5 Stadion Sepak Bola Paling Canggih di Dunia

Selain luas dan mampu menampung puluhan bahkan ratusan ribu penonton, saat ini stadion sepak bola kelas dunia juga dilengkapi teknologi canggih.

Setiap fans berat olahraga bola pasti sepakat bahwa menonton pertandingan di stadion jauh lebih seru dibanding menonton melalui TV di rumah. Inilah mengapa banyak sekali stadion sepak bola kelas dunia yang menyediakan fasilitas VIP memadai untuk membuat penonton nyaman.

Beberapa di antaranya bahkan memanfaatkan teknologi canggih dan modern. Meskipun sebenarnya pemanfaatan teknologi bukan hal baru di dunia bola, tetapi fasilitas semacam itu tentu saja patut diapresiasi mengingat di beberapa negara, olahraga ketangkasan ini tidak hanya populer tetapi juga sudah menjadi bagian dari budaya mereka.
Penasaran stadion kelas dunia mana yang memiliki fasilitas paling canggih dan modern? Berikut ulasannya,

Stamford Bridge, Inggris

Stadion ini di kenal sebagai kandang dari klub bola ternama di Inggris, Chelsea. Dibanding stadion kelas dunia lainnya di Negara Ratu Elizabeth tersebut, kapasitas penonton Stamford Bridge memang tidak terlalu banyak. Meskipun begitu, stadion ini dilengkapi dengan banyak sekali fasilitas kelas 1.

Seperti, restoran, pusat kebugaran, hotel bintang 4, dan masih banyak lagi. Stamford Bridge juga diketahui memiliki lampu LED dengan sistem dan teknologi paling canggih di kelasnya. Hal tersebut yang membuat stadion ini dinobatkan sebagai salah satu arena bermain sepak bola tercanggih dunia.

Allianz Area, Jerman

Dari segi arsitektur, Allianz termasuk salah satu stadion yang dikenal memiliki konstruksi unik. Rumah bagi klub ternama Bayern Munchen tersebut dilengkapi dengan panel lampu pada bagian eksterior yang bisa berubah atau menyela membentuk pola tertentu.

Misalnya ketika Bayern Munich sedang berlaga, panel lampu Allianz akan menyala dan memancarkan lampu warna merah yang identik dengan klub tersebut. Selain panel lampu canggih, Allianz juga dilengkapi banyak sekali fasilitas memadai untuk mengakomodasi kebutuhan penonton selama pertandingan berlangsung.

Sapporo Dome, Jepang

Pernah menjadi salah satu stadion yang menyelenggarakan ajang Piala Dunia 2002 membuat Sapporo cukup dikenal di kalangan penggemar olahraga ini. Sapporo Dome memiliki tampilan unik dan fasilitas memadai. Tidak hanya itu, stadion ini juga dilengkapi dengan lapangan yang bisa dibongkar pasang.

Teknologi semacam itu dikenal dengan istilah retractable surface. Jadi selain bisa digunakan untuk pertandingan olahraga, Sapporo Dome juga dapat dimanfaatkan untuk acara kelas dunia lainnya yang tidak berhubungan dengan bola.

Doha Port Stadium Qatar

Ditetapkan sebagai tuan rumah Piala Dunia tahun 2022 kelak membuat Qatar tidak main-main ketika membangun Doha Port Stadium. Stadion ini disebut sebagai salah satu arena paling canggih dengan fasilitas terlengkap di dunia. Di antara fasilitas yang disediakan ada satu yang cukup bermanfaat dan berbeda dibanding stadion lain.

Doha Port Stadium memiliki fitur teknologi yang mampu mengendalikan suhu di dalam stadion. Jadi apabila hawa di sekitar panas, teknologi tersebut mampu membuat hawa di seluruh bagian stadion menjadi sejuk. Hal ini tentu saja akan membuat penonton bisa menikmati pertandingan dengan nyaman.

Maracana, Brazil

Dinobatkan sebagai stadion terbesar di Amerika Selatan membuat Maracana kerap dijadikan tempat berlaga ajang olahraga internasional seperti, Piala Dunia 1950 dan 2014, Piala Konfederasi 2013, Olimpiade Musim Panas 2016, dan Paralimpiade Musiam Panas 2016.

Maracana sendiri tercatat mampu menampung sekitar 95.000 penonton dan dilengkapi dengan berbagai fasilitas memadai dan beberapa teknologi canggih. Salah satunya adalah alat kontrol gol berbentuk kamera. Kamera ini disebut memiliki kecepatan tinggi dan terhubung dengan jam tangan wasit.

Tugas utamanya adalah menganalisa apabila terjadi pergerakan bola yang melewati garis gawang sehingga wasit bisa tahu apabila terjadi kecurangan saat proses gol terjadi.

Itulah beberapa stadion sepak bola canggih di dunia, seru bukan?

Anda mungkin suka