5 Klub Liga Inggris dengan Fans Paling Banyak di Dunia

5 klub liga inggris fans terbanyak

Liga Inggris menjadi kompetisi sepak bola yang paling populer dan diminati. Fanbase klubnya pun tersebar di seluruh dunia dengan jumlah mencapai puluhan juta orang seperti lima klub berikut.

Sepak bola merupakan cabang olahraga yang paling populer di seluruh dunia. Adapun dari sekian banyak kompetisi yang ada, Premiere League alias Liga Inggris menjadi kompetisi sepak bola antarklub yang paling banyak diminati.

Basis penggemar Liga Inggris pun tersebar di seluruh benua. Angkanya menembus puluhan juta orang—yang bahkan tak perlu dipertanyakan loyalitasnya. Berdasarkan data dari berbagai sumber, berikut adalah lima klub Premiere League yang mempunyai fanbase terbanyak.

Manchester United

Manchester United selama beberapa tahun terakhir memang tidak segarang sebelumnya—terutama jika dikomparasi dengan era kepemimpinan Sir Alex Ferguson. Kendati begitu, klub sepak bola elite yang berbasis di Old Trafford, Manchester Raya ini masih disegani dan tetap mendapat dukungan penuh dari penggemarnya di seluruh penjuru dunia.

Klub ini bernama Newton Heath saat didirikan pada 1878 dan baru berganti menjadi Manchester United pada 1902. Terhitung hingga kini, The Red Devils alias Setan Merah telah mengantongi 66 trofi dengan lebih dari setengahnya diperoleh saat Sir Alex Ferguson menjadi manajer.

Chelsea

Chelsea didirikan pada tahun 1905 dan bermarkas di Fulham, London. Klub sepak bola profesional ini memiliki julukan The Pensioners (yang berarti pensiunan sebagai salah satu bentuk penghormatan terhadap Rumah Sakit Chelsea sebagai tempat bagi para veteran) meski lebih dikenal dengan sebutan The Blues.

Tim kesebelasan ini sempat mengalami periode tanpa trofi yang cukup panjang. Namun, kemenangan Chelsea pada final Liga Eropa pada 2019 lalu semakin meyakinkan para suporter bahwa masa kejayaan The Blues akan kembali. Adapun jumlah trofi yang dimiliki Chelsea adalah sebanyak 31.

Liverpool

Liverpool menjadi salah satu klub sepak bola Inggris paling tua lainnya. Tim yang bermarkas di Liverpool ini didirikan pada tahun 1892 sehingga tak mengherankan bila persaingannya dengan Manchester United juga cukup panjang. Pendukung klub dengan lagu kebangsaan berjudul You’ll Never Walk Alone yang dikenal dengan sebutan The Kop pun tidak kalah fanatik dengan suporter The Red Devils.

Jumlah trofi yang dimiliki Liverpool pun memiliki selisih sangat tipis dengan Manchester United. Liverpool mempunyai total 65 trofi dengan masa kejayaannya berada pada era 1970 dan 1980-an. Klub ini juga berhasil menjadi juara Liga Inggris pada 2020 lalu setelah menanti selama tiga dekade.

Arsenal

Satu lagi tim sepak bola Inggris terpopuler yang didirikan pada era 1800-an adalah Arsenal. The Gunners didirikan pada 1886 di Worwich. Klub yang pernah masuk ke dalam jajaran lima klub sepak bola terkaya di dunia ini juga menjadi tim sepak bola pertama yang memperkenalkan penggunaan angka pada jersey.

Dalam sejarah Arsenal, Arsene Wenger adalah manajer paling sukses dengan mengantarkan The Gunners memperoleh 17 trofi juara. Adapun total trofi yang dimiliki Arsenal hingga saat ini adalah sebanyak 48.

Manchester City

Tim kesebelasan yang sekota dengan Manchester United ini berdiri pada tahun 1880 dan sempat mengalami gejolak yang cukup hebat. Manchester City pernah mengalami degradasi beberapa kali sebelum akhirnya mulai merangkak secara stabil pada sekitar tahun 2006.

The Citizens—julukan Manchester City—mulai meroket setelah dibeli oleh pengusaha sekaligus anggota keluarga kerajaan Abu Dhabi. Dalam masa ini, Manchester City mulai membeli pemain kelas atas agar lebih kompetitif dan mencapai puncak dengan menjuarai Liga Premier Inggris musim 2011-2012. Kini, total trofi yang dimiliki Manchester City adalah sebanyak 26.

Mana yang jadi jagoan Anda?

Author: David Mercyano

Senior Jurnalist Tikum | Lahir dan tinggal di Jakarta

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *