5 Pilihan Bisnis di Tengah Pandemi Covid-19

Pandemi Covid-19 saat ini ternyata membuka peluang baru bagi beberapa sektor di beberapa bidang. Karena ketika aktivitas di luar rumah berisiko tinggi dan cenderung dilarang, banyak orang yang beralih ke dunia maya.

Pandemi Covid-19 saat ini ternyata membuka peluang baru bagi beberapa sektor di beberapa bidang. Karena ketika aktivitas di luar rumah berisiko tinggi dan cenderung dilarang, banyak orang yang beralih ke dunia maya. Apa sajakah itu ? mari kita simak.

Bisnis Digital

Bisnis digital menjadi salah satu dari deretan sektor bisnis yang dianggap paling dapat bertahan dalam kondisi krisis sekalipun. Tak dapat dipungkiri bahwa perkembangan teknologi membawa pencerahan bagi masyarakat dan mampu mendukung hingga mengembangkan sektor bisnis lain.

Dalam prosesnya, bisnis digital justru menjadi solusi bagi sebagian besar masyarakat untuk keluar dari persoalan, bahkan dapat mendorong masyarakat untuk keluar dari masa krisis. Misalnya, teknologi digital berupa aplikasi video conference bisa membantu para karyawan untuk bertatap muka jarak jauh dan menyelesaikan persoalan bisnis ketika masa krisis kesehatan akibat Pandemi Covid-19 saat ini.

news-5-bisnis-masa-pandemi-1

Usaha Food & Baverage

Apakah akhir-akhir ini banyak teman-teman Anda berdagang makanan ? Bisnis food and beverage (F&B) dianggap salah satu sektor bisnis tahan krisis ekonomi karena masyarakat membutuhkan pasokan makan dan minum dalam kondisi apapun. Sebab, bisnis sektor makanan dan minuman juga dianggap membutuhkan modal yang relatif kecil, tenaga kerja yang tak terlalu banyak, namun dengan margin laba yang besar dan perputaran arus kas yang cepat. sektor ini tidak akan pernah kehilangan konsumen.
Maka manfaatkanlah bisnis kuliner Anda saat masa krisis supaya Anda tetap mendapatkan konsumen meski keadaan sedang sulit. 

news-5-bisnis-masa-pandemi-2

Usaha Kebutuhan Bahan Pokok

Walaupun mirip dengan usaha F&B, akan tetapi bahan pangan pokok merupakan salah satu kebutuhan primer masyarakat yang paling penting dan jangan diabaikan, termasuk kondisi krisis ekonomi. Hal ini membuat bisnis perdagangan bahan pokok menjadi salah satu sektor bisnis tahan krisis. Anda hanya harus cermat dalam mengelola modal kerja dan mencari celah yang tepat agar dapat mengambil peluang ketika harga sedang turun dan bisa tetap bertahan ketika harga bahan pokok sedang melonjak.

Usaha Jasa/Produk Kesehatan

Masyarakat akan tetap membutuhkan jasa layanan kesehatan dan produk kesehatan sebagai salah satu kebutuhan yang krusial untuk tetap bertahan hidup. Baik pada masa normal maupun saat krisis.

Para tenaga pemasar asuransi dan tenaga medis seperti Dokter, Perawat, hingga Apoteker berada di garda terdepan untuk menjamin kesehatan masyarakat, terlebih ketika masa krisis akibat virus Corona yang terjadi di berbagai belahan dunia seperti saat ini. Kebutuhan menjaga dan memulihkan kesehatan tak akan hilang oleh momentum apapun, sehingga hal ini bisa dijadikan peluang bisnis sekaligus membantu masyarakat memenuhi kebutuhan atas kesehatan. 

news-5-bisnis-masa-pandemi-3

Usaha Jasa Pendidikan dan Pelatihan

Perkembangan sektor jasa pendidikan dan jasa pelatihan di masa krisis merupakan momentum yang tepat bagi sebagian orang untuk mengevaluasi diri dan menganggap dirinya membutuhkan lebih banyak pengetahuan untuk terus mengembangkan diri. Sebab, kebutuhan untuk belajar sesuatu hal yang baru tak akan surut bagi masyarakat, meski dalam kondisi krisis sekalipun.

Jika Anda memilki “Skill” tertentu jangan ragu untuk melakukan seminar /webinar dari bakat Anda. Hal ini yang membuat bisnis pendidikan dan pelatihan selalu mampu bertahan saat perekonomian sedang dalam kondisi yang buruk.

Bagaimana sobat tikum ? mungkin sekarang saatnya kita memanfaatkan kesempatan ini.

Dapatkan updates langsung ke perangkat Anda, Join Sekarang.

Anda mungkin suka