5 Negara Masih Menggunakan Sepeda Sebagai Transportasi Utama

Tikum Bicycle  – Bukan hanya untuk berolahraga, beberapa negara di dunia masih memiliki banyak penduduk yang menggunakan transportasi sepeda, Berikut 5 di antaranya!

Beberapa tahun ke belakang, bersepeda menjadi sebuah tren di Indonesia. Meskipun hanya sebatas sebagai alat olahraga, namun ini patut diacungi jempol. Selain membuat masyarakat lebih aktif dalam bergerak, sebagian di antaranya memilih untuk menggunakan sepeda untuk aktivitas harian lain seperti ke supermarket bahkan ke kantor.

Jauh sebelum tren bersepeda di Indonesia, ada banyak negara di dunia yang ternyata sampai saat ini masih memanfaatkan sepeda sebagai moda transportasi. Selain lebih menyehatkan, berkendara menggunakan sepeda bisa mengurangi polusi yang dihasilkan oleh asap kendaraan bermotor.

Lalu, negara mana saja yang sampai sekarang penduduknya masih menggunakan sepeda untuk bepergian dan beraktivitas, simak 5 negara di antaranya berikut ini!s

Belgia

Tidak seperti Indonesia yang jalanannya padat dengan pengendara sepeda motor, di Belgia orang-orang justru menggunakan sepeda untuk bepergian. Baik untuk sekolah, bekerja atau berbelanja. Karena termasuk barang yang mahal, banyak penduduk yang lebih suka menyewa sepeda ketimbang membelinya sendiri.

Kebiasaan bersepeda sama sekali bukan hanya budaya masyarakat umum saja di Belgia. Bahkan anggota kerajaan pun kerap terlihat mengendarai sepeda.

Belanda

Saking banyaknya orang yang masih menggunakan sepeda, Belanda sampai dijulukui sebagai negara Sepeda. Belanda tercatat memiliki lebih banyak sepeda per kapita dibanding negara-negara lain di Eropa. Dan ini sudah berlangsung sejak tahun 1911. Tidak heran jika sampai saat ini bukan hal yang aneh melihat orang-orang berlalu lalang dengan sepeda di Belanda.

Sekitar 99% dari 16,8 juta penduduk di negara tersebut adalah pengguna sepeda. Beberapa tahun yang lalu sebuah statistik banhkan menunjukkan bahwa 27% perjalanan yang dilakukan di negara tersebut adalah perjalanan bersepeda. Kalau di Indonesia, kira-kira berapa persen, ya?

Jepang

Meski memiliki banyak perusahaan sepeda motor ternama, nyatanya orang Jepang sama sekali tidak tertarik menggunakan teknologi itu di negara mereka sendiri. Hal ini terbukti dengan bertahannya kebiasaan bersepeda di Jepang sampai hari ini. Para pekerja hingga anak-anak sekolah dan ibu rumah tangga, banyak yang melakukan aktivitasnya dengan bersepeda.

Dengan jumlah penduduk 125 juta lebih, ada 70 juta sepeda di Jepang. Lebih dari 10 juta sepeda terjual dan lebih dari 15% perjalanan dilakukan dengan sepeda.

Swiss

Kalau Anda ditanya apa hal yang paling populer dari Swiss, mungkin banyak yang akan menjawab cokelat dan jam. Dengan pemandangan alam yang luar biasa dengan pegunungan yang membentang di penjuru negeri, wajar sekali jika penduduk Swiss sangat suka bersepeda.

Selain dilakoni oleh penduduk setempat, para turis yang datang juga kerap memilih sepeda untuk berkeliling. Tertarik untuk datang ke sana?

Cina

Dengan jumlah penduduknya yang banyak, kebutuhan akan moda transportasi di negara ini pun tinggi. Untungnya, banyak orang di Cina yang suka menggunakan sepeda sehingga angka polusi bisa ditekan.

Saking ramainya pengguna sepeda, pada tahun 2017 lalu pernah dilaporkan ada kemacetan di jalan yang disebabkan oleh terlalu banyaknya pesepeda yang melintas. Karena kemacetan terjadi sampai berhari-hari, banyak yang akhirnya menyerah dan memilih meninggalkan begitu saja sepeda mereka di jalanan.

Itulah beberapa negara yang masih menggunakan sepeda sebagai moda transportasi. Kira-kira bisa tidak, ya hal semacam ini diterapkan di Indonesia?

Dapatkan updates langsung ke perangkat Anda, Join Sekarang.

Anda mungkin suka