Terjangkau! Ini 5 Mobil Antik Terbaik untuk Pemula

Tikum Otomotif – Mobil masa kini jelas lebih cepat, lebih mudah digunakan, lebih aman, dan lebih ekonomis. Jika dipikir-pikir, tentu mobil antik akan kalah jauh. Walau demikian, kenyataan membuktikan bahwa masih banyak orang yang menggemari otomotif zaman lama ini.

Mobil antik mempunyai daya tarik yang tidak ditemukan pada mobil modern. Desainnya dibuat manual—menggunakan kertas dan pensil—sehingga menghasilkan garis-garis serta bentuk yang elegan. Tak hanya itu, produksinya melalui proses manual yang membutuhkan ketelitian tinggi, membuat mobil antik layaknya memiliki “jiwa”.

Apakah Anda termasuk salah satu yang berminat dengan kendaraan klasik ini? Bila demikian, 5 rekomendasi mobil antik terbaik untuk pemula berikut—yang pastinya terjangkau—patut disimak!

1. Datsun Z (1972-1978)

Seri Datsun Z dibanderol dengan harga tinggi karena karakteristiknya yang nyaman dikendalikan, mempunyai mesin 6 silinder nan gagah, serta dibuat oleh tangan dingin orang Jepang. Datsun 280Z, 240Z, dan 260Z merupakan awal yang bagus untuk para kolektor mobil.

Kunci untuk memperoleh Datsun Z yang benar-benar terjangkau ialah dengan melakukan uji kelayakan terkait karat. Itu karena bagian bingkai, lantai, dan pintu dari seri ini rentan terhadap korosi. Bagian lain biasanya aman-aman saja. Anda tinggal mencari opsi yang paling cocok antara harga Rp90 juta hingga Rp220 juta.

2. BMW 3 Series

Generasi E30 milik seri BMW 3 merupakan salah satu mobil keluaran era ’80-an. Rentang tahun tersebut kelihatannya memang sudah modern. Namun, perlu diingat bahwa model E30 BMW terbaru saja hampir berusia 30 tahun. Model ini tersedia dalam gaya bodi konvertibel, sedan, dan coupe.

Unit-unit lama dilengkapi mesin 6 silinder segaris berkapasitas 2,5 liter dengan 168 tenaga kuda. Kendalinya terbilang nyaman sehingga Anda tidak akan ragu untuk mengeluarkan kocek sekitar Rp140 jutaan!

3. Dodge Charger (1966-1967)

Dodge Charger versi 1969–1980 memang terkenal lewat film “The Dukes of Hazzard”. Namun, sebelum muncul di layar lebar, ada versi yang lebih kecil, tetapi masih termasuk coupe yang stylish.

Faktanya, Dodge Charger keluaran 1966–1967 menjadi anggota keluarga Charger yang paling elegan. Dengan mesin 383 inci kubik, salah satu mobil antik terbaik ini dibanderol kurang dari Rp290 jutaan.

4. Chevrolet C10 Pickup (1967-1979)

Dahulu, jenis pickup bahkan tidak diburu oleh para kolektor mobil. Namun, periode tersebut sudah berlalu. Kini, banyak hot rodders yang mengemudikan pickup era ’50-an selama bertahun-tahun.

Apabila mencari opsi yang tak terlalu klasik, ada beberapa model yang memberikan penawaran menarik. Salah satunya adalah Chevrolet C10 Pickup 1967–1979, dihargai sekitar Rp140 juta hingga Rp220 juta untuk kesederhanaan detail mekanis, gaya antik bersudut lurus, dan kenyamanan saat dibawa ke mana pun.

5. Ford Mustang (1964-1973)

Keanekaragaman Mustang hanyalah secuil dari segmen mobil kuda poni milik Ford. Ford Mustang sudah melalui banyak generasi sehingga beberapa model relatif mudah ditemukan dan banderolnya sudah menurun.

Jika tertarik dengan sentuhan cantik model 1964, Anda akan senang dengan harga yang ditawarkan. Untuk versi 6 silinder, Mustang dipatok harga sekitar Rp140 jutaan. Sementara itu, versi V8-nya dihargai antara Rp140 juta sampai 290 juta.

Sangat unik, bukan? Bisa dikatakan, mobil antik bersaing dalam aspek yang benar-benar berbeda dengan mobil modern. Bukan soal kecepatan dan efisiensinya, melainkan tentang pengalaman, gaya, keahlian sang pembuat, serta keekslusifannya.

Nah, manakah di antara 5 mobil antik terbaik tadi yang paling menarik perhatian? Coba berikan jawaban dan alasannya melalui kolom komentar, ya!

Anda mungkin suka