5 Pelatih Sepak Bola Lokal yang Sukses Bersaing di Liga Indonesia

Sebagai ajang paling elite, Liga Indonesia merupakan sarang pelatih berkualitas dan berpengalaman. Lalu, siapa saja pelatih sepak bola terbaik Indonesia?

Sebagai ajang paling elite, Liga Indonesia merupakan sarang pelatih berkualitas dan berpengalaman. Lalu, siapa saja pelatih sepak bola terbaik Indonesia?

Di negara kita, Liga Indonesia merupakan salah satu pertandingan sepak bola paling elit dan memiliki tingkat persaingan cukup ketat. Tidak heran jika pemain dan pelatih yang mengikuti liga ini dianggap memiliki skill dan performa mumpuni. Di antara pelatih yang terjun di Liga Indonesia, ada beberapa nama sukses dan patut diperhitungkan.

Kesuksesan ini terwujud berkat strategi yang tepat dalam memimpin dan mendidik para pemain. Meskipun beberapa merupakan pelatih asing, tapi kita patut bangga karena ternyata ada nama pelatih lokal yang sukses dalam mengantarkan anak didiknya ke level tertinggi pada pertandingan bola paling bergengsi di Indonesia tersebut. Lalu, siapa sajakah pelatih lokal terbaik di Liga Indonesia? Berikut ulasannya,

Rusdy Bahalwan

Sempat mengantarkan Persebaya memenangkan Liga Indonesia edisi 1996-1997 membuat Rusdy Bahalwan dianggap sebagai salah satu pelatih lokal terbaik di ajang Indonesian League. Racikan Rusdy dan kemampuan para pemain membuat klub yang dijuluki Bajul Ijo tersebut cukup garang.

Sepanjang pertandingan, Persebaya berhasil melaju mulus dan memperoleh predikat juara grup. Sejak babak 12 besar, klub Arek Suroboyo ini berhasil meraih kemenangan berturut-turut hingga berhasil menundukkan klub Bandung Raya di pertandingan final dengan skor 3-1. Prestasi ini tidak hanya melambungkan posisi Persebaya tetapi juga membuat nama Rusdy Bahalwan cukup diperhitungkan.

Sofyan Hadi

Sofyan Hadi sempat menjadi pemain yang ikut andil dalam membantu Persija meraih gelar perserikatan di tahun 1973, 1975, dan 1979. Pengalaman ini tentu saja membuat Persija dan Sofyan memiliki sinergi yang baik. Ketika direkrut sebagai pelatih, Sofyan memutuskan untuk memulai strateginya dengan menyatukan visi para pemain.

Memanfaatkan kombinasi pemain menarik, pelatih tersebut berhasil menciptakan iklim latihan yang sehat dan membuat para pemain bersemangat. Hal ini pula yang membuat banyak penikmat sepak bola yakin bahwa Sofyan Hadi berperan besar dalam kemenangan Persija pada tahun 2001 setelah bertahun-tahun terpuruk.

Rahmad Darmawan

Banyak yang mengganggap bahwa Rahmad Darmawan merupakan pelatih lokal paling sukses di ajang Liga Indonesia. Hal ini karena, pelatih bertangan dingin tersebut berhasil mengantarkan Persipura Jayapura dan Sriwijaya FC meraih gelar juara di Liga Indonesia 2005 dan 2007-2008.

Kemampuan Rahmad Darmawan tidak berhenti di Liga Indonesia saja. Pada ajang Copa Indonesian League, pelatih ini juga mampu memberikan piala kemenangan pada Sriwijaya FC selama 3 tahun berturut-turut. Inilah mengapa di kalangan profesional, nama Rahmad Darmawan cukup diperhitungkan.

Djadjang Nurdjaman

Di antara pelatih lainnya, Djadjang Nurdjaman atau akrab disapa Djanur merupakan salah satu dengan pengalaman minim. Meskipun begitu, kemampuan Djanur tidak bisa diremehkan. Pada tahun 2012, pelatih ini berhasil mengantarkan Persib menjadi juara ajang ISL (Indonesian Super League) tahun 2014.

Prestasi Djanur ini membutuhkan proses yang cukup panjang. Bagaimana tidak, sejak bergabung pada tahun 2011, Djanur berusaha menghadirkan iklim latihan yang sehat dan menerapkan beberapa strategi hingga akhirnya 2 tahun kemudia, Persib berhasil mengalahkan Persipura melalui adu penalti di babak final ISL 2014.

Indra Thohir

Di antara wajah-wajah pelatih asing, Indra Thohir termasuk salah satu dari 10 pelatih lokal yang berhasil mengantarkan klubnya meraih predikat juara di Liga Indonesia. Pada tahun 1994-1995, Indra membantu Persib meraih gelar juara di liga kebanggaan penggemar bola ini.

Setelah prestasi gemilang tersebut, Indra juga sukses mengantarkan Persib ke babak perempat final Liga Champion Asia. Berkat skill-nya ini, Indra Thohir mendapatkan penghargaan sebagai pelatih terbaik Asia versi AFC tahun 1995.

Nah, itulah 5 pelatih lokal yang sukses menorehkan prestasi di ajang sepak bola Indonesia. Semoga informasi di atas bermanfaat.


Messi professional spikes soccer shoes Men`s spiked football shoes kids Sports training shoes comfortable wearable sneakers

Dapatkan updates langsung ke perangkat Anda, Join Sekarang.

Anda mungkin suka