5 Software Perekam Suara Terbaik untuk Para Kreator

Bagi kreator konten audio dan video, suara berkualitas tinggi menjadi hal yang wajib. Nah, 5 software perekam suara terbaik ini akan menunjang mutu konten Anda!

Kreator konten kini menjadi karier yang diminati, mulai dari kalangan muda hingga tua. Berbagai platform sudah hadir dan semakin maju dalam memfasilitasi penyaluran ide dan kreativitas. Selain itu, banyak orang di zaman sekarang memilih menuangkan karya mereka ke dalam media audio atau video. Kedua media tersebut sama-sama mengandalkan suara agar pembahasan konten bisa dicerna oleh pemirsa.

Nah, untuk menghasilkan konten audio dan video yang baik, dibutuhkan suara yang berkualitas. Oleh karena itu, Anda memerlukan alat yang tepat untuk merekam dan mengedit audio. Yuk, simak rekomendasi 5 software perekam suara mumpuni untuk para kreator konten berikut ini!

1. Audacity

5 Software Perekam Suara Terbaik 2

Perangkat lunak ini merupakan salah satu perekam dan editor suara yang bisa diunduh secara gratis di perangkat desktop berbasis Windows, Mac, dan Linux. Audacity memiliki tampilan yang simpel sehingga mudah dimengerti para pemula. Produk sumber terbuka ini akan membantu para kreator konten dalam merekam audio 16-bit maupun 24-bit. Selain itu, Audacity dapat mengonversi dan menggabungkan suara apa pun, tanpa melihat format ataupun pattern fee-nya.

Kemudian, aplikasi ini mampu merekam live audio dari mikrofon, mikser suara, bahkan streaming audio dari versi Windows terkini. Audacity hadir dengan fitur-fitur penghilang suara bising yang tertangkap oleh mikrofon selama proses rekaman berlangsung. Bukan itu saja, Audacity juga memfasilitasi instal plugin yang menunjang dan meningkatkan performa program.

2. Studio One

5 Software Perekam Suara Terbaik 3

Studio One ialah sebuah aplikasi editor suara yang dikembangkan oleh PreSonus. Perangkat lunak ini menawarkan berbagai fitur yang berguna dan keren. Misalnya, dengan fitur Studio One’s Chord Track, Anda dapat membuat prototipe lagu secara cepat dan bisa mendengarkan contohnya terlebih dahulu. Selain itu, terdapat pemindai plugin untuk menjamin operasi yang aman. Bagi kreator konten yang sudah andal dalam mengedit audio, Studio One sangat direkomendasikan.

3. Adobe Audition

5 Software Perekam Suara Terbaik 4

Siapa yang tidak kenal dengan Adobe? Perusahaan yang terkenal dengan produk Photoshop, Illustrator, dan Acrobat ini ternyata juga punya editor audio, lo. Namanya adalah Adobe Audition. Software ini dirilis pada tahun 2003 dan sampai saat ini sudah memiliki 12 versi. Adobe Audition menawarkan fitur-fitur berkelas yang bisa menghasilkan karya profesional. Mulai dari ekualisasi, penghilang bising, kompresi, perekam multitrek, hingga templat rekaman mumpuni.

4. FL Studio

5 Software Perekam Suara Terbaik 5

FL Studio, atau yang dahulu bernama FruityLoop Studio, merupakan perangkat lunak besutan perusahaan asal Belgia. Aplikasi berlogo buah oranye berdaun ini termasuk DAW (Digital Audio Workstation) paling populer di dunia. FL Studio unggul karena dilengkapi tampilan antarmuka yang responsif, beragam opsi plugin, dukungan multi MIDI-in, serta editor yang fleksibel. Untuk bisa menggunakan aplikasi ini secara menyeluruh, Anda perlu mengeluarkan biaya demi membayar lisensi resminya.

5. Reaper

5 Software Perekam Suara Terbaik 6

Terakhir, ada aplikasi editor dan perekam suara mumpuni dengan harga terjangkau bernama Reaper. Perangkat lunak ini bisa diinstal di perangkat bersistem operasi Windows, Mac, maupun Linux. Selain harganya yang hemat, Reaper memiliki beberapa keunggulan. Misalnya, pemuatan datanya yang cepat, kustomisasi UI atau UX, serta ukurannya yang ringan. Bagi kreator konten yang memiliki perangkat desktop lawas, Reaper bisa menjadi solusi tepat.

Nah, manakah software yang menarik perhatian dan sesuai kebutuhan Anda? Sebelum menginstal aplikasi perekam suara, pastikan perangkat memenuhi spesifikasi minimum yang dianjurkan oleh pengembang. Selain itu, jika menginginkan fitur yang lebih lengkap, tak ada salahnya merogoh kocek untuk membeli lisensi resmi. Selamat berkarya!


Original Asus ROG 5 5G Gaming Phone 6.78″ 16RAM 144Hz Display Snapdragon 888 6000mAh Fast charging 65W ROG5 Mobile Phone
Anda mungkin suka