5 Komponen Modifikasi Pada Roadbike Agar Makin Mantap Melaju

Tikum Bicycle – Punya sepeda road bike dan ingin dimodifikasi agar makin ‘yahud’ di jalanan ? Simak beberapa komponen yang bisa Anda ganti berikut ini!

Road bike alias sepeda balap memang memiliki penggemar tersendiri, terutama para penggemar balapan. Karena sepeda ini diperuntukkan untuk melaju kencang di jalanan, memodifikasi kerap dijadikan cara agar unit semakin mantap dibawa berkendara.

Untuk Anda yang punya sepeda balap, ada beberapa komponen yang bisa dimodifikasi. Selain untuk membuat sepeda semakin nyaman dikendarai, modifikasi ini juga akan membuat tunggangan Anda semakin garang di jalanan. Ini tentu akan jadi nilai plus tersendiri karena Anda bisa jadi lebih percaya diri saat mengayuhnya. Apa saja 5 komponen modifikasi itu?

Frame

Frame atau rangka sepeda adalah bagian yang paling sering diubah oleh para pemilik sepeda. Baik untuk tujuan kenyamanan atau sekadar membuat tampilan sepeda semakin bagus. Anda bisa menyesuaikan bentuk frame sekaligus tinggi rendahnya sesuai kenyamanan berkendara Anda. Semakin nyaman sepeda dikendarai, semakin kencang pula Anda bisa mengayuhnya.

Selain mengubah frame-nya, mengubah warna dan corak rangka sepeda juga bisa Anda lakukan. Dengan tampilan maksimal, Anda pun siap menerjang medan balap di depan Anda.

Handle Bar

Handle bar atau stang merupakan bagian yang sangat penting bagi sepeda. Komponen ini adalah pusat kendali sepeda. Dengan pegangan yang mantap, ergonomis dan sesuai dengan posisi berkendara Anda, sepeda akan melaju semakin mantap. Pilihlah desain handle bar yang sesuai dengan preferensi dan kebutuhan Anda untuk hasil terbaik.

Sadel

Selain handle bar, Anda juga sebaiknya memberi perhatian lebih pada sadel. Meski beberapa merek road bike sudah menyediakan sadel yang nyaman dan berkualitas, tapi kebutuhan berkendara setiap orang berbeda dan mungkin membutuhkan sedikit penyesuaian.

Mengganti ukuran dan bentuk sadel akan memengaruhi kenyamanan Anda saat mengayuh. Anda bisa menambahkan tas kecil pada bagian bawah sadel. Ini akan jadi tempat penyimpanan yang multifungsi ketika Anda bersepeda jarak jauh.

Ban

Jika Anda kerap bersepeda di berbagai medan, jenis ban dan ukuran perlu diperhatikan dengan baik. Pasalnya, jenis ban untuk jalanan perkotaan dan jalanan yang bergelombang tentu berbeda. Hal ini akan berpengaruh pada kenyamanan dan kecepatan Anda dalam mengayuh sepeda.

Selain itu, melakukan penggantian ban secara rutin juga sangat penting. Ketika sepeda sering dikendarai, lama kelamaan ban akan aus. Jika sudah aus, risiko terpeleset di jalanan licin akan semakin tinggi. Jangan lupa selalu mengecek ban, terutama sebelum berkendara jarak jauh.

Rem

Sebagai sepeda yang digunakan dengan kecepatan tinggi, brake atau rem merupakan bagian yang sangat penting bagi road bike. Banyak pebalap melakukan modifikasi pada bagian rem, terutama ketika rem bawaan sepeda dianggap kurang aman. Kualitas rem yang lebih baik tentu akan menciptakan pengalaman berkendara yang aman dan nyaman.

Untuk memodifikasi rem, Anda bisa melakukan penggantian secara menyeluruh atau hanya dengan menukar salah satu komponennya saja. Jika Anda tidak tahu rem apa yang berkualitas bagus, jangan ragu tanyakan pada toko tempat Anda membeli rem.

Itulah 5 komponen modifikasi road bike yang bisa dirubah. Agar proses modifikasi bisa berjalan lancar dengan hasil yang memuaskan, Anda bisa menonton tutorial di Youtube atau meminta referensi dari ahli modifikasi dan bengkel sepeda. Selamat mencoba!

Anda mungkin suka