selama bulan suci Ramadhan.

1. Buat Anggaran Keuangan

Sikap boros di bulan puasa umumnya disebabkan karena sifat impulsif ketika melihat berbagai promo, diskon, atau bahkan beraneka makanan menjelang berbuka. Jadi, langkah pencegahan pertama yang harus dilakukan adalah dengan membuat anggaran keuangan.

Buatlah anggaran khusus selama satu bulan, yang mencakup kebutuhan pokok, kesehatan, serta keperluan rumah tangga. Agar lebih mudah, Anda bisa membaginya menjadi dua, yakni anggaran belanja mingguan dan bulanan. Anggaran mingguan mencakup berbagai hal terkait asupan makanan, seperti sayuran, lauk pauk, serta buah-buahan. Sedangkan belanja bulanan, meliputi beras, gula, minyak goreng, kopi, serta keperluan rumah tangga lainnya.

Dengan menerapkan strategi belanja seperti ini, Anda dapat dengan mudah mengkalkulasi berapa rupiah kisaran pengeluaran selama sebulan. Dengan begitu, Anda pun lebih mudah mengatur bujet untuk hal lain, seperti uang tabungan, dana cadangan, dana hari raya, dan lainnya.

2. Sisihkan Dana Zakat dan Hari Raya Terlebih Dulu

Pengeluaran wajib yang tak boleh dilupakan adalah dana zakat fitrah. Meski umumnya, kebanyakan orang akan membayar zakat di akhir bulan atau menjelang hari raya, ada baiknya jika Anda telah menyisihkan dana (budgeting) untuk hal tersebut dari jauh-jauh hari. Begitu pun terkait kebutuhan hari raya, seperti baju, sandal, parsel, serta kebutuhan mudik. Tak lain, guna mengantisipasi harga barang yang kian menanjak menjelang IdulFitri, serta agar tidak khilaf ketika melihat promo atau diskon.

Ketika dana untuk kebutuhan ini sudah dialokasikan, otomatis Anda pun akan lebih bijak mengatur sisa uang agar tidak rekor di akhir bulan. Termasuk, mengkondisikan keinginan sesuai dana yang masih ada.

3. Hapus Mindset Buka Puasa Harus Mewah

Hal lain yang juga membuat pengeluaran di bulan puasa meningkat adalah konsumsi ketika berbuka yang lengkap dan istimewa. Umumnya, selain makanan pokok, akan ada pula takjil, kolak, kurma, es, dan camilan. Belum lagi, harganya yang juga cenderung lebih mahal sehingga pengeluaran harian pun akan membengkak.

Solusinya, Anda bisa memasak sendiri beragam menu untuk berbuka dan sahur. Siapkan daftar menu masakan dan berbelanjalah sesuai kebutuhan.

4. Tahan ‘Lapar Mata’

Beragam promo dan diskon yang hadir di momen khusus seperti Ramadhan memang menggoda iman. Apalagi, bagi para perempuan yang seringnya tidak bisa menahan hasrat untuk berbelanja. Seringnya, ketika melihat embel-embel potongan harga, gratis ongkir, buy1 get 1, tanpa berpikir panjang pasti ingin segera membelinya. Entah itu nantinya akan terpakai atau tidak.

Bagi Anda yang tidak ingin besar pasak daripada tiang, tentu harus bisa menahan hasrat ‘lapar mata’ ini. Anda harus bisa memilah-milih mana kebutuhan dan keinginan. Ingat pula bahwa masih banyak kebutuhan lain, seperti kebutuhan hari raya dan mudik yang umumnya juga menguras kantong.

5. Selektif Memilih Ajakan Bukber

Bulan puasa juga identik dengan banyaknya agenda buka bersama (bukber). Entah itu bersama keluarga besar, kawan lama, teman kerja, serta teman sekolah/kuliah. Di satu sisi, bukber memang menjadi salah satu momen silaturahmi, namun di sisi lain, ini juga bisa jadi pintu pengeluaran tak terduga. Bagaimana tidak, umumnya bukber diadakan di kafe atau restoran yang pastinya akan cukup menguras kantong.

Menyikapi hal ini, ada baiknya Anda membatasi ajakan untuk buka bersama, terlebih di situasi pandemi seperti saat ini. Jika dalam acara bukber tersebut tidak ada yang dikenal akrab, Anda bisa skip dan pilih berbuka puasa di rumah bersama keluarga.

Nah, itulah beberapa tips cerdas mengelola keuanganselama Ramadhan. Semoga bermanfaat, dan selamat menjalankan ibadah puasa.


In Stock Global Version POCO X3 Pro Smartphone NFC 33W Charge Mobile Phone Snapdragon 860 48MP Quad Camera 6.67″ 120Hz 5160mAh

Dapatkan updates langsung ke perangkat Anda, Join Sekarang.

Anda mungkin suka